Home » , , » Bab 4 Hidup Lapang Dengan Berbagi

Bab 4 Hidup Lapang Dengan Berbagi

Setelah mengikuti proses pembelajaran ini peserta didik mampu meyakini makna zakat, infak, sedekah, dan hadiah dengan benar. Membiasakan perilaku berbagi sebagai bukti menerapkan makna zakat, infak, sedekah, dan hadiah dengan benar. Menjelaskan makna zakat, infak, sedekah, dan hadiah dengan benar. Membedakan makna zakat, infak, sedekah, dan hadiah dengan benar. Menciptakan ide-ide kegiatan yang serupa dengan makna zakat, infak, sedekah, dan hadiah dengan benar. Mempraktikkan makna zakat, infak, sedekah, dan hadiah dengan benar.

A. Zakat
Zakat artinya tumbuh; berkembang; suci;dan berkah. Sebagaimana firman Allah, “Ambillah zakat dari harta mereka, guna membersihkan dan menyucikan mereka,...,"(at-Taubah/9: 103). Sedangkan secaraistilah zakat adalah harta milik seseorang muslim atau milik badan usaha yangwajib dikeluarkan menurut ketentuan syari’at Islam. Zakat ada dua macam yaitu zakat fitrah dan zakat mal. Zakat fitrah dikenal sebagai zakat jiwa sedangkan zakat mal dikenal dengan istilah zakat harta.

1. Zakat Fitrah
Pada bulan Ramadan umat Islam wajib mengeluarkan zakat fitrah. Fitrahmenurut bahasa artinya bersih atau suci. Sedangkan menurut istilah adalah pemberian bahan pokok menjelang hari raya idul fitri dengan syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan. Zakat fitrah hukumnya wajib. Tata cara menunaikan zakat fitrah adalah sebagai berikut :
  1. Zakat fitrah berupa bahan makanan pokok. Banyaknya zakat firah berupa beras yang keluarkan adalah dua setengah kilogram (2,5 kg) beras atau tiga setengah (3,5 liter) beras.
  2. Waktu mengeluarkan zakat fitrah. Zakat fitrah wajib dikeluarkan saat matahari terbenam akhir Ramadan ataupada malam hari raya hingga sebelum salat Idul Fitri. Namun zakat fitrah boleh dikeluarkan selama bulan Ramadan.
  3. Orang yang berhak menerima zakat fitrah. Penerima zakat fitrah ditentukan dalam Al-Qur’an. Yaitu delapan golongan sebagaimana penerima zakat mal. Tetapi golongan yang paling utama penerima zakat fitrah adalah fakir miskin.

2. Zakat mal (harta)
Zakat mal disebut juga zakat harta. Adapun yang termasuk zakat mal adalah hasil perdagangan (perniagaan),hasil pertanian, perkebunan, penangkapan ikan, peternakan, barang temuan,emas dan perak. Penghasilan juga harus dizakati, yang dikenal dengan zakat profesi.
  1. Ketentuan bagi orang yang wajib berzakat. Orang yang wajib berzakat antara lain beragama Islam, baligh dan berakal, bebas dari hutang dan merdeka (bukan budak/hamba sahaya)
  2. Ketentuan harta yang wajib dizakatkan. Harta yang akan dikeluarkan zakatnya memiliki ketentuan antara lain; cara memperolehdengan halal dan baik; hartanya berkembang (memberi keuntungan bagipemilik); hartanya milik sendiri dan memiliki kekuasaan untuk menggunakannya; mencapai satu tahun (haul) dan mencapai nisabnya.

