Home » » Rangkuman Materi PPKn Kelas 3 Tema 8 Subtema 1

Rangkuman Materi PPKn Kelas 3 Tema 8 Subtema 1

Selamat datang di blog ini, semoga apa yang anda butuhkan ada di sini. Pada tulisan kali ini saya mencoba merangkum tema VIII Praja Muda karana khususnya muatan pelajaran  PPKn. Tema 8 terbagi menjadi empat subtema yaitu Subtema 1  Aku Anggota Pramuka, Subtema 2 Aku Anak Mandiri, Subtema 3 Aku Suka Bertualang, dan Subtema 4 Aku Suka Berkarya. Rangkuman atau resume ini ditulis dengan harapan semoga dapat membantu bapak ibu guru untuk lebih mudah memahami materi matematika tematik tema 7 kurikulum 2013.

Rangkuman Muatan PPKn Tema 8 Subtema 1
Kompetensi Dasar
3.1Memahami arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila”
4.1
Menceritakan arti gambar pada lambang negara

Pada pembelajaran tematik Tema 8 Subtema 1 dibahas mengenai Lambang Negara Garuda Pancasila. Simak penjelasannya berikut ini.

Pembelajaran 2 Subtema 1
Lambang negara Indonesia adalah Garuda Pancasila. Lambang negara adalah suatu bentuk yang digunakan sebagai lambang resmi negara.

Lambang burung Garuda melambangkan kebesaran dan kekuatan. Indonesia menjadi negara yang besar dan kuat. Sebagai warga negara kita juga harus kuat dan sehat. Sebagai warga negara kita harus menjadikan negara Indonesia menjadi negara yang besar dan kuat.

Lambang negara Garuda Pancasila terdiri atas beberapa bagian. Kepala burung Garuda menoleh ke sebelah kanan. Pada leher burung Garuda terdapat perisai yang menyerupai jantung. Leher, syap dan ekor memiliki sejumlah bulu. Garuda mencengkeram pita yang bertuliskan Bhinneka Tunggal Ika.

Biasanya lambang negara di pasang di kelas, ruang kepala sekolah, kantor pemerintahan seperti kelurahan, dan kecamatan. Mengenal lambang negara sebagai identitas bangsa dapat memperkuat karakter nasionalis.

Bendera Merah Putih merupakan lambang Negara Republik Indonesia. Garuda pancasila juga merupakan lambang Negara Republik Indonesia.

Lambang tersebut harus dijaga sebagai tanda kehormatan negara. Penggunaan dan pemasangan lambang negara harus mengikuti peraturan. Mari kita mengamati tempat menemukan lambang negara dipasang.

Temukan lima tempat dipasang lambang negara !
  1. Ruang kelas
  2. Ruang kepala sekolah
  3. Ruang UKS/Perpustakaan
  4. Kantor kelurahan
  5. Kantor Kecamatan

Tuliskan hal yang kamu ketahui pada lambang negara Garuda Pancasila !
No.Bagian pada Garuda Pancasila
1.Kepala menoleh ke sebelah kanan dan memiliki bulu di leher
2.Sayap
3.Ekor
4.Tameng berupa jantung berisi sila-sila Pancasila
5.Pita dalam cengkeraman dengan tulisan Bhinneka Tunggal Ika

Pembelajaran 3 Subtema 1
Salah satu kegiatan mengenal negara adalah memahami arti lagu Garuda Pancasila. Syair lagu Garuda Pancasila memiliki arti bahwa kita sebagai warga negara akan selalu mendukung Pancasila. Warga negara Indonesia berjiwa patriot. Berjiwa patriot artinya siap berjuang dan rela berkorban untuk negara.

Rakyat Indonesia akan hidup makmur sentosa jika melaksanakan nilai-nilai Pancasila. Untuk itu bangsa Indonesia harus terus maju dan pantang mundur.

Setelah memahami lagu Garuda Pancasila diharapkan anggota pramuka memiliki sikap nasionalis. Anggota pramuka harus mencintai negara Indonesia dan selalu bersikapsesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

Arti lagu Garuda Pancasila berisi tentang sikap yang diharapkan dari warga negara untuk mencintai negaranya. Rela berkorban untuk bangsanya. Semua bisa berkontribusi untuk mengharumkan nama bangsa. Salah satunya menghargai kebudayaan, menghargai perbedaan, dan berprestasi.
Temukan arti dari syair lagu Garuda Pancasila dan tuliskan
Syair LaguArtinya
Garuda pancasila, akulah pendukungmuWarga negara Indonesia mencintai negara dan mengenal baik lambang negaranya
Patriot proklamasi, sedia berkorban untukmuWarga negara Indonesia siap membela/ menegakkan/ melindungi ideologi pancasila.
Pancasila dasar negara, Rakyat adil makmur sentosaMengakui Pancasila sebagai dasar negara dan siap melaksanakan nilai-nilai Pancasila untuk menjadikan rakyat Indonesia hidup makmur sentosa.
Pribadi bangsaku, Ayo maju maju, Ayo maju maju, Ayo maju majuSebagai warga negara Indonesia akan terus maju dan tidak mudah menyerah.
Garuda Pancasila

Pembelajaran 4 Subtema 1
Hitunglah banyaknya bulu pada sayap, ekor, dan leher burung Garuda !
Garuda Pancasila
Banyaknya bulu
pada sayap
Banyaknya bulu
pada ekor
Banyaknya bulu
pada leher
17845

Sekarang perhatikan banyak bulu pada burung Garuda dengan hari kemerdekaan Indonesia ! Adakah yang tahu hari kemerdekaan Indonesia ?

