Home » » Pembelajaran 3 Tema 6 Subtema 3 Masyarakat Sejahtera Negara Kuat

Pembelajaran 3 Tema 6 Subtema 3 Masyarakat Sejahtera Negara Kuat

Pagi itu, Udin ikut ayahnya membayar pajak sepeda motor di kantor samsat. Kebetulan hari itu, Udin sedang libur akhir semester. Udin melihat banyak orang duduk sambil menunggu antrian untuk mendapatkan giliran membayar pajak. Membayar pajak merupakan salah satu pelaksanaan kewajiban sebagai warga negara.

Ayah Udin membayar pajak tepat waktu. Membayar pajak merupakan kewajiban warga negara. Adapun tanggung jawab warga negara adalah membayar pajak tepat waktu. Ayah Udin telah membayar pajak tepat waktu. Artinya, ayah Udin telah melaksanakan kewajiban dengan benar. Oleh karena itu, ayah Udin bisa dikatakan telah melaksanakan tanggung jawabnya dengan benar yaitu membayar pajak tepat waktu. Bagaimana jika semua warga negara memiliki tanggung jawab yang tinggi dalam melaksanakan kewajibannya seperti ayah Udin? Apa dampak yang ditimbulkan?
Membayar Pajak
Ayo Membacaa
Dampak Pelaksanaan Tanggung Jawab
Pelaksanaan tanggung jawab sebagai warga negara memiliki berbagai dampak, baik positif maupun negatif. Jika semua warga negara memiliki kesadaran untuk melaksanakan tanggung jawabnya sebagai warga negara maka akan tercipta kesejahteraan masyarakat. Sebaliknya, jika warga negara tidak memiliki kesadaran melaksanakan tanggung jawabnya sebagai warga negara maka tujuan negara yaitu masyarakat sejahtera tidak akan pernah terwujud.

Salah satu contoh pelaksanaan tanggung jawab sebagai warga negara adalah melaksanakan kewajiban membayar pajak tepat waktu. Pajak yang dibayarkan oleh warga negara sebenarnya digunakan untuk pembangunan bangsa. Misalnya, untuk pembangunan jalan, jembatan, fasilitas umum seperti sekolah dan rumah sakit. Jika pembayaran pajak dilakukan tepat waktu maka pembangunan akan berlangsung dengan baik. Hal tersebut akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Jadi melaksanakan tanggung jawab membayar pajak tepat waktu akan memberikan dampak positif bagi terciptanya kesejahteraan masyarakat.

Menjaga persatuan dan kesatuan bangsa juga merupakan bentuk tanggung jawab warga negara yang berdampak pada semakin kuatnya suatu negara. Dalam kehidupan sehari-hari, men jaga persatuan dan kesatuan dapat dilaksanakan dengan saling membina ke rukunan diantara warga ma sya ra kat, antar pemeluk agama, suku, ras, dan budaya. Mengembangkan sikap ke keluarga dan gotong royong dalam kehidupan masyarakat akan mewujudkan persatuan dan kesatuan. Jika persatuan dan kesatuan terwujud dengan baik akan tercipta kehidupan masyarakat yang aman, damai, dan tenteram sehingga negara akan semakin kuat.

Tanggung jawab tidak hanya tercermin pada pelaksanaan kewajiban, tetapi juga tercermin pada pelaksanaan hak dengan benar. Contoh pelaksanaan hak dengan benar antara lain memanfaatkan sumber daya alam sesuai kebutuhan, hemat dalam memanfaatkan sumber daya alam, serta memanfaatan sumber daya alam dengan tetap menjaga kelestariannya. Menjaga kelestarian sumber daya alam bisa dilakukan dengan melakukan pembaruan, misalnya melakukan penghijauan kembali dan pembibitan. Menjaga kelestarian sumber daya alam berkaitan dengan pelaksanaan hak juga dapat dilakukan dengan tidak mengambil habitat laut saat menikmati keindahan alam laut.

Pada kenyataannya masih banyak warga negara yang belum melaksanakan tanggung jawabnya atas hak dan kewajiban dengan benar dan sungguh-sungguh. Pelaksanaan tanggung jawab sebagai warga negara yang tidak dilaksanakan dengan benar akan membawa dampak negatif bagi kesejahteraan masyarakat. Contoh perbuatan tidak bertanggung jawab serta merugikan bangsa dan negara antara lain korupsi, kriminalitas, dan penyalahgunaan kekuasaan. Perbuatan-perbuatan tersebut sudah seharusnya dihilangkan dengan menegakkan hukum agar tidak ada lagi perbuatan sama di kemudian hari.

Sebagai warga negara, kita harus selalu melaksanakan tanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari dengan baik dan benar. Dimulai dari lingkup yang paling kecil yaitu diri sendiri misalnya sebagai pelajar selalu rajin belajar agar mendapatkan prestasi yang baik. Selanjutnya penerapan tanggung jawab sebagai warga negara dikembangkan dalam lingkup yang lebih besar yakni keluarga dan pada akhirnya pada lingkup kehidupan masyarakat. Jika pelaksanaan tersebut dapat berlangsung dengan baik, maka masyarakat sejahtera akan tercipta dan negara kuat akan terwujud.

