Home » » Pembelajaran 4 Tema 9 Subtema 1 Benda Tunggal dan Campuran

Pembelajaran 4 Tema 9 Subtema 1 Benda Tunggal dan Campuran

Pada Pembelajaran 4 Tema 9 Subtema 1 Benda Tunggal dan Campuran kita akan belajar tentang, kenampakan alam wilayah daratan dan perairan, adaptasi masyarakat terhadap kenampakan alam sekitar, siswa dapat menyebutkan, menyajikan hasil kesimpulan isi teks paparan iklan media cetak secara lisan dan tertulis, dan manfaat hidup rukun dalam kehidupan bermasyarakat. Sebagai catatan tulisan ini hanya sebagai panduan saja ketika melaksanakan kegiatan pembelajaran bersama Bapak/Ibu guru Anda. Berikut ini kegiatan pembelajarannya.

Hari ini Pak Tagor mengajak Siti dan teman-teman untuk melakukan kegiatan di luar kelas. Siti dan teman-teman menyambutnya dengan gembira. Ke mana mereka akan melakukan kegiatan? Oh, ternyata mereka menuju ke belakang sekolah. Di sana terdapat hamparan sawah dan sungai. Dari belakang sekolah juga tampak daerah pegunungan. Pak Tagor menjelaskan mengenai kenampakan alam Indonesia.

Ayo Mengamati
Ketampakan alam disebut juga dengan istilah bentang alam. Indonesia memiliki bentang alam yang berbeda-beda di setiap daerah. Ada daerah dataran tinggi dan ada daerah dataran rendah. Ada penduduk yang tinggal di daerah pegunungan. Ada juga penduduk yang tinggal di daerah pantai. Ketampakan alam dibagi menjadi dua bagian, yaitu ketampakan alam wilayah daratan dan ketampakan wilayah perairan. Ayo, lakukan kegiatan berikut.
Ketampakan ALam
Ayo Berdiskusi
Bentuklah kelompok terdiri atas empat anak. Carilah informasi mengenai kenampakan alam wilayah daratan dan ketampakan alam wilayah perairan beserta ciri-cirinya. Saat kelompokmu mencari informasi melalui internet, mintalah bantuan orang tua atau orang dewasa di sekitarmu. Diskusikan hasil informasi yang kalian peroleh. Kemudian tuliskan dalam kolom berikut.
No.Ketampakan Alam Wilayah DaratanCiri-ciriNo.Ketampakan Alam Wilayah perairanCiri-ciri
1.Dataran rendahMemiliki ketinggian kurang dari 200 meter di atas permukaan laut1.RawaBiasanya banyak terdapat tumbuhan air seperti eceng gondok.
2.Dataran tinggiTerletak pada ketinggian 300-600 meter di atas permukaan laut.2.DanauTerbentuk dan berasal dari letusan gunung berapi, atau gerakan tanah
3.GunungMemiliki ketinggian lebih dari 600 meter di atas permukaan laut3.SungaiBagian hulu berukuran kecil dan bagian hilir lebih besar
4.PegununganMencapai ketinggian lebih dari 700 meter di atas permukaan laut4.TelukDibatasi oleh daratan pada ketiga sisinya dan menjorok ke daratan
5.TanjungTanahnya menjorok ke laut.5.SelatLautnya sempit &berada di antara dua pulau.

Ayo Membaca
Adaptasi Masyarakat Terhadap Ketampakan Alam Sekitar
Permukaan bumi tidak rata. Permukaan bumi ada yang tinggi dan ada yang rendah. Ketampakan alam adalah berbagai bentuk muka bumi yang terjadi secara alamiah. Ketampakan alam terdiri atas dua bagian pokok, yaitu ketampakan alam berupa perairan dan ketampakan alam yang berupa daratan.

Daratan adalah tempat kita berpijak. Bentuk ketampakan alam berupa daratan bermacam-macam, contohnya gunung, pegunungan, dataran tinggi, dataran rendah, pantai, tanjung, dan delta. Perairan merupakan bagian dari permukaan bumi yang tergenang air. Bentuk ketampakan alam perairan contohnya sungai, danau, dan laut.

Manusia melakukan adaptasi berbeda-beda antara satu dengan yanglain. Manusia hidup beradaptasi sesuai dengan alam dan ketampakan alam di lingkungan tempat tinggal. Adaptasi yang dilakukan meliputi jenis mata pencaharian utama, makanan, bentuk tempat tinggal, pakaian yang dikenakan, peralatan rumah tangga, dan teknologi. Semua kegiatan itu menyesuaikan tempat mereka tinggal. Kita dapat melihat hasil adaptasi masyarakat suatu daerah. Makanan dan barang-barang atau bendabenda khas dari daerah pegunungan berbeda dengan daerah pantai dan dataran rendah.