Hari kemerdekaan Indonesia tanggal 17 Agustus 1945, banyak bulu pada lambang negara menunjukkan hari kemerdekaan Indonesia.

Ada beberapa warna pada lambang negara Garuda Pancasila, Masing-masing warna memiliki arti tertentu.
  1. Warna putih memiliki arti kesucian, kebenaran, dan kemurnian.
  2. Warna hitam memiliki arti keabadian.
  3. Warna merah memiliki arti keberanian.
  4. Warna hijau memiliki arti kesuburan dan kemakmuran.
  5. Warna kuning berarti kebesaran, kemegahan, dan keluhuran.

Pembelajaran 5 Subtema 1
Arti semboyan Bhinneka Tunggal Ika adalah "beraneka ragam" atau berbeda-beda. Kata "tunggal berarti "satu". Kata ika berarti juga. Arti Bhinneka Tunggal Ika adalah "Berbeda-beda tetapi tetap satu juga."

Semboyan ini digunakan untuk menggambarkan persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. Bangsa Indonesia terdiri atas beraneka ragam budaya. Bangsa Indonesia memiliki banyak bahasa daerah. Bangsa Indonesia juga terdiri atas berbagai agama dan kepercayaan. Keberagaman yang dimiliki Indonesia adalah kekayaan kebudayaan. Keberagaman harus disyukuri dan dipelihara.

Jawablah pertanyaan di bawah ini sesuai dengan bacaan sebelumnya !
  1. Semboyan negara Indonesia adalah (Bhinneka Tunggal Ika)
  2. Semboyang tersebut dapat kita lihat di ( pita yang dicengkeram burung garuda pada lambang negara Garuda Pancasila)
  3. Arti kata Bhinneka adalah (beraneka ragam)
  4. Arti kata Tunggal adalah (satu)
  5. Arti kata Ika adalah (juga)
  6. Arti semboyan Bhinneka Tunggal Ika adalah ( Berbeda-beda tetapi tetap satu juga)

Pembelajaran 6 Subtema 1
Perhatikan kembali lambang negara Garuda Pancasila ! Amati bagian yang memiliki warna merah, kuning, hijau, dan hitam
Garuda Pancasila

Tuliskan hasil diskusimu pada tabel di bawah ini !
No.WarnaBagian
1.MerahBagian kanan atas dan kiri bawah perisai
2.PutihBagian kiri atas dan kanan bawah perisai dan pada pita yang dicengkeram burung Garuda
3.KuningBagian kepala, lambang bintang, lambang rantai, sayap, kaki dan Ekor burung Garuda
4.HijauBagian lambang pohon beringin
4.HitamGambar kepala banteng dan dasar bagian tengah perisai.

Perisai pada Garuda Pancasila terdiri atas lima bagian. Setiap kelompok memilih salah satu bagian. Gambarlah bagian perisai tersebut, Diskusikan bersama kelompokmu ! Apa arti lambang dan warna yang ada pada bagian tersebut. Sampaikan hasil diskusimu di depan kelompok lain.
No.Gambar BagianArti
1.
Bintang
Bintang merupakan lambang dari sila pertama. Bintang emas dengan perisai hitam ini melambangkan sila pertama, yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa.

Bintang emas ini diartikan sebagai cahaya kerohanian bagi setiap manusia. Sedangkan latar belakang berwarna hitam melambangkan warna alam atau warna asli yang menunjukkan bahwa Tuhan sebagai sumber dari segala sesuatu dan sudah ada sebelum segala sesuatu di dunia ini ada.

Warna hitam memiliki makna keabadian
2.
Rantai
Rantai merupakan makna dari sila kedua yaitu Kemanusiaan yang Adil dan Beradab.  Gambar rantai yang disusun atas gelang-gelang kecil ini menandakan hubungan manusia satu sama lain yang saling membantu.

Rantai yang terdapat pada sila kedua ini terdiri atas mata rantai berbentuk segi empat dan lingkaran yang saling terkait membentuk lingkaran.

Mata rantai segi empat melambangkan laki-laki dan lingkaran melambangkan perempuan.Nah, maka dari itu kita sesama manusia harus saling membantu satu sama lain.

Warna kuning berarti kebesaran, kemegahan, dan keluhuran dan warna merah memiliki artian keberanian.
3.
Beringin
Pohon beringin ini melambangkan sila ketiga, yaitu Persatuan Indonesia. Pohon beringin ini memiliki akar tunggal panjang yang menunjang pohon besar ini tumbuh.

Akar ini rumbuh sampai ke dalam tanah dan menggambarkan kesatuan dan persatuan Indonesia. Pohon beringin juga memiliki akar yang menjalar di mana-mana yang melambangkan sebagai negara kesatuan yang memiliki latar belakang budaya yang bermacam-macam.

Warna putih memiliki arti kesucian, kebenaran, dan kemurnian dan Warna hijau artinya adalah kesuburan dan kemakmuran.
4.
Banteng
Banteng merupakan lambang dari sila keempat. Banteng digunakan karena banteng merupakan hewan sosial yang suka berkumpul, seperti halnya musyawarah di mana orang-orang berdiskusi dan berkumpul.

Warna merah memiliki artian keberanian dan warna hitam memiliki makna keabadian.
4.
Padi
Padi kapas ini melambangkan sila kelima, yaitu Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia.

Kapas dan padi melambangkan pangan dan sandang yang merupakan kebutuhan pokok semua rakyat Indonesia tanpa melihat status atau kedudukan.

Warna merah memiliki artian keberanian dan warna kuning berarti kebesaran, kemegahan, dan keluhuran

Demikian pembahasan mengenai Rangkuman Materi PPKn Kelas 3 Tema 8 Subtema 1. Semoga tulisan ini bermanfaat.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 8:09 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.