Home » » Pembelajaran 1 Tema 6 Subtema 3 Masyarakat Sejahtera Negara Kuat

Pembelajaran 1 Tema 6 Subtema 3 Masyarakat Sejahtera Negara Kuat

Kamis pagi tanggal 17 Agustus 2018, Udin beserta teman-temannya mengikuti upacara peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia di halaman sekolah. Kegiatan upacara diikuti oleh Bapak Ibu guru, karyawan, serta seluruh siswa. Dalam kesempatan itu, Kepala Sekolah bertugas sebagai pembina upacara. Upacara tersebut bertujuan untuk menanamkan rasa cinta tanah air serta jiwa patriotisme pada seluruh peserta didik. Dalam upacara tersebut, Kepala Sekolah menegaskan bahwa kita sebagai warga negara harus mampu mempertahankan dan mengisi kemerdekaan dengan baik. Dengan demikian, diharapkan akan tercipta masyarakat Indonesia yang sejahtera.
Upacara Bendera
Mengikuti kegiatan upacara dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia atau Proklamasi Kemerdekaan merupakan bentuk tanggung jawab sebagai warga negara. Dengan mengikuti upacara tersebut, akan tumbuh rasa cinta pada negara. Selain itu kamu akan mengingat perjuangan para pahlawan yang gigih dan pantang menyerah untuk mewujudkan negara Indonesia merdeka, sehingga akan tumbuh rasa menghargai jasa para pahlawan. Sebagai manusia, kamu harus mampu menjalankan tanggung jawabmu kepada Tuhan Yang Maha Esa, diri sendiri, masyarakat, bangsa dan negara.

Ayo Berdiskusi
Apakah yang dimaksud dengan tanggung jawab? Coba, diskusikan bersama satu orang temanmu. Tuliskan yang kalian ketahui mengenai tanggung jawab pada kolom berikut.
Tanggung jawab adalah kesadaran manusia akan melaksanakan kewajiban. Tanggung jawab adalah keadaan seseorang menanggung perbuatan yang dilakukan.

Kata tanggung jawab sering kita dengar. Setelah berdiskusi mengenai tanggung jawab, apakah kamu sudah dapat menjelaskan arti tanggung jawab dan menyebutkan perilaku bertanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari? Coba, perhatikan bacaan di bawah. Sebelum membaca, lakukan kegiatan
berikut.

Ayo Membaca
Wujud Tanggung Jawab sebagai Warga Negara

Tanggung jawab merupakan kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatan baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja. Tanggung jawab juga dapat berarti berbuat sebagai perwujudan kesadaran dan kewajiban. Tanggung jawab sudah menjadi bagian kehidupan manusia dimana masing-masing akan memikulnya sendiri-sendiri, sehingga tanggung jawab bersifat kodrati. Apabila seseorang tidak mau bertanggung jawab maka tentu ada pihak lain yang memaksa untuk bertanggung jawab.

Setiap orang merupakan bagian dari masyarakat yang tinggal di suatu negara. Setiap warga negara tentunya terikat oleh berbagai aturan, hukum, dan norma yang berlaku di dalamnya. Namun demikian, seseorang secara sukarela menjadi warga negara tanpa paksaan, sehingga harus menghargai dan mencintai negaranya dengan berperilaku penuh tanggung jawab.

Tanggungjawab warga negara terhadap bangsa dan negaranya dilaksanakan dengan cara memenuhi hak dan kewajibannya sebagai warga negara seperti yang tercantum dalam landasan konstitusional negara Indonesia, yakni Undang-Undang Dasar 1945. Berbagai bentuk sikap dan perilaku dapat diwujudkan sebagai cermin dari tanggung jawab warga negara Indonesia dalam kehidupan sehari-hari. Salah satunya adalah memahami dan mengamalkan Pancasila dalam berbagai bidang kehidupan, baik politik, ekonomi, sosial maupun budaya. Pancasila sebagai nilai luhur bangsa tidak hanya cukup dihafalkan, namun harus diamalkan dalam wujud sikap dan perilaku. Misalnya menghargai pendapat teman saat diskusi dalam kelas. Hal tersebut merupakan perwujudan dari sila ke empat Pancasila.

Selalu menjaga dan memelihara nama baik bangsa merupakan bentuk tanggung jawab warga negara di mata dunia internasional sebagai bangsa dan negara yang merdeka, berdaulat, beradab dan bermartabat. Untuk itu sebagai warga negara yang baik, seseorang harus selalu menjaga persatuan dan kesatuan, menjauhkan dari sikap dan perilaku yang diskriminatif atau membeda-bedakan. Membina solidaritas sosial sebagai sesama warga negara Indonesia akan menciptakan kerukunan hidup berbangsa dan bernegara.