Ayo Berlatih
Teks diatas merupakan teks nonfiksi yang mengandung informasi penting dalam setiap paragrafnya. Informasi-informasi penting tersebut didasarkan pada gagasan utama yang ada pada setiap paragraf. Temukan informasi penting dalam setiap paragraf berdasarkan gagasan utama yang ada didalamnya. Tuliskan hasil temuanmu pada tabel seperti berikut.
No.ParagrafGagasan UtamaInformasi Penting
1Paragraf 1Dampak pelaksanaan tanggung jawabPelaksanaan tanggung jawab sebagai warga negara memiliki dampak positif dan negatif
2Paragraf 2Contoh pelaksanaan tanggung jawab sebagai warga negaraContoh pelaksanaan tanggung jawab sebagai warga negara dengan melaksanakan kewajiban membayar pajak.
3Paragraf 3Bentuk tanggung jawab warga negara untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsaBentuk tanggung jawab warga negara untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa berdampak pada semakin kuatnya suatu negara.
4Paragraf 4Bentuk tanggung jawab warga negara adalah menjaga dan melestarikan warisan budaya bangsa.Bentuk tanggung jawab warga negara adalah menjaga dan melestarikan warisan budaya bangsa.
5Paragraf 5Pelaksanaan tanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari dengan tidak baik.Pelaksanaan tanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari dengan tidak baik membawa dampak negatif bagi kesejahteraan masyarakat.
6Paragraf 6Pelaksanaan tanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari dengan baikPelaksanaan tanggung jawab warga negara dengan baik membuat masyarakat sejahtera dan negara menjadi kuat

Ayo Berdiskusi
Diskusikan bersama kelompokmu tentang dampak pelaksanaan tanggungjawab sebagai warga negara dalam kehidupan sehari-hari. Tuliskan secara rinci tentang pelaksanaan tanggung jawab dan dampak yang ditimbulkan pada tabel berikut
No.Pelaksanaan Tanggung Jawab sebagai Warga NegaraDampak yang Ditimbulkan
1Melaksanakan kewajiban membayar pajakBerlangsungnya pembangunan bangsa
2Saling membina kerukunan diantara warga masyarakat, antarpemeluk agama, suku, ras, dan budaya Tercipta kehidupan masyarakat yang aman, damai, dan tenteram sehingga negara akan semakin kuat
3Mengembangkan sikap kekeluargaan dan gotong royong Tercipta kehidupan masyarakat yang aman, damai, dan tenteram sehingga negara akan semakin kuat
4Memanfaatkan sumber daya alam sesuai kebutuhan Sumber daya alam menjadi tetap terjaga
5 Memanfaatan sumber daya alam dengan tetap menjaga kelestariannyaSumber daya alam menjadi tetap terjaga kelestariannya

Agar tercipta masyarakat yang sejahtera, selain melaksanakan tanggung jawab sebagai warga negara, juga diperlukan berbagai upaya untuk mengembangkan kehidupan berbangsa. Upaya mengembangkan kehidupan kebangsaan yang sejahtera telah tercantum dalam pembukaan UUD 1945. Hal ini berarti negara selalu mengupayakan kesejahteraan masyarakat dan bangsa. Namun demikian, upaya tersebut harus selalu mendapat dukungan dan partisipasi aktif dari seluruh warga negara. Kamu juga merupakan warga negara, sehingga kamu juga harus mendukung dan berpartisipasi dalam upaya pengembangan kehidupan kebangsaan menuju masyarakat sejahtera.

Ayo Renungkan
Coba renungkan upaya apa saja yang dapat kamu lakukan untuk memberikan kontribusi bagi upaya pengembangan kehidupan kebangsaan yang sejahtera. Tuliskan hasil renunganmu pada kolom berikut dan kemudian tunjukkan hasilnya pada guru atau orang tuamu untuk dievaluasi/dinilai.
Kontribusi saya bagi upaya pengembangan kehidupan bangsa yang sejahtera antara lain dengan
  1. Bersikap tenggang rasa dan menjunjung tinggi sikap toleransi.
  2. Aktif dalam menjalankan berbagai kewajiban sebagai warga negara.
  3. Mendahulukan kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi.
  4. Mencintai produk-produk dalam negeri untuk menunjang perekonomian bangsa.
  5. Tepat waktu dalam membayar pajak untuk pembangunan yang terarah dan pasti.

Kerja Sama dengan Orang Tua 
Bersama orang tuamu, buatlah kliping tentang upaya pengembangan kehidupan kebangsaan menuju masyarakat sejahtera. Mintalah pendapat orang tuamu dalam memilih gambar, artikel atau berita yang akan kamu ambil dari majalah, koran, dan lain sebagainya. Kumpulkan kliping yang telah kamu buat pada gurumu untuk dinilai.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 10:10 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.