Home » » Pembelajaran 4 Subtema 1 Kewajiban dan Hakku di Rumah

Pembelajaran 4 Subtema 1 Kewajiban dan Hakku di Rumah

Ayo Mencoba
Tahukah kamu kewajiban yang harus kamu lakukan agar tubuhmu sehat? Apa yang sudah kamu ketahui tentang hak mendapatkan makan?

Agar tubuh kita sehat ada beberapa hal yang harus dilakukan. Pertama, makan makanan tyang
bergizi dan makan dengan teratur. Kedua, istirahat yang cukup. Ketiga, rajinlah berolahraga. Keempat, minum air putih baik untuk tubuh.

Hak Anak adalah hak asasi dan untuk kepentingannya hak anak itu diakui dan dilindungi oleh hukum sejak anak dalam kandungan. Salah satu hak anak adalah mendapatkan makanan.Untuk dapat tumbuh dan berkembang, anak membutuhkan makanan dengan kualitas gizi yang baik.

Bacalah permasalahan berikut ini! Berilah saran apa yang sebaiknya dilakukan! Berdiskusilah dengan kelompokmu! Lalu, sampaikan hasil diskusimu di depan kelas!
  1. Ibuku selalu menyediakan makanan yang sehat dan bersih. Aku lebih suka jajan. Apa yang sebaiknya aku lakukan? Sebaiknya kamu memanfaatkan makanan sehat dan bersih yang disediakan oleh ibu karena lebih sehat dan bersih dibandingkan dengan makanan jajan.
  2. Setiap hari ibuku menyiapkan sarapan pagi. Aku sering terburu-buru dan tak sempat sarapan. Apa yang sebaiknya aku lakukan? Sebaiknya kamu bangun lebih pagi sehingga tidak terburu-buru dan tidak sempat sarapan karena sarapan sangat penting untuk melakukan kegiatan di sekolah.
  3. Ibu menyampaikan bahwa tanganku harus bersih ketika menyentuh makanan. Aku merasa itu tidak penting. Apa yang sebaiknya aku lakukan? Sebaiknya sebelum menyentuh makanan tangan dalam keadaan yang bersih karena tangan yang kotor akan membawa bibit penyakit masuk ke dalam tubuh.
  4. Ayah selalu mengingatkanku agar berdoa sebelum dan sesudah makan. Aku sering kali tidak melakukannya. Apa yang sebaiknya aku lakukan? Sebaiknya sebelum dan sesudah makan kita membaca doa karena doa merupakan bentuk bersykur karena banyak anak seusia kita yang sulit mendapatkan makanan..
  5. Ayahku selalu berpesan agar aku menghabiskan makananku. Aku masih sering makan bersisa. Apa yang sebaiknya aku lakukan? Sebaiknya kamu mengambil makanan secukupnya saja sehingga tidak bersisa. Menghabiskan makanan berarti mensyukuri karena tidak semua orang bisa mendapatkan makanan seperti itu.
Makanan Sehat
Ayo Mengamati
Bacalah kalimat-kalimat berikut! Jodohkan kalimat-kalimat berikut dengan permasalahan di atas! Tulislah nomor kalimat di dalam kurung!
  1. Aku bersyukur masih memiliki makanan untuk dimakan. (Ayahku selalu berpesan agar aku menghabiskan makananku. Aku masih sering makan bersisa.)
  2. Sebelum makan, tangan harus bersih dari debu dan kuman penyakit. ( Ibu menyampaikan bahwa tanganku harus bersih ketika menyentuh makanan. Aku merasa itu tidak penting. )
  3. Aku harus berhati-hati memilih jajanan. Makanan yang dijual di jalan sering dihinggapi lalat. (Ibuku selalu menyediakan makanan yang sehat dan bersih. Aku lebih suka jajan. )
  4. Di pagi hari aku harus sarapan agar aku bisa belajar dengan semangat. (Setiap hari ibuku menyiapkan sarapan pagi. Aku sering terburu-buru dan tak sempat sarapan)
  5. Aku tahu bahwa banyak anak seusiaku yang sulit mendapat makanan. (Ayah selalu mengingatkanku agar berdoa sebelum dan sesudah makan. Aku sering kali tidak melakukannya.)