Meningkatkan wawasan kebangsaan agar senantiasa terbina rasa kebangsaan, paham kebangsaan dan semangat kebangsaan pada setiap diri warga negara juga merupakan perwujudan dari sikap tanggung jawab sebagai warga negara. Untuk meningkatkan wawasan kebangsaan, dapat dilakukan dengan belajar, membaca, menonton berita, memperingati harihari besar nasional, dan lain sebagainya. Jika masyarakat Indonesia memiliki wawasan kebangsaan yang luas maka negara Indonesia akan menjadi negara yang tangguh karena warga negaranya memahami dan memiliki semangat kebangsaan yang kuat.

Masih banyak lagi bentuk-bentuk pelaksanaan tanggung jawab sebagai warga negara dalam kehidupan sehari-hari. Di antaranya melaksanakan kewajiban membayar pajak dan ikut berpartisipasi dalam kegiatan upacara bendera. Tertib membayar pajak berarti melaksanakan tanggungjawab sebagai warga negara. Dengan mengikuti kegiatan upacara bendera dengan khidmat berarti mencintai dan menghargai negara. Selain itu pelaksanaan tanggung jawab sebagai warga negara juga dapat diwujudkan dengan menjadi pelajar yang rajin, pintar, dan berprestasi sehingga dapat mengharumkan nama bangsa. Melestarikan warisan budaya bangsa dengan lebih mencintai budaya leluhur dan mempertahankannya agar tidak tersingkir oleh budaya asing juga merupakan wujud pelaksanaan tanggung jawab warga negara.

Ayo Berlatih
Setelah membaca bacaan di atas, coba sebutkan gagasan utama setiap paragraf dan letaknya! Kemudian, tuliskan pada kolom berikut!
No.ParagrafGagasan UtamaLetak
1Paragraf 1Pengertian tanggung jawabDi awal paragraf
2Paragraf 2Kecintaan warga negara dengan penuh tanggung jawabAkhir paragraf
3Paragraf 3Tanggung jawab warga negaraDi awal paragraf
4Paragraf 4Bentuk tanggung jawab warga negara di internasionalDi awal paragraf
5Paragraf 5Wujud dari sikap tanggung jawabDi awal paragraf
6Paragraf 6Wujud pelaksanaan tanggung jawab warga negaraAkhir paragraf

Ayo Berdiskusi
Kamu telah mengetahui tentang tanggung jawab sebagai warga negara dalam kehidupan sehari-hari. Tanggung jawab sebagai warga negara merupakan bentuk dari pelaksanaan hak dan kewajiban warga negara sesuai dengan landasan konstitusional negara Indonesia yaitu Undang-Undang Dasar 1945. Bagaimana pelaksanaan tanggung jawab sebagai warga negara dalam kehidupan sehari-hari? Bergabunglah dengan temanmu membentuk kelompok, kemudian carilah beberapa contoh pelaksanaan tanggung jawab sebagai warga negara dalam kehidupan sehari-hari!
Contoh pelaksanaan tanggung jawab sebagai warga negara dalam kehidupan sehari-hari:
  1. Memahami dan mengamalkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari
  2. Menjalankan tugas dan kewajiban yang dibebankan negara kepadanya dengan penuh tanggungjawab.
  3. Menjadi teladan bagi rakyat dalam bertindak sebagai negarawan yang arif dan bijaksana.
  4. Mematuhi berbagai aturan, hukum, dan norma yang berlaku di negaranya.
  5. Selalu menjaga dan memelihara nama baik bangsa dan negara.
  6. Selalu menjaga persatuan dan kesatuan, menjauhkan dari sikap dan perilaku yang diskriminatif atau membeda-bedakan.
  7. Meningkatkan wawasan kebangsaan agar senantiasa terbina rasa kebangsaan, paham kebangsaan dan semangat kebangsaan
  8. Melaksanakan kewajiban membayar pajak dan ikut berpartisipasi dalam kegiatan upacara bendera.
  9. Melestarikan warisan budaya bangsa dengan lebih mencintai budaya leluhur dan mempertahankannya agar tidak tersingkir oleh budaya asing
  10. Belajar giat untuk meraih cita-cita mewujudkan warga bangsa yang cerdas.
  11. Cerdas dan cermat dalam bertindak dan mengambil keputusan

Tuliskan kesimpulan tentang pelaksanaan tanggung jawab sebagai warga negara dalam kehidupan sehari-hari dikaitkan dengan terbentuknya negara Indonesia yang kuat dan tangguh.
Kesimpulan:
Pelaksanaan tanggung jawab sebagai warga negara yang baik dapat mewujudkan negara Indonesia yang kuat dan tangguh.

