Home » , , , » Menemukan Arti Kata yang Ditandai Khusus

Menemukan Arti Kata yang Ditandai Khusus

Pada pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IX Kurikulum Merdeka terdapat pembahasan tentang Menemukan Arti Kata yang Ditandai Khusus. Tujuan pembelajaran kali ini adalah setelah membaca dan memahami teks, peserta didik dapat menemukan arti kosakata yang ditandai khusus dengan tepat.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti dari kosakata adalah perbendaharaan kata (vocabularies). Dalam membuat kalimat yang baik dan benar suatu bahasa, kita perlu menggunakan kosakata. Kosakata mencakup semua kata, frasa, dan ekspresi yang dapat digunakan/dipahami seseorang saat berbicara, mendengarkan, membaca, ataupun menulis.

Arti dari kata dalam bahasa Indonesia tentunya perlu dipahami oleh setiap orang. Kebanyakan orang tentunya sudah memahami arti dari kata. Namun, mungkin masih belum semua orang yang memahami definisinya secara detail.

Kata adalah istilah yang sudah seharusnya dipahami semua orang. Apalagi kata merupakan komponen penting dalam berkomunikasi, baik dalam komunikasi secara tertulis ataupun secara lisan atau secara langsung.

Arti dari kata adalah unsur bahasa yang digunakan dalam berucap dan menulis. Kamu tentunya sudah mengenali jenis-jenis kata, seperti kata kerja, kata sifat, kata benda dan lain sebagainya. Kamu juga perlu memahami fungsinya.
Ditandai Khusus
Arti dari kata adalah sebuah unsur bahasa yang susunannya terdiri dari kumpulan huruf atau unit yang memiliki sebuah arti, sehingga dapat berfungsi untuk membentuk kalimat, frasa, dan klausa. Arti dari kata bertujuan sebagai satuan gramatikal terkecil yang mempunyai makna serta arti, sehingga bisa disusun menjadi suatu bentuk kalimat, klausa, dan frasa. Arti dari kata sangat penting dalam bahasa karena mampu menunjukkan dan menerangkan tentang suatu benda, waktu, sifat, dan sebagainya.

Memasangkan kosakata dengan artinya dalam kegiatan ini tidak sekadar menebak, tetapi merupakan langkah awal untuk membuka diskusi. Kegiatan utama yang menjadi sasaran adalah beraktivitas dengan kamus

Pada teks Smong, Kearifan Lokal untuk Mitigasi Bencana beberapa teks ditandai khusus dengan menggunakan warna kuning. Beberapa teks yang ditandai antara lain tsunami, petuah,mitigasi, historis, tutur, dan cengkih

Perhatikan kata-kata yang ditandai kuning dalam teks “Smong, Kearifan Lokal untuk Mitigasi Bencana”. 
  1. Pasangkan kata dengan artinya, catat di buku tulis kalian.
  2. Periksa silang jawaban kalian dengan teman.
  3. Periksa ulang artinya dalam kamus.
KataArti
tsunamin gelombang laut dahsyat (gelombang pasang) yang terjadi karena gempa bumi atau letusan gunung api di dasar laut (biasanya terjadi di Jepang dan sekitarnya)
petuahn nasihat orang alim; pelajaran (nasihat) yang baik
mitigasin tindakan mengurangi dampak bencana
historisa berkenaan dengan sejarah; bertalian atau ada hubungannya dengan masa lampau; a bersejarah
tuturn ucapan; kata; perkataan
cengkihn pohon berdaun lebat, berbunga harum, digunakan sebagai rempah-rempah

Demikian pembahasan mengenai Menemukan Arti Kata yang Ditandai Khusus. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Sumber : Buku Bahasa Indonesia Kelas IX Kurikulum Merdeka, Kemendikbud
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 8:11 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.