Home » , , , » Membandingkan Informasi di Ruang Bincang Daring

Membandingkan Informasi di Ruang Bincang Daring

Pada pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII Kurikulum Merdeka terdapat pembahasan tentang Membandingkan  Informasi di Ruang Bincang Daring. Tujuan Pembelajaran kali ini adalah peserta didik mendiskusikan analisisnya terhadap informasi di ruang bincang daring dengan memberikan saran untuk pengambilan keputusan secara kritis.

Media sosial merupakan suatu platform digital yang menyediakan fasilitas untuk melakukan aktivitas sosial bagi setiap penggunanya. Beberapa aktivitas yang dapat dilakukan di media sosial, misalnya yaitu melakukan komunikasi atau interaksi hingga memberikan informasi atau konten berupa tulisan, foto dan video. Berbagai informasi dalam konten yang dibagikan tersebut dapat terbuka untuk semua pengguna selama 24 jam penuh.

Media sosial sendiri pada dasarnya adalah bagian dari pengembangan internet. Kehadiran beberapa dekade lalu telah membuat media sosial dapat berkembang dan bertumbuh secara luas dan cepat seperti sekarang. Hal inilah yang menjadikan semua pengguna yang tersambung dengan koneksi internet dapat melakukan proses penyebaran informasi atau konten kapan pun dan di mana pun.
.
Media sosial tidak hanya kita gunakan untuk berkomunikasi, tetapi juga mencari informasi. Mencari informasi yang benar dan akurat tidak mudah karena media sosial dan situs internet menghadirkan informasi yang beragam. Salah satu cara menilai kebenaran informasi adalah meneliti kepakaran tokoh yang menuliskan informasi tersebut. Sekarang amati percakapan pada ruang bincang ini, lalu diskusikan pertanyaan di bawahnya dengan teman kalian.
Ruang Bincang Daring
Tidak setiap dari kalian memelihara dan memahami cara merawat kucing. Namun demikian, kalian dapat membantu Tira mencari solusi untuk kucingnya. Berikan usulan kepada Tira tentang nama penanggap pada ruang bincang di atas yang pendapatnya dapat dipercaya. Perhatikan juga penanggap yang menyampaikan usulannya dengan santun dan penuh empati terhadap Tira. Kalian dapat mengetahui tanggapan yang penuh empati apabila:
  • tanggapan ditulis dengan bahasa yang baik dan santun; kalian telah membahasnya pada bagian B pada bab ini,
  • penanggap menyampaikan simpati terhadap masalah yang dialami oleh penanya,
  • penanggap menyampaikan penghargaan terhadap tindakan yang telah dilakukan penanya, dan
  • penanggap memberikan semangat kepada penanya. Tuliskan usulan kalian, alasan memilihnya, serta nama penanggap yang santun pada tabel di bawah ini, ya. Tuliskan pula kalimat tanggapan yang santun tersebut. Kemudian, diskusikan jawaban kalian pada tabel ini dengan teman kalian.
AspekUsulan SayaUsulan Teman Saya
 Nama Penanggap
drh. Puspa Restiningtyas
Mama 3 Kucing
 Alasa memilihnya
Profesinya sebagai dokter hewan, jadi pendapat dan sarannya dapat dipercaya.
Memelihara banyak kucing jadi pasti punya banyak pengalaman yang terpercaya. Sarannya mudah dipraktikkan.
Penanggap yang santun dan kalimat tanggapan yang empatik
Memiliki kucing tua memang membutuhkan perhatian lebih, tetapi Tira harus bangga dan bahagia sebagai pemilik karena memiliki kucing berumur panjang. Hal ini menandakan Tira termasuk pemilik yang bertanggung jawab. Selamat! Semoga Mabel segera mau makan kembali. 
Biasa dikasih makan apa? Kalau biasa makanan kering, sudah coba makanan lembek?

Dengan memberikan saran kepada pengguna media sosial, kalian berlatih membandingkan informasi dalam ruang bincang daring dan memberikan saran untuk pengambilan keputusan secara kritis.

Demikian pembahasan mengenai Membandingkan  Informasi di Ruang Bincang Daring. Semoga tulisan ini bermanfaat. 

Sumber : Buku Bahasa Indonesia Kelas VII Kurikulum Merdeka, Kemendikbud
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 9:57 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.