Home » » Pembelajaran 5 Tema 2 Subtema 3 Memelihara Kesehatan Organ Pernapasan Manusia

Pembelajaran 5 Tema 2 Subtema 3 Memelihara Kesehatan Organ Pernapasan Manusia

Pada Pembelajaran 5 Tema 2 Subtema 3 Memelihara Kesehatan Organ Pernapasan Manusia akan mempelajari tentang menceritakan kembali tentang cara merawat organ pernapasan pada manusia. Dengan membaca teks dalam buku, siswa dapat menjelaskan informasi tentang langkah-langkah membuat gambar cerita. Membuat sketsa gambar cerita sesuai tema yang telah ditentukan pada pembelajaran sebelumnya.. Sebagai catatan tulisan ini hanya sebagai penduan saja ketika mengikuti kegiatan pembelajaran bersama Bapak/Ibu guru.

Ayo Bercerita
Pada Pembelajaran 2 kamu dan kelompokmu telah mempelajari cara merawat organ pernapasan. Kamu juga telah membuat poster tentang cara merawat organ pernapasan. Sekarang tunjukkan dan ceritakan postermu kepada kelompok-kelompok lain dan bapak/ibu gurumu.
poster tentang cara merawat organ pernapasan
Presentasi
Selamat siang, teman-teman. Nama saya Udin. Saya ingin melakukan presentasi mengenai cara merawat organ pernapasan. Menurut saya topik ini sangat penting untuk dibicarakan saat ini. Saya yakin bahwa apa yang akan saya presentasikan bisa membantu kita menjaga kesehatan kita. Berikut ini penjelasannya.

Organ pernapasan sangat penting bagi kehidupan manusia. Kewajiban untuk menjaga kesehatan organ-organ pernapasan semakin penting untuk meraih hidup yang sehat. Dengan melakukan berbagai cara menjaga organ pernapasan dapat dilakukan. Ingat, organ pernapasan bukan hanya paru-paru. Mulut, hidung, hingga tenggorokan juga termasuk ke dalamnya. Sehingga, penjagaannya pun perlu dilakukan secara keseluruhan. Berikut ini beberapa cara menjaga organ pernapasan.

1. Mengonsumsi Makanan Bergizi.
Mengonsumsi makanan bergizi juga sangat berpengaruh pada kesehatan organ pernapasan. Orang yang kekurangan nutrisi, terbukti lebih rentan mengalami berbagai gangguan pernapasan. Beberapa vitamin dan mineral yang penting untuk menjaga organ pernapasan antara lain adalah: Vitamin A Vitamin C Vitamin E Zinc Kalium Selenium Magnesium

2. Rajin Berolahraga
Rajin berolahraga adalah cara menjaga organ pernapasan yang sangat efektif. Sebab dengan aktif bergerak, sirkulasi di tubuh akan berjalan dengan lancar. Dengan begitu, organ pernapasan terutama paru-paru akan selalu terjaga kesehatannya.

3. Istirahat Yang Cukup
Kurang istirahat dan tidur diduga bisa membuat organ pernapasan kita mengalami masalah. Hal ini disebabkan karena ketika tidur, organ pernapasan juga ikut beristirahat. Agar berbagai manfaat istirahat dan tidur di atas bisa kita dapatkan secara maksimal, jangan lupa untuk tidur sesuai jumlah jam yang dianjurkan. Untuk orang dewasa disarankan untuk tidur sebanyak 7-9 jam sehari, remaja 14-17 tahun 8-10 jam/hari, anak usia 6-13 tahun 9-11 jam/hari, dan balita usia 3-5 tahun 10-13 jam/hari.

4. Tidur dengan Posisi yang Benar
Posisi tidur benar adalah miring ke kanan dan jangan telungkup. Posisi ini paling sering ditemui dan merupakan salah satu posisi tidur yang baik. Tidur menghadap samping kanan dianggap paling sesuai untuk membuka jalan napas bagi yang memiliki gangguan pernapasan atau mendengkur saat tidur.

Demikian presentasi saya tentang cara merawat organ pernapasan manusia. Semoga presentasi ini bermanfaat. Terima kasih dan Selamat siang.

Kamu telah mempresentasikan poster tentang cara merawat organ pernapasan. Apakah kamu suka dengan poster yang telah kamu buat bersama dengan kelompokmu? Bagaimana tanggapan teman-teman dan bapak/ibu gurumu? Apakah mereka juga menyukai postermu? Sebaliknya, bagaimana poster hasil kreasi teman-temanmu? Apakah mereka juga membuat poster yang bagus?

Poster yang bagus akan menarik orang untuk membaca informasi yang tertulis pada poster itu. Kamu dapat menambahkan gambar-gambar yang menarik dan sesuai tema poster. Kamu juga dapat mewarnai dengan warna-warna yang cerah. Orang yang membaca akan terkesan dan terpengaruh untuk melaksanakan ajakanmu merawat organ pernapasan.Apakah selama ini kamu juga telah merawat organ pernapasanmu dengan baik. Apa saja yang telah kamu lakukan?

Apakah kamu menjauhi makanan dan minuman dingin? Apakah kamu menanam banyak tumbuhan hijau di lingkungan rumahmu? Adakah pengalaman menarik saat kamu melakukan itu?

Pada Pembelajaran 2 kamu telah memilih pengalamanmu yang paling menarik sebagai tema untuk membuat gambar cerita. Sekarang saatnya kamu membuat gambar cerita. Berikut langkah-langkah membuat gambar cerita.

1. Persiapan Bahan dan Alat
Sebelum menyiapkan bahan dan alat, sebaiknya kamu tentukan dahulu jenis teknik yang akan kamu gunakan, teknik basah atau teknik kering? Setelah itu, persiapkan alat dan bahannya sesuai teknik yang digunakan.
Alat dan Bahan Membuat Gambar Cerita
2. Pembuatan Sketsa
Setelah menentukan tema langkah, selanjutnya adalah membuat sketsa. Sketsa sebaiknya dibuat lebih dari satu agar kita dapat memilih yang terbaik.

3. Penyempurnaan Gambar
Dari beberapa sketsa yang dibuat dapat dipilih satu sketsa yang menurutmu paling baik. Kemudian, sempurnakan dengan menghapus garis-garis yang tidak perlu dan menambah garis atau coretan yang dirasa perlu agar gambar tampak lebih hidup. Jika sudah mantap warnai gambarmu dengan baik.

Pada Pembelajaran 2 kamu telah menentukan tema gambar cerita. Sekarang persiapkan alat dan bahan untuk membuat gambar cerita, lalu buatlah sketsa gambar cerita berdasarkan tema yang telah kamu pilih.

2. Aku menjaga udaraku bersih.
Sketsa
Ayo Renungkan
Apa langkah-langkah membuat gambar cerita?
Langkah-langkah membuat gambar cerita antara lain :
  1. Persiapan Bahan dan Alat
  2. Pembuatan Sketsa
  3. Penyempurnaan Gambar
Kerja Sama dengan Orang Tua
Siapkan beberapa lembar kertas karton berukuran 20 cm × 10 cm. Tuliskan kalimat-kalimat ajakan untuk merawat organ pernapasan pada kertas-kertas tersebut. Kalian dapat menuliskan kalimat seperti: dilarang merokok, ayo menanam tumbuhan hijau, kenakan masker saat banyak debu, dan sebagainya. 
ayo menanam tumbuhan hijau
Tuliskan sebagus mungkin dan warnai yang mencolok. Tempelkan kertas-kertas bertuliskan ajakan tersebut di beberapa tempat di rumahmu.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 9:51 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.