Home » , , , » Mencermati Isi Surat Pembaca

Mencermati Isi Surat Pembaca

Pada pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII Kurikulum Merdeka terdapat pembahasan tentang Mencermati Isi Surat Pembaca. Tujuan Pembelajaran kali ini adalah peserta didik mendiskusikan perbandingan surat pembaca dan surat resmi dengan merujuk pada informasi pendukung, yaitu aspek surat, dengan baik.

Surat pembaca merupakan salah satu jenis surat yang ditulis oleh pembaca dan nantinya akan dimuat di surat kabar, tabloid, atau majalah. Jenis surat ini bisa berisi banyak bentuk, seperti tanggapan, kritik, saran, keluhan, ajakan, imbauan, ucapan terima kasih, dan lain sebagainya. 

Karena itu, surat pembaca ini bisa memiliki banyak motif dalam pembuatannya, dari informasi, keluhan, kritik, pujian hingga saran. Pembuatan surat pembaca ini dilakukan sebagai media komunikasi antara pembaca dengan media yang akan menerbitkan. Selain itu, surat pembaca juga bisa menjadi perantara antara orang ketiga dengan orang pertama.

Surat pembaca memiliki beberapa tujuan yang membedakan dengan jenis surat lainya. Beberapa tujuan dari dibuatnya surat pembaca. adalah untuk memberikan pemberitahuan, memberikan keluhan, memberikan tanggapan, memberikan saran, memberkan kritikan..

Ada  beberapa ciri surat pembaca yang dapat diamati untuk membedakannya dari jenis surat lain. Pada surat pembaca akan ada barisan pesan yang bisa berisi keluhan, pujian, imbauan, undangan, dan lain sebagainya. Surat pembaca ini juga bisa berupa balasan yang disampaikan atas keluhatan dari surat yang sebelumnya dikirim.

Pada surat pembaca adalah memiliki sifat umum yang artinya boleh dibaca banyak oleh banyak orang. Sebuah surat pembaca akan ditampilkan pada surat kabar yang nantinya bisa dibaca bayak orang. Selain itu, ciri lain dari surat pembaca alah memiliki kalimat singkat, padat, dan jelas.

Umumnya surat pembaca hanya terdiri dari satu sampai empat paragraf. Lalu isi pada surat pembaca ini akan langsung menyampaikan ke pokok pembicaraan. Sebuah surat pembaca juga harus mengunakan bahasa yang baku dan sopan, serta komunikatif.

Saat membuat surat pembaca harus mencantumkan nama dan alamat yang jelas. Namun penulisan alamat hanya untuk keperluan redaksi surat kabar atau majalah. Nantinya nama dan alamat penulis surat akan dihilangkan saat surat pembaca ditampilkan di media. Hal itu dilakukan untuk menjaga data pribadi dari orang yang mengirimkan surat pembaca.

Berdiskusi
Selain surat kepada seseorang yang dikenal, contoh lain surat pribadi adalah surat pembaca kepada surat kabar. Pelajari Surat Pembaca pada Harian Kompas berikut. Lamanya Proses Perubahan Kartu Keluarga di  Kelurahan Bakti Sari
Mencermati Isi Surat Pembaca

No.AspekInformasi dalam Surat 1Informasi dalam Surat 2
1.Pengirim suratKetua OSIS SMP Pelita Bangsa, Mutiara BelviaBapak Andito
2.Penerima suratKetua Murid Kelas VII, VIII, dan IXHarian Kompas
3.Tempat dan tanggal dibuatnya suratBandung, 05 Oktober 2020Jumat, 02 Oktober 2020
4.Alamat pengirimJalan Mangkubumi Permai 123, BandungJl, Merawan III, Kelurahan Bakti Sari.
5.Alamat penerimaSMP Pelita Bangsa, BandungTidak ada
6.Tujuan dibuatnya suratMengundang untuk menghadiri rapat prakegiatan bazar dan malam gembira. Menanyakan waktu proses dan biaya perubahan Kartu Keluarga (KK) 

Demikian pembahasan mengenai Mencermati Isi Surat Pembaca. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Sumber : Buku Bahasa Indonesia Kelas VII Kurikulum Merdeka, Kemendikbud
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 2:56 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.