Home » » Pembelajaran 3 Subtema 1 Kewajiban dan Hakku di Rumah

Pembelajaran 3 Subtema 1 Kewajiban dan Hakku di Rumah

Ayo Membaca
Setiap anak berhak memiliki tubuh sehat. Apa itu tubuh sehat? Apa yang harus kamu lakukan agar memiliki tubuh sehat? Berdiskusilah dengan teman-temanmu!

Ciri anak sehat dapat dilihat dari segi fisik, psikis, dan sosialisasinya seperti sehatnya badan dan pertumbuhan jasmani yang normal. Kalau dari segi psikis, anak yang sehat itu jiwanya berkembang secara wajar, pikiran bertambah cerdas, perasaan bertambah peka dan kemauan bersosialisasinya baik. Sedangkan, dari segi sosialisasi, anak semestinya tampak aktif, gesit, dan gembira serta mudah menyesuaikan diri dengan lingkungannya.

Beberapa hal yang harus dilakukan agar memiliki tubuh sehatt : antara lain sebagai beriku
  1. Istirahat yang cukup. Penuhi kebutuhan istirahat dan tidur harian normalnya sebanyak 6-8 jam/hari untuk orang dewasa.
  2. Olahraga yang tetatur. Manfaat olahraga sangat banyak sekali untuk kesehatan tubuh dan mencegah berbagai penyakit.
  3. Perbanyak makan buah dan sayur. Buah-buahan dan sayur sayuran mengandung vitamin dan mineral penting lainnya yang berguna untuk tubuh. 
  4. Jaga kebersihan diri dan lingkungan. Mandi teratur, cuci tangan sebelum makan, dan menjaga kebersihan lingkungan di dalam dan sekitar rumah juga harus diperhatikan.

Memiliki Tubuh Sehat
Kamu wajib menjaga kesehatan tubuh. Tubuh yang sehat membuatmu dapat belajar dan bermain. Tubuh yang sehat juga membuatmu dapat berjalan dan bekerja. Tubuh yang sehat membuatmu dapat bergerak aktif dan gesit.

Setiap anak berhak memiliki tubuh yang sehat. Namun, ada juga anak yang mudah sakit. Tubuh anak yang sakit menjadi lemah sehingga susah bergerak. Mereka seharusnya menjaga tubuhnya agar selalu sehat.
Cara Menjaga Kesehatan Tubuh
Menjaga tubuh tetap sehat merupakan kewajiban kita semua. Apa yang harus kamu lakukan agar tubuhmu sehat? Pertama, makan makanan yang bergizi dan makan dengan teratur. Kedua, istirahat yang cukup. Ketiga, rajinlah berolahraga. Keempat, minum air putih baik untuk tubuh.

Amati teks di atas!
Temukan masalah pada teks!
Garis bawahi cara penyelesaiannya.
Cara Menjaga Kesehatan Tubuh. Cara penyelsaianya adalah : Pertama, makan makanan yang bergizi dan makan dengan teratur. Kedua, istirahat yang cukup. Ketiga, rajinlah berolahraga. Keempat, minum air putih baik untuk tubuh.

Ayo Menulis
Amati kembali teks di atas! Jawablah pertanyaan berikut!
  1. Masalah apa yang dihadapi anak-anak berdasarkan teks di atas? Menjaga Kesehatan Tubuh.
  2. Tuliskan empat cara menyelesaikan masalah berdasarkan teks! Pertama, makan makanan yang bergizi dan makan dengan teratur. Kedua, istirahat yang cukup. Ketiga, rajinlah berolahraga. Keempat, minum air putih baik untuk tubuh.

Ayo Berlatih
Bacalah di dalam hati!
Semua orang wajib menjaga kesehatan tubuh. Salah satu caranya dengan sarapan. Sarapan baik untuk kesehatan tubuh. Ada yang biasa sarapan nasi, ubi, roti atau kentang. Bagaimana dengan kebiasaan sarapan di rumahmu?

Tuliskan makanan yang biasa kamu makan saat sarapan!
Nasi, Sayur, Roti, dan Bubur.

Ayo Mencoba
Keluarga Dayu sering sarapan kentang. Ayah Dayu memiliki kebun kentang. Lima panen terakhir, ayah Dayu memanen 1.000, 1.200, 1.300, 1.500, dan 2.000 buah kentang. Ayah Dayu menyimpan sebagian kentang di rumah. Sebagiannya lagi dijual ke pasar.

Tuliskan berapa kemungkinan kentang yang dijual dan yang disisihkan untuk di rumah!
Banyak Kentang
 yang Dijual
Banyak Kentang
untuk Di rumah
Jumlah Kentang
7003001.000
9003001.200
8005001.300
1.1004001.500
1.5005002.000

Ayo Berkreasi
Bacalah kembali cerita tentang panen kentang Ayah Dayu! Lalu, buatlah satu cerita seperti itu bersama teman-temanmu! Kamu dapat menentukan sendiri bilangannya!

Cerita Kami
Keluarga Dayu sering sarapan kentang. Ayah Dayu memiliki kebun kentang. Lima panen terakhir, ayah Dayu memanen 900, 1.000, 1.100, 1.300, dan 1.400 buah kentang. Ayah Dayu menyimpan sebagian kentang di rumah. Sebagiannya lagi dijual ke pasar.

Kemungkinan kentang yang dijual dan yang disisihkan untuk di rumah adalah :
Banyak Kentang
yang Dijual
Banyak Kentang
untuk Di rumah
Jumlah Kentang
600300900
9001001.000
8003001.100
1.1002001.300
1.0004001.400

Ayo Bernyanyi
Beni sangat bersyukur memiliki ayah dan ibu. Ia wajib berterima kasih kepada keduanya. Ia ingin menyampaikannya lewat lagu. Beni sudah tahu lagu “Jika Ibuku Tua Nanti”. Adakah lagu lain tentang rasa syukur memiliki ayah dan ibu?
Jika Ibuku Tua Nanti
Jika Ibuku Tua Nanti
AT Mahmud

Jika ibuku tua nanti,
beruban berambut putih,
akan kujaga ibuku,
agar senang selalu,

Jika ayahku tua nanti,
berjalan bertongkat kayu,
akan kutuntun selalu,
kemana ayah pergi.

Nyanyikanlah bersama teman-temanmu! Nyanyikan juga di depan orang tuamu di rumah!
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 2:23 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.