Saat Udin dan teman-temannya mengikuti kegiatan upacara peringatan Hari Proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia di halaman sekolah, ada pembacaan teks pembukaan Undang-Undang Dasar 1945. Pembacaan teks pembukaan Undang Undang Dasar 1945 tersebut diucapkan dengan lantang oleh salah satu peserta didik sebagai petugas upacara. Seluruh peserta upacara mendengarkan dengan hikmat dan penuh perhatian.

Dalam teks pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 tertulis tujuan negara yang salah satunya adalah memajukan kesejahteraan umum. Hal ini berarti negara memiliki tujuan dan harapan kehidupan masyarakat yang sejahtera. Negara selalu berupaya untuk mengembangkan kehidupan berbangsa yang mendorong untuk mencapai masyarakat sejahtera.

Banyak upaya yang dapat ditempuh untuk mewujudkan masyarakat sejahtera. Upaya yang ditempuh tidak hanya dilakukan oleh negara, namun harus didukung oleh seluruh masyarakat Indonesia. Salah satunya adalah mengembangkan sikap saling toleransi antar warga negara atas perbedaan masing-masing. Seperti diketahui bahwa Indonesia memiliki beragam suku, budaya dan agama. Untuk itu setiap warga negara harus saling menghormati dan menghargai, karena beragam suku, budaya dan agama merupakan kekayaan budaya Indonesia.

Pemerataan pembangunan juga menjadi upaya untuk menyejahterakan masyarakat Indonesia. Pembangunan tidak hanya dilaksanakan di kota-kota besar saja, namun diratakan hingga ke pelosok dan perbatasan wilayah negara Indonesia. Memperbanyak lapangan kerja dan memperbaiki fasilitas umum akan membuat masyarakat Indonesia lebih nyaman dan sejahtera karena pengangguran akan semakin berkurang dan masyarakat semakin mudah dalam mendapatkan fasilitas umum.

Ayo Menulis
Kamu telah mengetahui tentang upaya untuk mewujudkan masyarakat sejahtera. Sekarang lakukan identifikasi tentang upaya untuk mewujudkan masyarakat sejahtera. Tuliskan hasilnya menggunakan bahasa dan kalimatmu sendiri.
Upaya mengembangkan kehidupan kebangsaan menuju masyarakat sejahtera.
  1. Saling toleransi antarwarga negara atas perbedaan masing-masing.
  2. Saling menghormati antarindividu walaupun bertentangan.
  3. Meratakan pembangunan ke seluruh pelosok negeri.
  4. Membayar pajak tepat waktu yang nantinya juga berguna bagi kesejahteraan bersama.
  5. Memperbaiki fasilitas umum agar penggunannya menjadi aman dan nyaman.
  6. Memperbanyak lapangan kerja untuk mengurangi pengangguran

Ayo Mencoba
Cobalah melakukan wawancara dengan pejabat pemerintah atau tokoh masyarakat yang ada di sekitarmu tentang makna proklamasi kemerdekaan dalam upaya membangun masyarakat Indonesia sejahtera. Selanjutnya buatlah laporan hasil wawancara dan serahkan pada gurumu untuk dinilai.

Laporan Hasil Wawancara: (contoh : Kepala Desa)
Pernyataan Proklamasi mencerminkan tekad kemandirian bangsa Indonesia untuk terlepas dari penjajahan bangsa asing. Kemerdekaan yang dicapai oleh bangsa Indonesia adalah hasil perjuangan seluruh rakyat yang telah berlangsung sangat lama. Beberapa upaya yang dilakukan oleh pemerintah Desa dalam membangun masyarakat sejahtera lain sebagai berikut.
  1. Desa harus mampu mengurus dirinya sendiri dengan kekuatan yang dimilikinya;
  2. Pemerintah desa memiliki kewenangan dalam mengatur dan mengelola pembangunan yang ada di wilayahnta
  3. Sistem pemerintahan desa menjunjung tinggi aspirasi dan partisipasi warga desa
  4. Sumber daya pembangunan desa dimanfaatkan sebaik-baiknya demi kesejahteraan sosial seluruh warganya.

Ayo Renungkan
Untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat Indonesia harus didukung oleh semua pihak, baik pemerintah, maupun masyarakat. Apa yang akan terjadi jika masyarakat hanya diam berpangku tangan, tidak ikut berupaya untuk mewujudkan masyarakat sejahtera, namun hanya menuntut pemerintah untuk bisa menyejahterakannya. Tuliskan hasil renunganmu dan tunjukkan hasilnya kepada teman, orang tua, dan gurumu untuk dievaluasi/dinilai. Tuliskan hasil evaluasi atau penilaiannya pada kolom berikut.

Hasil Renungan: (Contoh)
Jika masyarakat tidak ikut berupaya mewujudkan masyarakat sejahtera maka negara tidak akan maju . Hal ini disebabkan keikutsertaan warga masyarakat akan mempercepat proses peyejahteraan masyarakat.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 12:27 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.