Ayo Berlatih
Setiap malam, Udin dan keluarganya makan malam bersama. Udin berbahagia karena bisa makan malam bersama keluarganya. Usai makan malam, ia berpikir tentang kewajiban dan haknya berkaitan dengan makanan.
Makan Malam
Berikut kewajiban dan hak tentang makanan. Bantulah Udin memilih mana yang kewajiban dan hak! Salinlah kembali pada tempat yang tersedia!
  1. Bersyukur atas semua makanan yang ada.
  2. Mendapat makanan sehat dan bersih.
  3. Makan makanan yang sudah disediakan.
  4. Memilih makanan yang sehat.
  5. Mendapat sarapan pagi sebelum ke sekolah.
  6. Membaca doa sebelum dan sesudah makan.
  7. Mendapat air minum yang bersih dan sehat.
  8. Mengambil makanan secukupnya.
  9. Mendapat makan siang yang sehat dan bersih.
  10. Menghabiskan makanan yang sudah diambil.
Kewajiban dan Hak Tentang Makanan
KewajibanHak
Bersyukur atas semua makanan yang adaMendapat makanan sehat dan bersih
Makan makanan yang sudah disediakanMemilih makanan yang sehat
Membaca doa sebelum dan sesudah makanMendapat sarapan pagi sebelum ke sekolah
Mengambil makanan secukupnyaMendapat air minum yang bersih dan sehat
Menghabiskan makanan yang sudah diambilMendapat makan siang yang sehat dan bersih

Ayo Mencoba
Kamu sudah mempelajari kewajiban dan hak yang berkaitan dengan makanan. Pernahkah kamu
melaksanakannya di rumah? Ceritakanlah! Tulislah di tempat yang telah disediakan!
Pengalamanku tentang Makanan

Setiap hari aku selalu makan makanan yang telah disediakan oleh ibuku. Sebelum dan sesudah makan akau selalu berdoa kepada Tuhan atas rezeki yang telah Ia berikan kepadaku. Setelah berdoa aku mengambil makanan secukupnya saja dan tidak berlebihan. Aku selalu menghabiskan makanan yang telah saya ambil. Aku selalu bersyukur atas semua makanan yang ada.

Dengan melaksanakan kewajibanku terhadap makanan aku pun mendapatkan hakku. Aku mendapatkan makanan yang bersih, aku juga dapat memilih makanan yang sehat, aku mendapatkan sarapan sebelum pergi ke sekolah. Selain itu aku juga mendapatkan air minum dan makan siang yang bersih dan sehat.
Ayo Menulis
Setelah makan malam, Udin membaca buku. Pada pukul delapan malam, Udin pergi tidur. Udin memiliki kewajiban untuk beristirahat. Mengapa beristirahat itu penting? Tuliskan tiga manfaat istirahat!

Manfaat Beristirahat
Manfaat istirahat yang cukup itu banyak sekali. Akibat kurang istirahat daya tahan tubuh akan menurun dan dapat menyebabkan sakit. Beberapa manfaat istirahat yang cukup antara lain sebagai berikut.
  1. Pertama badan menjadi segar. Badan yang segar bermanfaat untuk kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan.
  2. Kedua badan menjadi sehat karena stirahat yang akan menjaga tubuh kita tetap sehat.
  3. Ketiga tubuh tidak mudah lelah. Jika kita kurang istirahat maka akan berefek buruk pada tubuh kita.
  4. Keempat wajah menjadi cerah. Wajah seseorang yang lesu merupakan pertanda orang tersebut kurang tidur atau kurang istirahat.
  5. Kelima tidak mudah mengantuk. Istirahat yang cukup akan menjauhkan dari kantuk karena tubuh tetap fit.

Ayo Bercerita
Pernahkah kamu tidak tidur di malam hari? Apa akibatnya? Bagaimana rasanya jika kamu tidur
dengan nyenyak? Ceritakan pengalamanmu! Sampaikan juga manfaat tidur malam!
Tidur Malam
Suatu malam aku pernah menonton televisi sampai larut malam. Akibatnya pada pagi hari aku bangun kesiangan. Selain kesiangan mata juga terasa sangat mengantuk. Sebaiknya kita memang tidak boleh tidur terlalu malam karena akan mengakibatkan beberapa hal yang kurang baik. Jika tidur malam yang cukup ada beberapa manfaat yang dapat kita peroleh. Beberapa manfaat tidur malam yang cukup antara lain sebagai berikut :
  1. Tubuh lebih sehat karena istirahat dan tidur berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh kita.
  2. Tetap aktif di siang hari karena istirahat dan tidur yang cukup dan berkualitas membuat kita tetap aktif sepanjang hari.
  3. Terhindar dari kecelakaan atau cedera karena lelah akibat kurang istirahat dan tidur meningkatkan risiko kita mengalami berbagai cedera, atau kecelakaan.
  4. Membuat hati riang karena kurang istirahat dan tidur dapat membuat kita menjadi cepat marah, tidak sabar.

Manfaat tidur malam memang  banyak sekali. Kurang istirahat membuat tubuh mudah lelah dan mengantuk. Kurangnya istirahat adalah daya tahan tubuh akan menurun, selanjutnya adalah diikuti sakit.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 6:03 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.