Penerima zakat dinamakan mustahik. Mustahik telah ditetapkan Allah dalam Al-Qur’an surah at-Taubah/9:60
Zakat
“Sesungguhnya zakat itu hanyalah untuk orang-orang fakir, orang miskin, amilzakat, yang dilunakkan hatinya (mualaf), untuk (memerdekakan) hamba sahaya,untuk (membebaskan) orang yang berutang, untuk jalan Allah dan untuk orang yangsedang dalam perjalanan, sebagai kewajiban dari Allah. Allah Maha Mengetahui, Mahabijaksana."(Q.S. at-Taubah/9:60)

Bedasarkan ayat tersebut penerima zakat adalah sebagai berikut.
  1. Fakir yaitu seorang yang tidak tercukupi kebutuhan pokoknya atau tidak memiliki harta. selain itu ia juga tidak memiliki pekerjaan.
  2. Miskin yaitu orang yang memiliki harta tetapi tidak mencukupi untuk kebutuhan pokoksehari-hari untuk dirinya dan keluarga.
  3. Amil yaitu orang yang ditugaskan pemerintah, ditugaskan lembaga zakat, atau imamuntuk mengelola dan mendistribusikan zakat.
  4. Mualaf yaitu orang-orang yang belum kuat keimanannya dalam memeluk agama Islam. 
  5. Riqab adalah usaha memerdekakan hamba sahaya dangan cara membelinya dengan uang zakat. 
  6. Garim yaitu orang yang sedang ditimpa hutang yang banyak dan tidak mampumelepaskan dari hutang tersebut kecuali bantuan orang lain.
  7. Sabilillah yaitu sekelompok orang atau seseorang yang berjuang untuk syiar di jalanagama Islam.
  8. Ibnu sabil yaitu orang-orang yang sedang dan akan melakukan perjalanan dengan tujuan untuk kebaikan, tetapi kekurangan bekal atau biaya dalam perjalanan tersebut.

Aktivitasku
Coba ceritakan pengalaman menunaikan zakat di daerahmu ! Ahmad membayar zakat fitrah tidak menggunakan bahan makanan pokok melainkan menggunakan uang. Bagaimana menurut kalian? dan jelaskan ketentuannya!
Biasanya di daerahku membayar zakat dilakukan kepada panitia zakat di lingkungan. Dilansir dari Badan Amil Zakat Nasional, Zakat fitrah ditunaikan dalam bentuk beras atau makanan pokok seberat 2,5 kg atau 3,5 liter per jiwa. Kualitas beras atau makanan pokok harus sesuai dengan kualitas beras atau makanan pokok yang dikonsumsi kita sehari-hari. Namun beras atau makanan pokok tersebut dapat diganti dalam bentuk uang senilai 2,5 kg atau 3,5 liter beras.
2. Infak
Infak berasal dari kata nafaga yang artinya nafkah. Infak dalam arti luas, mencakup zakat, sedekah dan pemberian sukarela yang dianjurkan. Infak dalamarti khusus adalah sebagian harta seorang muslim yang dikeluarkan atau daribadan usaha untuk kepentingan dan kemaslahatan umum.

Infak merupakan perbuatan baik yang diperintahkan oleh Allah dan Rasul- Nya untuk selalu dilaksanakan oleh hamba-Nya. Banyak keutamaan yang didapatkan oleh orang yang gemar berinfak.Allah Swt berfirman dalam Al-Qur’an surah ali-Imran/3:92 yang berbunyi,
Infak
Terjemahnya:
Kamu tidak akan memperoleh kebajikan, sebelum kamu menginfakkan sebagianharta yang kamu cintai. Dan apa pun yang kamu infakkan, tentang hal itu sungguh, Allah Maha Mengetahui. (Q.S. ali-Imran/3:92)

Ayat tersebut memberikan penjelasan bahwa berinfak adalah amalan yangsangat istimewa. berinfak sebaiknya menggunakan sesuatu yang dicintai danyang bagus dari apa yang kalian miliki. Jangan memberikan infak sesuatu yangkita sudah tidak mengharapkannya.

