Home » » Pembelajaran 3 Tema 9 Subtema 1 Benda Tunggal dan Campuran

Pembelajaran 3 Tema 9 Subtema 1 Benda Tunggal dan Campuran

Pada Pembelajaran 3 Tema 9 Subtema 1 Benda Tunggal dan Campuran kita akan belajar tentang, menuliskan nama daerah-daerah yang pernah dikunjungi, menentukan letak geografis daerah-daerah di Jawa Tengah, menunjukkan dan menuliskan garis lintang dan garis bujur suatu daerah, menuliskan contoh perilaku yang mencerminkan persatuan dan kesatuan dan contoh perilaku yang tidak mencerminkan persatuan dan kesatuan, menuliskan pengertian iklan dengan tepat, dan menceritakan isi iklan. Sebagai catatan tulisan ini hanya sebagai panduan saja ketika mengikuti kegiatan pembelajaran bersama Bapak/Ibu guru.

Di manakah kamu tinggal? Di daerah pegunungan, pesisir, atau perkotaan? Apakah di daerah itu dapat dijumpai iklan penawaran berbagai benda? Apakah di daerah-daerah tersebut masyarakatnya menjunjung nilai persatuan dan kesatuan? Ayo, kita pelajari bersama.
Peta Indonesia
Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia. Negara Indonesia memiliki posisi geografis yang unik sekaligus menjadikan posisi yang strategis. Hal ini dapat dilihat dari letak Indonesia yang berada di antara dua samudra, yaitu Samudera Hindia dan Samudera Pasifik. Indonesia juga terletak di antara dua benua yaitu Benua Asia dan Benua Australia. Letak geografis ini sangat memengaruhi keberadaan wilayah Indonesia, baik dilihat dari keadaan fisik dan sosial atau ekonomi dan politik. Amatilah peta Indonesia berikut.

Ayo Mengamati Amatilah gambar peta tersebut. Tuliskan nama daerah-daerah yang pernah kamu kunjungi pada kolom berikut

Siti mengamati gambar peta daerah tempat tinggal saudaranya di Jawa Tengah. Dengan peta, Siti mengetahui banyak hal tentang daerah di Jawa Tengah.

Letak kota atau tempat pada peta dinyatakan dengan garis bujur dan garis lintang. Jarak dua garis bujur berdekatan sebesar satu derajat (1°). Jarak dua garis lintang berdekatan sebesar satu derajat (1°). Garis bujur terbagi dua, yaitu bujur barat (BB) dan bujur timur (BT). Garis lintang juga terbagi dua, yaitu lintang utara (LU) dan lintang selatan (LS).

Perhatikan peta Provinsi Jawa Tengah berikut.
Peta Jawa Tengah
Ayo Berlatih 1. Provinsi Jawa Tengah beribu kota di Semarang. Letak geografis kota Semarang sekitar 110° BT dan 7°LS. Tunjukkan letak Semarang pada gambar peta di atas. Kemudian, lingkarilah dengan pensil berwarna! 2. Lihatlah peta di kelasmu atau buku atlasmu. Pilihlah 10 kota kabupaten pada peta di atas. Kemudian, tuliskan letaknya menurut garis lintang dan garis bujur! Tuliskan dalam tabel berikut!
No.Nama TempatGaris BujurGaris Lintang
1.Brebes7°LS108° BT 
2.Banyumas7°LS109° BT
3.Cilacap7°LS108° BT
4.Purbalingga7°LS109° BT
5.Tegal7°LS109° BT
6.Pemalang7°LS109° BT
7.Pekalongan7°LS109° BT
8.Batang7°LS109° BT
9.Banjarnegara7°LS109° BT
10.Kebumen7°LS109° BT
11.Purworejo7°LS110° BT
12.Magelang7°LS110° BT
13.Wonosobo7°LS109° BT
14.Temanggung7°LS110° BT
15.Kendal7°LS110° BT
16.Semarang7°LS110° BT
17.Demak7°LS110° BT
18.Magelang7°LS110° BT
19.Klaten7°LS110° BT
20.Sukoharjo7°LS110° BT
21.Boyolali7°LS110° BT
22.Grobogan7°LS110° BT
23.Kudus7°LS110° BT
24.Jepara6°LS110° BT
25.Pati6°LS111° BT
26.Rembang6°LS111° BT
27.Blora7°LS110° BT
28.Sragen7°LS111° BT
29.Karanganyar7°LS111° BT
30.Wonogiri7°LS111° BT
31.Kota Tegal7°LS109° BT
32.Kota Semarang7°LS110° BT
33.Kota Magelang7°LS110° BT
34.Kota Salatiga7°LS110° BT
35.Kota Surakarta7°LS111° BT

Pada latihan tersebut, kita telah ditunjukkan nama sepuluh kabupatendi Provinsi Jawa Tengah. Setiap provinsi mempunyai kabupaten. Setiap kabupaten memiliki kekhasannya masing-masing. Namun demikian, tentu saja antara kabupaten yang satu dengan lainnya tetap menjunjung persatuan dan kesatuan. Tidak hanya di dalam lingkup kabupaten, dengan orang terdekat pun kita harus menjunjung persatuan dan kesatuan.

