Home » » Rangkuman Materi SbdP Kelas 3 Tema 7 Subtema 3

Rangkuman Materi SbdP Kelas 3 Tema 7 Subtema 3

Selamat datang di blog ini, semoga apa yang anda butuhkan ada di sini. Pada tulisan kali ini saya mencoba merangkum tema VII Perkembangan teknologi khususnya muatan pelajaran  SBdP. Tema 7 terbagi menjadi tiga subtema yaitu Subtema 1 Perkembangan Teknologi Pangan, Subtema 2 Perkembangan Teknologi Sandang, Subtema 3 Perkembangan Teknologi Komunikasi dan Subtema 4 Perkembangan Teknologi Transportasi. Rangkuman atau resume ini ditulis dengan harapan semoga dapat membantu bapak ibu guru untuk lebih mudah memahami materi matematika tematik tema 7 kurikulum 2013.

Rangkuman Muatan SBdP Tema 7 Subtema 3
Kompetensi Dasar
3.1Mengetahui unsur-unsur rupa dalam karya dekoratif
4.1
Membuat karya dekoratif

Pada pembelajaran tematik Tema 7 Subtema 1 dibahas mengenai karya dekoratif. Simak penjelasannya berikut ini.

Pembelajaran 1
Seni dekoratif sering disebut juga dengan seni ornamen biasanya diaplikasikan dalam beragam hal termasuk media dua dimensi. Sehingga gambar dekoratif adalah gambar yang digunakan untuk menghias. Biasanya gambar dekoratif berasal dari objek yang ada di alam, seperti hewan dan tumbuhan atau objek alam lain. Ada beberapa fungsi dari gambar dekoratif antara lain sebagai berikut ;
  1. Fungsi Estetis. Pada fungsi ini, gambar atau seni dekoratif digunakan hanya untuk memperindah penampilan suatu benda. Seni dekoratif biasanya ditambahkan pada benda dalam bentuk gambar atau ukiran seni dekoratif.
  2. Fungsi Simbolis. Selain memberikan unsur keindahan, gambar dekoratif juga bisa menjadi bentuk simbol. Simbol yang digunakan bisa dalam bentuk gambar hewan atau tumbuhan, namun memiliki makna yang berbeda sesuai dengan keyakinan setiap daerah. Bisanya ini digunakan pada benda-benda sakral dan upacara-upacara adat atau keagamaan.
  3. Fungsi Teknis Konstruktif. Fungsi ketiga ini berkaitan dengan konstruksi suatu benda. Ornamen akan diberikan pada bagian-bagian bangunan yang memiliki fungsi menyangga, menopang, menghubungkan atau memperkokoh konstruksi.

beberapa unsur dalam gambar dekoratif antara lain sebagai berikut
  1. Warna. Warna adalah salah satu unsur yang tidak akan lepas dari sebuah seni, termasuk seni dekoratif. Dengan menggunakan warna dan gambar yang tepat, sebuah seni dekoratif akan terlihat lebih nyata dan indah.
  2. Bidang. Unsur kedua adalah bidang yang memiliki peranan dalam karya dua dimensi. Bidang pada gambar dekoratif ini bisa berupa benda pipih yang berbentuk persegi, lingkaran, dan bentuk apapun yang mengarah pada sebuah dimensi.
  3. Garis. Unsur selanjutnya adalah garis yang cukup penting dalam gambar dekoratif. Garis ini yang akan mengarahkan sebuah bentuk untuk gambar dekoratif.
  4. Titik. Titik juga menjadi unsur penting dalam sebuah gambar dekoratif. Unsur titik ini akan menjadi menarik bila digabungkan dengan banyak titik lainya hingga membentuk sebuah gambar.

Indonesia amat kaya dengan keragaman produk kerajinan dengan berbagai macam ragam hias yang tersebar di seluruh penjuru tanah air. Ragam hias Nusantara pada umumnya mempunyai muatan nilai tradisi dengan kekhasan dan keragamannya masing-masing. Di samping perbedaan-perbedaan, terdapat pula persamaan-persamaannya, misalnya jenis, bentuk, motif hias, pola susunan, pewarnaan, bahkan nilai simbolisnya.Berbagai motif ragam hias yang bisa digunakan untuk menghias karya kerajinan antara lain sebagai berikut 

1. Motif Realis
Motif realis merupakan motif yang dibuat berdasarkan bentuk-bentuk nyata yang ada di alam sekitar ,seperti bentuk tumbuh-tumbuhan, bentuk hewan atau binatang, bentuk batu-batuan, bentuk-bentuk awan, bintang, matahari, dan bentuk pemandangan alam.

2. Motif Geometris
Motif geometris merupakan motif yang mempunyai bentuk teratur dan dapat diukur menggunakan alat ukur. Contohnya, bentuk segi empat, segitiga, lingkaran, dan silinder. Motif geometris merupakan motif tertua dalam ragam hias karena sudah dikenal sejak zaman prasejarah. Motif geometris berkembang dari bentuk titik, garis, atau bahkan bidang yang berulang dari yang sederhana sampai dengan pola yang rumit. Hampir di seluruh wilayah nusantara ditemukan motif ini. Motif hias geometris antara lain meander, pilin, lereng, banji, kawung , dan tumpal.

3. Motif Dekoratif
Pengertian dekoratif adalah menggambar dengan tujuan mengolah suatu permukaan benda menjadi lebih indah. Gambar dekoratif berupa gambar hiasan yang perwujudannya tampak rata, kesan ruang, jarak jauh dekat atau gelap terang tidak terlalu ditonjolkan. Untuk memperoleh objek gambar dekoratif perlu dilakukan deformasi atau penstiliran alami. Bentuk-bentuk objek di alam disedehanakan dan digayakan tanpa meninggalkan bentuk aslinya. Misalnya, bunga yang digayakan. Kesan m tenatang bunga harus masih ada pada motif itu.

4. Motif Abstrak
Motif abstrak merupakan motif yang tidak dikenali kembali objek asal yang digambarkan atau memang benar-benar abstrak karena tidak menggambarkan objek- objek yang terdapat di alam sekitar maupun objek khayalan gubahan objek alam serta tidak menggunakan unsur tulisan yang terbaca.

Siti mendapat kiriman kartu ucapan terima kasih dari toko majalah yang pernah Siti pesan. Kartu tersebut cantik sekali. Kartu itu disebut kartu pos. Unsur garis, bidang, dan warna pada kartu pos menarik untuk dilihat. Amati hiasan pada kartu pos berikut!
Kartu Pos
Siti mengajak Dayu dan Lani membuat kartu pos. Siti menyediakan karton seukuran kartu pos. Selanjutnya, Siti, Dayu, dan Lani menghias sekeliling kartu pos dengan karya hiasan. Buatlah hiasan yang sama seperti Siti dan teman-teman pada kartu pos di bawah ini!
Kartu 2
Pembelajaran 3
Penampilan telepon kaleng akan semakin menarik jika diberi hiasan. Salah satu motif hiasan adalah pola hiasan dari Toraja. Amati pola hiasan Toraja berikut!
Motif Bugis
Hiasan akan menambah keindahan suatu benda. Ayo, kita buat pola hiasan untuk menghias telepon kaleng! Siapkan selembar kertas seukuran kaleng. Kemudian, salin hasil karya hiasan yang telah dibuat! Warnai gambarmu. Tempelkan gambarmu pada kaleng. Kini, penampilan telepon kalengmu semakin menarik, bukan?

Demikian pembahasan mengenai Rangkuman Materi SbdP Kelas 3 Tema 7 Subtema 3. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 8:14 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.