Home » » Pembelajaran 2 Tema 6 Subtema 3 Masyarakat Sejahtera Negara Kuat

Pembelajaran 2 Tema 6 Subtema 3 Masyarakat Sejahtera Negara Kuat

Pagi itu Udin dan teman-teman diminta oleh Pak guru untuk menceritakan pengalamannya saat perjalanan menuju sekolah. Udin dan teman-teman bercerita secara bergantian Saat satu anak bercerita, anak lainnya mendengarkan dengan saksama. 

Tiba saatnya giliran Udin bercerita. Udin bercerita saat perjalanan menuju sekolah melihat beberapa papan reklame yang menarik. Udin melihat reklame yang berbeda-beda. Ada reklame berisi informasi layanan masyarakat. Ada reklame berisi ajakan membangun masyarakat sejahtera supaya negara kuat. Ada juga reklame yang berisi penawaran suatu produk dagang. Apakah yang dimaksud reklame?

Ayo Mengamati
Reklame BKKBN
Setelah mengamati reklame di atas, jawablah pertanyaan berikut!
1. Apa bunyi tulisan pada papan reklame di atas?
2. Gambar apa yang terdapat pada papan reklame di atas?
3. Apakah tujuan pembuatan dan pemasangan reklame tersebut?
4. Lembaga apa yang memasang reklame tersebut?

Tuliskan jawabanmu di bawah ini.
  1. Tulisan pada reklame di atas berbunyi tentang ucapan selamat menunaikan ibadah puasa dan ajakan untuk memiliki dua anak.
  2. Gambar yang terdapat pada reklame adalah gambar keluarga yang terdiri ayah, ibu, dan dua anak.
  3. Tujuan dari reklame tersebut untuk menjalankan dan menghidupkan kembali program Keluarga Berencana di tengah-tengah masyarakat.
  4. Lembaga yang memasang reklame tersebut adalah BkkbN (Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional).

Ayo Berdiskusi
Kamu telah mengamati sebuah reklame serta mengetahui isi dan tujuannya. Sekarang diskusikan bersama temanmu tentang pengertian reklame secara benar. Tuliskan hasil diskusimu pada kolom berikut.

Hasil Diskusi:
Reklame adalah pengumuman yang ditujukan untuk orang banyak dan dibuat dengan menarik.

Ayo Membaca
Macam-Macam Reklame
Reklame adalah suatu karya seni rupa yang bertujuan untuk menginformasikan, mengajak, menganjurkan atau menawarkan produk (sesuatu berupa barang atau jasa) kepada konsumen. Reklame dibuat menarik, sehingga orang yang melihat ingin mengetahui informasi yang disampaikan, tertarik dengan ajakan yang disampaikan, dan ingin memiliki, menggunakan, atau membeli barang yang ditawarkan.
Macam Macam Reklame
Ada bermacam-macam reklame. Ditinjau dari tujuannya terdiri dari reklame komersil dan reklame nonkomersil. Ditinjau dari sifatnya, terdiri dari reklame peringatan, reklame permintaan atau ajakan, dan reklame penerangan. Ditinjau dari jenis (media), terdiri dari reklame audio, reklame visual, dan reklame audio visual.

Reklame media visual dibagi dua jenis berdasarkan pemasangannya, yaitu reklame dalam ruang dan reklame luar ruang. Reklame dalam ruang biasanya ditempatkan di dalam gedung yang strategis dan dapat dilihat orang secara jelas. Reklame di luar ruang biasanya ditempatkan di luar gedung yang sering dilalui orang, misalnya pada sisi persimpangan jalan raya yang padat. Unsur reklame media visual yaitu berupa gambar dan tulisan. Contoh reklame media visual yaitu baliho, billboard, spanduk, poster, brosur, dan katalog. Perhatikan gambar beberapa contoh reklame media visual berikut.

Ayo Berlatih
Teks di atas merupakan teks nonfiksi yang terdiri dari tiga paragraf. Setiap paragraf pada bacaan di atas memiliki gagasan utama. Apa gagasan utama pada paragraf pertama? Apa gagasan utama pada paragraf kedua? Apa gagasan utama pada paragraf ketiga? Apakah menurutmu judul dan isi bacaan sesuai? Coba ceritakan kepada teman-temanmu secara lisan. Kemudian tuliskan gagasan utama setiap paragraf pada kolom berikut. Bacalah teks non fiksi yang telah disajikan di depan dengan cermat. Selanjutnya, isilah tabel di bawah ini.

ParagrafGagasan Utama
Paragraf 1Pengertian reklame
Paragraf 2Macam-macam reklame
Paragraf 3Pembagian Reklame media visual berdasarkan pemasangannya

Ayo Mengamati
Amatilah reklame media visual berikut!
Reklame Visual
Apa nama jenis reklame media visual pada gambar di atas? Ingatkah kamu mengenai masa pubertas? Coba tuliskan kembali ciri-ciri masa pubertas anak laki-laki dan anak perempuan pada selembar kertas. Kemudian, kumpulkan hasil tulisannmu kepada gurumu.

Ciri-ciri pubertas anak laki-laki dan perempuan antara lain sebagai berikut :
No.Ciri-ciri Masa Kanak-kanak bagi Anak Laki-lakiCiri-ciri Masa Pubertas bagi Anak Laki-laki
1.Belum tumbuh rambut halus di ketiak dan alat kelaminTumbuhnya rambut halus di ketiak dan alat kelamin
2.Suara belum membesarSuara jadi membesar
3.Belum tumbuh jakunTumbuh jakun
4.Belum tumbuh kumis, jambang, dan janggutTumbuh kumis, jambang, dan janggut
NoCiri-ciri Masa Kanak-kanak bagi Anak PerempuanCiri-ciri Masa Pubertas bagi Anak Perempuan
1.Belum tumbuh rambut halus di ketiak dan alat kelaminTumbuhnya rambut halus di ketiak dan alat kelamin
2.Suara belum melengkingSuara jadi melengking
3.Payudara belum membesarPayudara membesar
4.Panggul belum membesarPanggul membesar

Ayo Renungkan
Ada bermacam-macam reklame seperti yang telah dijelaskan di depan. Apa yang telah kamu lakukan dalam mempelajari macam-macam reklame? Dapatkah kamu membuat karya reklame? Apa yang akan kamu lakukan supaya bisa membuat karya reklame? Coba kamu renungkan. Tuliskan hasil renunganmu di bawah ini dan tunjukkan kepada gurumu.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 9:14 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.