Home » , , » Pembahasan Soal Modul 7 Evaluasi Projek

Pembahasan Soal Modul 7 Evaluasi Projek

Profil pelajar Pancasila merupakan gambaran pelajar Indonesia yang merupakan pelajar sepanjang hayat yanag kompeten, berkarakter, dan berperilaku sesuai dengan nilai- nilai Pancasila. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan pembelajarn lintas disiplin ilmu dalam mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan dilingkungan sekitar untuk menguatkan berbagai kompetensi dalam profil pelajar Pancasila.

P5 adalah pembelajaran lintas disiplin ilmu untuk mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan di lingkungan sekitarnya. P5 menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis projek (project-based learning) yang berbeda dengan pembelajaran berbasis proyek dalam program intrakurikuler di dalam kelas.
Pancasila
A. Evaluasi Projek
Evaluasi adalah rangkaian terakhir dari kegiatan projek penguatan profil pancasil. Pelaksanaan projek untuk penguatan Profil Pelajar Pancasila mulai marak diterapkan di beberapa satuan pendidikan. Memang tidak semua satuan pendidikan akan melaksanakan projek untuk mewujudkan kepribadian Profil Pelajar Pancasila. Sebab penerapan Kurikulum Merdeka hanya diterapkan oleh beberapa satuan pendidikan di wilayah saja. Agar pelaksanaannya bisa berjalan sempurna, maka perlu diadakan evaluasi agar dapat digunakan sebagai perbaikan projek di masa depan.

Dalam evaluasi projek, terdapat beberapa prinsip yang dapat kita jadiakn panduan dalam melakukan evaluasi. Dalam video ini prinsip-prinsip tersebut dijelaskan dalam konteks, sehingga membantu kita untuk dapat melakukan evaluasi projek yang tepat guna. Hal yang harus diperhatikan dalam evaluasi implementasi projek profil:
  1. Evaluasi implementasi projek profil bersifat menyeluruh. Evaluasi ini bukan hanya terhadap pembelajaran peserta didik, tetapi juga terhadap proses pembelajaran pendidik dalam menyiapkan aktivitas projek profil juga kesiapan satuan pendidikan dan lingkungan satuan pendidikan lain dalam menjalankan projek profil.
  2. Evaluasi implementasi projek profil fokus kepada proses dan bukan hasil akhir. Jadi tolak ukur dari evaluasi adalah perkembangan dan pertumbuhan diri peserta didik, pendidik, dan satuan pendidikan. Misalnya: yang dievaluasi bukanlah berapa banyak peserta didik mendapatkan nilai akhir yang tinggi atau kualitas produk, tetapi yang dievaluasi adalah bagaimana dan seberapa jauh peserta didik mengalami pembelajaran dan mengembangkan profil pelajar Pancasila selama projek profil berjalan.
  3. Tidak ada bentuk evaluasi yang mutlak dan seragam. Setiap satuan pendidikan memiliki kesiapan pelaksanaan projek profil yang berbeda, begitu juga dengan kesiapan pendidik dan peserta didiknya dalam mengikuti pembelajaran berbasis projek. Oleh karena itu, evaluasi implementasi projek profil seyogyanya dikembangkan dengan menyesuaikan konteks satuan pendidikan. 
  4. Gunakan berbagai jenis bentuk asesmen yang dilakukan tersebar selama projek profil dijalankan untuk mendapatkan
  5. gambaran yang lebih menyeluruh. Hindari menggunakan hanya satu jenis asesmen yang hanya dilakukan di akhir projek profil.
  6. Libatkan peserta didik dalam evaluasi. Keterlibatan peserta didik penting agar peserta didik merasakan rasa kepemilikan terhadap projek profil, juga agar evaluasilebih menyeluruh.

B. Tindak Lanjut dan Keberlanjutan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
Setelah satuan pendidikan dan pendidik merasa nyaman dan siap dengan pelaksanaan pembelajaran berbasis projek, ada beberapa contoh tindak lanjut yang bisa dilakukan untuk meningkatkan dampak projek profil:
  1. Menjalin kerjasama dengan pihak mitra di luar satuan pendidikan, seperti orang tua, satuan pendidikan lain, juga komunitas, organisasi, dan pemerintah lokal, nasional, bahkan internasional. 
  2. Mengajak lingkungan satuan pendidikanuntuk meneruskan aksi dan praktik baik yang sudah dijalankan selama projek profil. Misalnya: dalam projek profil “Sampahku, Tanggung Jawabku”, praktik baik dalam mengurangi dan mengorganisasi sampah dapat diteruskan dan menjadi kebudayaan dan kebiasaan baik satuan pendidikan.
  3. Mengintegrasikan berbagai projek profil yang ada agar saling mendukung dan bukan berkompetisi. Pihak satuan pendidikan dapat membantu memfasilitasi kerjasama antar peserta didik dari kedua projek profil untuk mengoptimalkan proses pembelajaran 
  4. Mengajak lingkungan satuan pendidikan untuk memikirkan cara mengoptimalkan dampak dan manfaat projek profil. Proses ini dapat mendorong lingkungan satuan pendidikan, terutama peserta didik untuk mengembangkan profil pelajar Pancasila dan menjadi agen perubahan sosial yang aktif terlibat menyelesaikan masalah sosial yang ada di masyarakat

Berikut ini pembahasan mengenai soal Modul 7 Evaluasi Projek

1. Latihan pemahaman
A. Apa itu evaluasi Projek
Berikut adalah beberapa contoh evaluasi projek yang tepat, kecuali...
Jawaban : Evaluasi hanya dari pihak guru
B. Prinsip-prinsip evaluasi projek
Salah satu prinsip evaluasi projek yaitu, kecuali ...
Jawaban : Fokus pada hasil akhir
Saat sudah selesai melakukan projek, tahap selanjutnya adalah melakukan evaluasi. Bagaimanakah sebaiknya contoh tindak lanjut yang dapat kita lakukan?
Jawaban : Menjalin kerjasama dengan pihak mitra terkait yang dapat mendukung tindak lanjut projek ini
2. Post test
1. Berikut adalah prinsip evaluasi projek kecuali...
Jawab : Tidak melibatkan murid dalam evaluasi
2. Kapankah saat yang tepat untuk melakukan refleksi...
Jawab : Semua benar
3. SMA Bintang Juara telah selesai belajar projek. Bagaimana tindak lanjut evaluasi dan keberlanjutan projek yang dapat dilakukan?
Jawab : Mengajak mitra luar untuk kerjasama meneruskan projek yang sudah dilakukan oleh para murid

Demikian pembahasan mengenai Modul 7 Evaluasi Projek. Semoga tulisan ini bermanfaat.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 5:09 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.