Home » , , , » Mengidentifikasi Fakta dan Opini di Ruang Bincang

Mengidentifikasi Fakta dan Opini di Ruang Bincang

Pada pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII Kurikulum Merdeka terdapat pembahasan tentang Mengidentifikasi Fakta dan Opini di Ruang Bincang. Tujuan Pembelajaran kali ini adalah peserta didik mengembangkan analisis dan refleksinya dengan menulis saran untuk pengambilan keputusan secara bijak.

Pada saat membaca informasi di media sosial, kalian perlu dapat mengenali informasi yang benar dan akurat. Selain mempelajari latar belakang dan kepakaran pemberi informasi pada media sosial, kalian juga perlu memilah informasi yang bersifat faktual dan informasi yang bersifat opini.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), fakta adalah hal (keadaaan, peristiwa) yang merupakan kenyataan, sesuatu yang benar-benar ada atau terjadi. Opini adalah pendapat, pikiran, pendirian.

SITUS MASALAH
Bacalah kembali teks “Situs Masalah” dengan saksama dan bayangkan kalian adalah salah satu murid di SMP Citra Cemerlang. Apa pendapat yang akan kalian tuliskan untuk membantu masalah penampilan tanpanama_X13B? Apakah kalian akan menyarankan drama atau menyanyi? Berikan alasan kalian dan jangan lupa, buat nama samaran kalian, ya!
Nama Samaran :
kutuloncat
Hari dan tanggal:
12 Oktober 2020
Saran untuk tanpanama_X13B:
Utarakan kekhawatiranmu pada timmu sehingga kalian bisa berdiskusi dan mengambil keputusan. Lebih cepat lebih baik. Apa pun pilihan kalian nanti, kau masih punya banyak waktu untuk berlatih. Semangat, ya!

Pada kegiatan menulis, kalian telah membuat nama samaran dan mencoba memberikan saran terhadap masalah tanpanama_X13B? Sekarang bayangkanlah kalian menjadi tanpanama_X13B yang akan membuat keputusan tentang penampilan kalian di panggung sekolah. Kalian akan memilih saran penanggap dengan mempertimbangkan saran yang sesuai dengan situasi yang kalian hadapi. Salah satu cara untuk memilih saran adalah dengan memilah fakta dan opini dari saran tersebut.
  1. Fakta dalam saran penanggap dapat berupa pengalamannya yang berhasil.
  2. Opini dalam saran penanggap adalah pendapatnya tentang situasi yang dihadapi oleh tanpanama_X13B.
Kalian dapat mengelompokkan fakta dan opini tersebut pada tabel berikut.

Mengelompokkan Fakta dan Opini Situs Masalah
No.Nama PenanggapFakta Opini
1.Einstein KuadratPanggung sekolah ada sejak 20 tahun yang lalu dan tidak pernah ada yang mati. Kita hanya akan tampil selama 30 menit.-
2.Peserta Didik Biasa-Panggung sekolah itu menyenangkan.
3.Abang Senior-Buat penampilan lucu, orang-orang selalu suka tertawa meski terkadang kau harus terlihat bodoh.
4.Kodok Mania-Selalu menyenangkan mendengarkan lagu yang dinyanyikan harmonis kemudian berubah menjadi sedikit fals.
5.Doyan JajanAku pernah menampilkan pantomim, hal yang paling kusukai. Meski aku tahu kebanyakan penonton tidak mengerti maksud pantomimnya, mereka tetap tertawa dan bertepuk tangan keras.-
6.Gadis Hujan-Kalaupun kau melupakan naskah dramanya, paling-paling penonton akan tertawa 
7.JagoanTelat-Hal apa yang paling kau sukai? Drama atau menyanyi? Tampilkan hal tersebut. Kalau kau menyukainya, orang lain pun akan menyukainya 

Keputusan penampilanku: drama/menyanyi *coret salah satu

Ruang Bincang Tim Duta Adiwiyata
Tim Duta Adiwiyata SMP Negeri 13 mendiskusikan cara untuk meningkatkan kebersihan kawasan jajanan kaki lima di depan sekolah di ruang bincang media sosial mereka. Ikuti perbincangan mereka dengan Pak Surya, guru pembimbing mereka. 
Fakta dan Opini
Ide untuk program Adiwiyata :Alasan
Kebersihan di Sekitar Sekolah : DramaPasti menyenangkan dan menjadi pengalaman baru dapat bermain drama di depan para pedagang. Hal ini akan menjadi tantangan juga bagi kita, bagaimana menyajikan drama yang menarik dan meninggalkan kesan bagi mereka sehingga mereka lebih menyadari pentingnya kebersihan di lingkungan sekitar.

Kalian telah mencoba memberikan ide untuk Tim Duta Adiwiyata SMP Negeri 13. Kalian akan mempertimbangkan setiap saran yang sesuai dengan situasi yang kalian hadapi. Salah satu cara untuk membuat keputusan adalah dengan memilah fakta dan opini dari saran-saran tersebut. Kalian dapat mengelompokkan fakta dan opini tersebut pada tabel berikut.

Mengelompokkan Fakta dan Opini Ruang Bincang Tim Duta Adiwiyata
No.Nama PenanggapFaktaOpini
1.DirlyBanyaknya sampah di selokan sekolah.-
2.Vini-Saya tidak yakin mereka akan membacanya
3.TataTidak semua pedagang memiliki tempat sampah
  1. Tempat pembuangan sampah cukup jauh, di ujung gerbang sekolah.
  2. Saya rasa, mereka semua suka menonton, kita masuk melalui drama saja!
4.Lintang-Bagaimana kalau membuat poster?
5.Agung-
Sepertinya kurang sosialisasi, karena sampah basah dan sampah kering tetap tercampur

Keputusan program: Drama

Demikian pembahasan mengenai Mengidentifikasi Fakta dan Opini di Ruang Bincang. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Sumber : Buku Bahasa Indonesia Kelas VII Kurikulum Merdeka, Kemendikbud
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 10:45 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.