Home » » Pembelajaran 4 Tema 2 Subtema 3 Memelihara Kesehatan Organ Pernapasan Manusia

Pembelajaran 4 Tema 2 Subtema 3 Memelihara Kesehatan Organ Pernapasan Manusia

Pada Pembelajaran 4 Tema 2 Subtema 3 Memelihara Kesehatan Organ Pernapasan Manusia akan mempelajari tentang menjelaskan cara menghargai kegiatan usaha ekonomi orang lain. Dengan berdiskusi, siswa mampu menjelaskan sikap pelaku usaha kegiatan ekonomi dalam menjalin hubungan dengan pesaingnya. Dengan menyimak penjelasan guru dan membaca informasi, siswa mampu menjelaskan pentingnya sikap tanggung jawab di lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat. Sebagai catatan tulisan ini hanya sebagai panduan saja ketika mengikuti kegiatan pembelajaran bersama Bapak/Ibu guru.
Bibit Tanaman
Perhatikan gambar di atas. Menurutmu, apa jenis usaha yang ditunjukkan gambar tersebut? Ya, ini adalah usaha penjualan bibit tanaman. Meskipun terlihat sederhana, bayangkan jasa penjual tanaman tersebut. Dia menyediakan bibit-bibit aneka tanaman yang akan tumbuh menghijaukan dan memperindah lingkungan. Daun-daun hijau tanaman-tanaman itu akan menyediakan banyak oksigen buat kita. Dengan oksigen yang selalu tersedia maka kesehatan kita akan terjaga. Sekarang kamu tahu kan, betapa besar jasa penjual bibit tanaman tersebut?
Penjual tanaman
Menjadi seorang penjual bibit tanaman merupakan salah satu kegiatan ekonomi untuk memenuhi kebutuhan hidup. Kamu telah memahami kegiatan ekonomi yang berkembang di Indonesia. Setiap orang akan melakukan kegiatan ekonomi untuk memenuhi kebutuhan hidup. Ada yang menjadi petani, pedagang, nelayan, pegawai swasta, pegawai negeri, tenaga medis, pengusaha, dan lainnya. Meskipun berbeda, setiap kegiatan usaha ekonomi harus kita hargai.

Bagaimana cara kita menghargai kegiatan usaha ekonomi orang lain? Cara menghargai kegiatan usaha ekonomi antara lain sebagai berikut.
  1. Menumbuhkan persaingan usaha yang sehat dalam kegiatan perekonomian.
  2. Menghormati usaha ekonomi orang lain dengan tidak iri atas keberhasilannya.
  3. Menjunjung tinggi setiap jenis pekerjaan yang dilakukan orang lain..
  4. Meneladani keberhasilan orang lain dengan meniru sikap positif orang tersebut.

Ayo Berdiskusi
Kamu telah mengetahui cara menghargai kegiatan usaha ekonomi orang lain. Amati kegiatan usaha ekonomi di sekitar tempat tinggalmu! Bagaimana sikap pelaku usaha ekonomi dalam menjalin hubungan dengan pesaingnya? Apakah terjalin sikap saling menghargai satu sama lain? Diskusikan bersama teman-teman sekelasmu!
Pengamatan yang saya lakukan terhadap kegiatan usaha ekonomi di sekitarku menunjukkan bahwa mereka menjalin hubungan baik dengan pesaingnya. Mereka saling menghargai satu sama lain.
Dalam menjalankan kegiatan usaha ekonomi, setiap orang harus melakukan dengan penuh tanggung jawab. Penerapan tanggung jawab sangat penting bagi terciptanya keharmonisan dalam kehidupan warga masyarakat. Selain itu, dengan penerapan tanggung jawab dapat terjalin kerukunan dan persaudaraan antarwarga masyarakat. Penerapan tanggung jawab juga dapat menciptakan ketertiban, keamanan, dan ketenangan dalam masyarakat.

Bagaimana jika tidak ada penerapan tanggung jawab di masyarakat? Tidak adanya penerapan tanggung jawab di masyarakat akan menyebabkan terjadi ketidakharmonisan dalam hubungan antarwarga masyarakat, kekacauan terjadi di mana-mana, tidak adanya kerukunan antarwarga masyarakat. Selain itu, tanpa adanya tanggung jawab tidak akan tercipta ketertiban, ketenangan, dan keamanan dalam masyarakat. Oleh karena itu, biasakanlah bersikap tanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari

Ayo Renungkan
Di sekolahmu ada kepala sekolah, guru, siswa, dan penjaga sekolah. Bagaimana jika semua orang di sekolahmu tidak melaksanakan tanggung jawab masing-masing? Apa yang akan terjadi? Tuliskan jawabanmu pada kotak berikut.
Jika semua orang di sekolah tidak melaksanakan tanggung jawab masing-masing maka:
  1. Kegiatan belajar mengajar di sekolah tidak terlaksana dengan baik.
  2. Tidak akan tercipta ketertiban di sekolah.
  3. Lingkungan sekolah tidak akan terawat dan terjaga.
Kerja Sama dengan Orang Tua
Bagaimana jika semua orang dalam keluargamu tidak melaksanakan tanggung jawab masing-masing? Apa yang akan terjadi?
Jika semua orang dalam keluargaku tidak melaksanakan tanggung jawab masing-masing, maka bisa akan mengakibatkan :
  1. Terjadi pertengkaran dalam keluarga.
  2. Hak dan kewajiban antar anggota keluarga juga tidak akan terlaksana.
  3. Setiap anggota keluarga hanya akan mengerjakan sesuatu sesuai kepentingan mereka sendiri.
  4. Tidak adanya penerapan tanggung jawab di keluarga akan menyebabkan terjadi ketidakharmonisan dalam hubungan antar angota keluarga hingga terjadi kekacauan dan tidak adanya kerukunan.
  5. Tanpa adanya tanggung jawab tidak akan tercipta ketertiban, ketenangan, dan keamanan.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 3:55 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.