Perhatikan gambar berikut. Paman Siti dan para tetangga bekerja sama membersihkan lingkungan rumah. Mereka juga mengganti bola lampu yang mati untuk penerangan di depan rumah masing-masing. Kegiatan mereka demi keamanan dan kenyamanan semua warga kampung. Kegiatan mereka itu mencerminkan hidup rukun dalam persatuan dan kesatuan.
Kegiatan Kerja Bhakti
Ayo Berdiskusi
Ada perilaku yang mencerminkan persatuan dan kesatuan dalam masyarakat. Sebaliknya, ada pula perilaku yang tidak mencerminkan persatuan dan kesatuan dalam masyarakat. Coba diskusikan secara kelompok bersama tiga orang temanmu perilaku tersebut. Kemudian, tuliskan contoh-contoh dari kedua perilaku tersebut dalam tabel berikut.
No.Contoh perilaku yang mencerminkan persatuan dan kesatuanContoh perilaku yang tidak mencerminkan persatuan dan kesatuan
1.Membersihkan lingkungan bersama-samaTidak pernah ikut serta dalam membersihkan lingkungan.
2.Menghormati perbedaan (agama, suku, daerah, adat, dan kebudayaan) dalam masyarakat.Selalu mempermasalahkan perbedaan (agama, suku, daerah, adat, dan kebudayaan) dalam masyarakat.
3.Mengutamakan kepentingan umum.Mengutamakan kepentingan pribadi.
4.Bermain dengan siapa saja tanpa membedakan suku, agama, ras, ataupun daerahBermain dengan teman yang memiliki persamaan suku, agama, ras, ataupun daerah

Dari segi geografis, Negara Indonesia membentang antara 6°LU-11°LS dan 95°BT dan 141°BT, yaitu dari Sabang sampai Marauke. Oleh karena itu, perlu adanya rasa persatuan dan kesatuan. Apakah kamu mengetahui makna persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia? Bacalah tulisan berikut.

Makna penting di dalam persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia adalah sebagai berikut:
  1. Rasa persatuan dan kesatuan menjalin rasa kebersamaan dan saling melengkapi antara satu dengan yang lain.
  2. Menjalin rasa kemanusian dan sikap saling toleransi serta rasa harmonis untuk hidup berdampingan secara rukun dan damai.
  3. Menjalin rasa persahabatan, kekeluargaan, dan sikap tolong-menolong antarsesama, serta sikap nasionalisme.

Dapat disimpulkan bahwa makna dari sebuah persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia, yaitu harus saling bahu-membahu dalam mempertahankan dan mengisi kemerdekaan.

Ayo Mengamati
Untuk memperkukuh persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia dibuatlah iklan ajakan atau seruan seperti berikut.
Iklan Persatuan dan Kesatuan
Ingatkah kamu yang dimaksud dengan iklan? Tuliskan dalam kolom berikut. 
Iklan adalah pemberitahuan mengenai suatu barang atau jasa kepada khalayak umum agar mereka tertarik untuk membeli dan menggunakan barang atau jasa yang ditawarkan.
Ayo Berlatih
Carilah contoh iklan dari media cetak. Gunting iklan tersebut, lalu ceritakan isinya di depan teman-temanmu. Tempelkan iklan yang kamu peroleh dalam kolom berikut.
Iklan Sabun Nuvo
Iklan tersebut menawarkan sabun Nuvo yang dapat menciptakan hari-hari anti kuman. Sabun nuvo memiliki kekuatan ganda sehingga 99% kuman mati. Menurut Kak Seto (pemerhati anak) dengan kehidupan bebas kuman dapat memenuhi hak hidup sehat dan tumbuh kembang anak. Anak yang tumbuh dengan baik akan sehat dan aktif, serta berani berprestasi. Nuvo Famiily ciptakan generasi sehat Indonesia.

Ayo Renungkan
Apa saja yang sudah kamu pelajari hari ini? Apa manfaat dari pembelajaran yang kamu peroleh hari ini? Tuliskan dalam kolom berikut.

Hasil Renungan
Hari ini saya telah belajar tentang sikap rasa ingin tahu, percaya diri, kerja sama, dan bertanggung jawab. Pengetahuan yang saya pelajari adalah karakteristik geografis Indonesia, sikap persatuan dan kesatuan dalam masyarakat, isi Iklan. Keterampilan yang saya pelajari adalah berdiskusi, mengomunikasikan, menuliskan. Manfaat pembelajaran pada hari ini saya jadi lebih mengetahui karakteristik geografis Indonesia dan isi dari sebuah iklan.

Kerja Sama dengan Orang Tua
Apa yang kamu lakukan untuk menjalin persatuan dan kesatuan antaranggota keluarga?
  1. Saling mencintai sesama anggota keluarga
  2. Mengakui keberadaan dan fungsi tiap-tiap anggota keluarga
  3. Mengembangkan sikap tenggang rasa dan tepa salira
  4. Tidak memaksakan kehendak orang lain
  5. Adanya keterbukaan antar anggota keluarga

Apa yang keluargamu lakukan untuk menjalin persatuan dan kesatuan antaranggota masyarakat? 
  1. Hidup rukun dengan semangat kekeluargaan antarwarga masyarakat
  2. Setiap warga masyarakat menyelesaikan masalah sosial secara bersama-sama
  3. Bergaul dengan sesama warga masyarakat tidak membedakan-bedakan suku, agama, ras, ataupun aliran
  4. Menggunakan bahasa Indonesia secara baik dan benar dalam bergaul antarsuku bangsa
  5. Mengadakan bakti sosial di lingkungan masyarakat

Diskusikan bersama orang tuamu, lalu tuliskan hasilnya pada kolom berikut. Buatlah laporan sederhana hasil diskusimu bersama orang tua untuk dikumpulkan kepada Guru.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 6:56 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.