Home » » Pembelajaran 2 Subtema 1 Kewajiban dan Hakku di Rumah

Pembelajaran 2 Subtema 1 Kewajiban dan Hakku di Rumah

Pakaian merupakan hal yang selalu melekat pada tubuh kita. Pakaian merupakan salah satu kebutuhan pokok bagi manusia selain pangan dan papan. Pakaian merupakan alat penutup tubuh yang akan memberikan kepantasan, Kenyamanan serta keamanan dalam kehidupan sehari-hari. Selain sebgai menutup tubuh, Pakaian juga mempunyai fungsi lain yang dapat menunjukkan lambang status atau identitas seseorang dalam kehidupan bermasyarakat.

Ayo Mengamati
Apa yang kamu lihat pada gambar di bawah ini? Bagaimana jika kamu menghadapi situasi itu Diskusikan dengan teman-temanmu! Sampaikan hasil diskusimu di depan kelas!
Cuaca
Kita tidak bisa menghadapi keadaan alam jika mereka tidak memiliki pakaian. Pakaian digunakan manusia untuk melindungi tubuhnya dari berbagai macam gangguan yang tidak nyaman dan berbahaya. Pakaian dapat melindungi tubuh dari gesekan kulit dengan benda lain, cuaca dingin, hujan, terik matahari, gangguan serangga, kotoran dan debu serta hal-hal lainnya.

Jika kita hidup tanpa pakaian tentunya akan kurang nyaman. Misalnya saja saat hujan kita tidak berpakaian tentu tubuh akan kedinginan. Saat matahari terik jika kita tidak berpakaian tentu tubuh akan kepanasan. Demikian juga saat malam hari jika kita tidak berpakaian tubuh akan kedinginan

Manusia memang berbeda dengan binatang. Manusia tidak memiliki penutup badan seperti bulu tebal atau kulit tebal. Oleh karena itu manusia, dengan kecerdasannya, menciptakan pakaian untuk melindungi tubuhnya dari sengatan panas dan juga cuaca dingin. Selain itu berpakaian juga dapat melindungi tubuh kita dari debu dan gangguan binatang, khususnya serangga seperti tungau (kutu busuk) yang dapat menyebabkan gatal di kulit.

Ayo Membaca
Bacalah dengan nyaring!
Bersyukur Memiliki Pakaian
Manusia wajib melindungi tubuhnya. Siti juga selalu melindungi tubuhnya. Ia selalu melindungi tubuhnya dengan mengenakan pakaian yang rapi. Memiliki pakaian adalah hak setiap orang. Siti mendapat pakaian dari orang tuanya. Siti memiliki berbagai pakaian untuk dipakainya sehari-hari. Siti memiliki pakaian untuk bermain dan untuk tidur. Siti juga memiliki seragam sekolah. Pakaian Siti selalu bersih dan rapi.

Pakaian membuat Siti merasa nyaman. Pakaian melindungi tubuh Siti dari udara dingin dan panas matahari. Pakaian juga dapat menjaga Siti dari gangguan serangga.

Siti bersyukur memiliki pakaian. Siti menjalankan kewajiban terhadap pakaian dengan baik. Siti selalu mengenakan pakaian dengan hati-hati. Siti menjaga pakaiannya agar tidak cepat kotor dan rusak. Ia mengenakan pakaian sesuai kebutuhan. Siti juga berpakaian sesuai kebiasaan yang berlaku di tempat tinggalnya. Tidak lupa Siti juga mencuci bajunya bila kotor.

Ayo Menulis
Amati kembali teks di atas!
Tulislah kewajiban dan hak dalam berpakaian
No.KewajibanHak
1.Siti selalu mengenakan pakaian dengan hati hati.Pakaian melindungi tubuh Siti dari udara dingin dan panas matahari
2.Siti menjaga pakaiannya agar tidak cepat kotor dan rusak.Pakaian membuat Siti merasa nyaman
3.Siti mengenakan pakaian sesuai kebutuhanPakaian juga dapat menjaga Siti dari gangguan serangga.
4.Siti berpakaian sesuai kebiasaan yang berlaku di tempat tinggalnya.Siti memiliki pakaian untuk bermain, untuk tidur dan seragam sekolah
5.Siti mencuci bajunya bila kotor.Pakaian Siti selalu bersih dan rapi
Ayo Bercerita
Kamu sudah mengetahui kewajiban dan hak tentang pakaian. Sekarang ceritakanlah bagaimana pengalamanmu merawat pakaian!
Kita bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas pakaian yang mereka peroleh dari orang tua karena tidak semua anak dapat memiliki pakaian seperti kita. Pakaian harus dirawat dengan cara dicuci jika sudah kotor. Kita juga harus mengenakan pakaian dengan hati-hati. Pakaian harus dijaga agar tidak cepat rusak.