Dari bacaan di atas dapat disimpulkan bahwa benda-benda atau barang-barang di setiap daerah berbeda. Tidak hanya itu, air di laut juga akan berbeda dengan air di pegunungan. Dapatkah kamu membedakan air laut dengan air pegunungan? Tuliskan pada kolom berikut
No.Air LautAir Pegunungan
1.Rasanya asinRasanya tawar
2.Air berasal dari sungaiAir berasal dari mata air
3.Berada di laut/lautanBerada di daerah pegunungan
4.Tidak bisa langsung diminumBisa langsung diminum
5.Air laut dapat mengkristalAir pegunungan tidak dapat mengkristal

Ayo Mengamati
Berbicara tentang air, perhatikan iklan berikut.
Iklan Air Minum Aquada


Apa isi kedua iklan pada gambar di atas? Amatilah kedua iklan tersebut. Kemudian, ungkapkan pendapatmu mengenai iklan tersebut di hadapan teman-temannmu. Tuliskan juga pendapatmu pada kolom berikut.
Gambar iklan pertama menunjukkan sebuah produk air isi ulang bernama Aquada yang memiliki keunggulan produk berupa air tersebut diproses melalui tiga tahap macrofiltrasi dan lima tahap microfiltrasi. Sedangkan pada iklan kedua menjelaskan tentang penawaran jasa pemasangan depot air isi ulang Aceng Pro. Aceng Pro melayani pemasangan depot air isi ulang yang berada di dalam maupun luar kota. Aceng Pro juga melayani jasa pemasangan depot air yang siap pakai dan siap jual.

Meskipun alam dan ketampakan alam daerah satu dengan daerah lainnya berbeda, kita sebagai masyarakat Indonesia harus menjunjung tinggi nilai-nilai persatuan dan kesatuan. Untuk mewujudkan nilainilai persatuan dan kesatuan dapat dimulai dari hal-hal kecil yang ada di sekitar kita. Perhatikan gambar dan uraian keterangan gambar berikut.

Pak Tagor mengajak Siti dan teman-teman membersihkan parit kecil di samping sekolah. Pak Tagor meminta anak-anak membersihkan sampah yang menghalangi aliran air. Pak Tagor juga meminta anak-anak mencabut rumputrumput ilalang di sepanjang parit. Siti dan teman-teman senang melakukan kegiatan itu. Mereka rukun dan bekerja sama demi lingkungan sekolah yang bersih dan nyaman.

Hidup rukun sangat menyenangkan. Hidup rukun harus terjalin, baik di lingkungan keluarga, sekolah, maupun masyarakat. Siti bekerja sama dengan teman-teman seperti pada gambar di atas yang mencerminkan hidup rukun. Selain yang dicontohkan pada gambar, hidup rukun misalnya dengan membantu orang yang membutuhkan atau sedang susah. Dengan hidup rukun, kita turut memperkuat persatuan dan kesatuan di Indonesia.

Ayo Berlatih
Apa manfaat hidup rukun bagi dirimu? Tuliskan pada kolom berikut.
Manfaat hidup rukuan antara lain
  1. Hidup rukun dapat memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa
  2. Hidup rukun dapat menumbuhkan rasa salling mengasihi dan menyayangi antar sesama
  3. Hidup rukun dapat menjali tali silaturahmi lebih erat.
  4. Hidup rukun dapat menenangkan hati dan pikiran
  5. Hidup rukun dapat menjadikan hidup lebih harmonis.

Ayo Renungkan
Apa saja yang sudah kamu pelajari hari ini? Apa manfaat dari pembelajaran yang kamu peroleh hari ini? Tuliskan dalam kolom berikut. Hasil Renungan
Hari ini saya telah belajar tentang kenampakan alam daratan dan perairan Indonesia, adaptasi masyarakat terhadap lingkungan dan hidup rukun. Manfaat pembelajaran yang telah saya ikuti adalah saya menjadi lebih tahu tentang kenampakan daratan dan perairan indonesia serta tentang hidup rukun.

Kerja Sama dengan Orang Tua
Bagaimana kamu dan keluargamu menciptakan kerukunan dalam keluarga?
Cara menciptakan kerukunan di rumah adalah:
  1. Saling menyayangi dan menghargai antar sesama anggota keluarga.
  2. Saling membantu pekerjaan rumah
  3. Menghornati dan mematuhi nasehat orang tua
  4. Melakukan kegiatan keluarga bersama-sama.
  5. Saling percaya satu dengan yang lain
  6. Saling menjaga perasaan masing-masing
  7. Saling mengingatkan jika ada yang melakukan kesalahan
  8. Saling jujur antar sesama anggota keluarga
  9. Saling peduli antar sesama anggota keluarga
  10. Selalu bersyukur kepada Tuhan YME.

Bagaimana kamu dan keluargamu kerja sama dengan tokoh masyarakat, misalnya pak RT di sekitar tempat tinggal. Diskusikan bersama orang tuamu. Tuliskan hasil diskusi pada kolom berikut.
  1. Selalu ikut serta berkerja bakti
  2. Ikut menggalang dana untuk masyarakat yang sedang terkena musibah
  3. Selalu menghadiri jika ada undangan rapat dari ketua RT.
  4. Ikut menyumbangkan saran untuk kebaikan lingkungan RT.
  5. Ikut menjaga keamanan lingfkungan dengan melakukan ronda.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 2:52 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.