Dengan pakaian yang terawat maka kita akan terlindungi dari hawa dingin. Pakaian juga dapat melindungi tubuh dari serangga. Pakaian yang bersih membuat tubuh kita nyaman.

Ayo Mencoba
Amati masalah berikut ini!
Tuliskan saran-saranmu!

Contoh Kalimat Saran
Edo pulang kehujanan. Baju seragamnya basah kuyup.
Sebaiknya Edo segera pulang dan mandi.
Seharusnya Edo menunggu sampai hujan reda.

1. Udin minta dibelikan baju baru. Di lemari, baju Udin masih banyak dan masih bagus.
Sebaiknya udin tidak minta dibelikan baju baru karena Udin masih memiliki banyak baju yang bagus.
2. Rok Dayu robek karena digunakan bermain lompat tali.
Seharusnya Dayu berhati-hati saat bermain lompat tali karena saat bermain kita juga harus menjaga pakaian kita dengan hati-hati.
3. Beni ingin bermain dengan tetangganya. Ia masih mengenakan seragam sekolah.
Sebaiknya Beni mengganti seragam sekolah dengan pakaian bermain karena seragam sekolah digunakan untuk ke sekolah.
4. Pulang sekolah Lani sangat lelah. Ia tidur siang tanpa berganti baju.
Sebaiknya Lani mengganti baju seragam sekolah dengan baju tidur karena baju sekolah akan kusut jika digunakan untuk tidur.

Ayo Membaca
Istirahat Siang
Siti wajib membantu ibu di rumah. Usai makan siang, Siti mengangkat pakaian dari jemuran. Usai membantu ibu, Siti beristirahat. Beristirahat adalah hak setiap orang.

Ada banyak cara beristirahat. Beristirahat bisa dengan cara tidur atau bersantai. Dapat juga dengan
cara menyegarkan diri. Tujuannya adalah membuat tubuh tenang.
Istirahat
Siti beristirahat dengan tidur. Tidur siang dapatmenghilangkan rasa lelah. Tidur siang juga menyehatkan badan. Tidur siang dapat menenangkan pikiran. Dengan tidur siang tubuh akan kembali segar dan bersemangat.

Kalian juga memiliki hak untuk beristirahat. Sebutkan lima cara beristirahat yang biasa kamu
lakukan!
  1. Memaksimalkan tidur siang.
  2. Duduk santai di teras rumah.
  3. Mendengarkan musik.
  4. Melihat pemandangan di sekitar rumah.
  5. Duduk santai di bawah pohon rindang..

Ayo Berlatih
Setiap anak memiliki hak beristirahat di rumah. Salah satu cara beristirahat adalah dengan tidur siang. Apa saja kewajibanmu berkaitan dengan tidur siang?

Tuliskan pendapatmu!
Kewajiban yang berhubungan dengan tidur siang.
  1. Membaca doa sebelum dan sesudah tidur siang.
  2. Tidur siang sesuai kebutuhan/tidak berlebihan.
  3. Cuci kaki dan tangan sebelum tidur siang.
  4. Menggunakan pakaian tidur.
  5. Merapikan kembali tempat tidur.
Setiap orang memiliki aturan yang wajib diikuti tentang beristirahat siang. Tulislah cerita tentang kebiasaan beristirahat siangmu dan kewajibannya!

Berilah judul cerita yang kamu tulis!
Tidur Siang Baik Baik Bagi Kesehatan
Tidur siang sangat baik bagi kesehatan karena dapat mengembalikan kesegaran tubuh. Biasanya saya tidur siang setelah pulang sekolah. Sebelum tidur siang saya mencuci kaki dan tangan serta berdoa.  Saat tidur saya juga mengenakan pakaian tidur. Lama waktu tidur siang saya sekitar 90 menit kaena jika terlalu lama tidur siang juga kurang baik. Jangan lupa setelah bangun tidur rapikan kembali tempat tidur kita.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 8:00 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.