Aktivitasku
Buatlah catatan harian atau jurnal harian tentang berbagi. Kemudian buatlah rencana untuk membantu orang-orang yang membutuhkan di lingkungan sekitar

C. Sedekah
Sedekah berasal dari kata “sadaga” artinya “benar”. Dengan demikian orang yang bersedekah merupakan orang yang imannya benar. Secara istilah sedekahadalah penyerahan suatu benda dari seorang muslim tanpa dibatasi waktu danjumlah tertentu untuk kebaikan dan semata mengharap rida Allah.Bersedekah merupakan amalan yang sangat dianjurkan Allah, salah satunyafirman Allah dalam surah al-Baqarah/2:177.”
Sedekah
Terjemahnya:
"\..memberikan harta yang dicintainya kepada kerabat, anak yatim, orang-orangmiskin, orang-orang yang dalam perjalanan (musafir), peminta-minta, dan untukmemerdekakan hamba sahaya,” (Q.S al-Baqarah/2:177)

Bersedekah memiliki nilai yang mulia, sedekah juga dapat meredam saatterjadi kebencian, permusuhan, ataupun pertikaian. Karena bersedekahlahdengan cara yang kalian mampu terutama kepada kerabat dekat. Dengan seringbersedekah akan merekatkan keluarga sehingga terhindar dari permusuhan.

Aktivitasku
Bagaimana cara bersedekah agari bernilai di sisi Allah? Mengapakita harus bersedekah?
Sedekah merupakan bagian dari tolong menolong dan saling bahu membahu antara yang satu dan lainnya. Ternyata sebagian dari harta yang telah Allah berikan adalah milik mereka. Sedekah harus dikerjakan dengan penuh ketulusan atau keikhlasan yaitu semata-mata karena Allah.

D. Hadiah
Hadiah merupakan pemberian kepada seseorang dengan maksudmemberikan rasa hormat, memuliakan atapun memberikan penghargaan.Misalnya pada saat kenaikan kelas, memenangkan lomba menulis, lomba pidato,dan lain sebagainya.

Memberi hadiah dengan niat yang tulus hukumnya mubah atau boleh. Dengan tujuan memberikan rasa hormat dan penghargaan, tentu ini sangat baik. Tetapi sebaliknya jika memberikan hadiah dengan mengharap memperoleh kedudukan atau jabatan tentu sangat dilarang. Misalnya ada pemilihan team sepak bola kemudian ada salah satu peserta yang memberi hadiah kepada panitia pemilihan dengan harapan terpilih menjadi anggota team. Pemberian hadiah seperti ini dilarang.

Aktivitasku
Buatlah kado yang indah tidak harus dengan uang namun bisa menggunakan kata-kata indah untuk orang ua. Tunjukkan kepadanya dengan penuh rasa sayang dan hormat.
Hadiah
E. Hikmah Berbagi
Adapun hikmah yang dapat dipetik dari zakat, infak. sedekah, dan hadiah adalah sebagai berikut.
  1. Melipatgandakan rezeki. Berbagi harta dengan orang lain tidak akan mengurangi harta, tetapi sebaliknya Allah Swt. akan melipatgandakan rezeki orang yang berinfak dan bersedekahhingga 10 kali lipat. Pernyataan ini sesuai dengan firman Allah Swt. dalam surah al-An’am ayat/6:160
  2. Menghapus sifat kikir (pelit) Jika sudah terbiasa zakat, infak. sedekah, dan hadiah maka sifat kikir akan terhapus.
  3. Membersihkan harta karena dengan bersedekah atau berinfak akan membersihkan harta sehingga menjadi suci dan bersih. 
  4. Menolak musibah. Sebagai manusia berupaya agar Allah tidak memberikan musibah di antaranya dengan bersedekah sebagaimana Rasulullah menyampaikan” segeralah bersedekah, Musibah tidak akan mendahului sedekah,”(H.R Baihaqi).
  5. Membantu orang lemah. Inilah saatnya memberikan kebahagiaan bagi orang yang lemah. Sehingga mereka menjadi kuat dan termotivasi untuk beramal saleh.

Aktivitasku
Apa yang kamu ketahui tentang BAZNAS? Apa Tugas-tugas BAZNAS? Apa peran BAZNAS dalam membangun masyarakat?
  1. Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) merupakan lembaga yang melakukan pengelolaan zakat secara nasional. Lembaga pemerintahan nonstruktural yang bersifat mandiri dan bertanggung jawab kepada Presiden melalui Menteri Agama.
  2. Tugas BAZNAS : Mengarahkan masyarakat mencapai kesejahteraan baik fisik maupun non fisik melalui pendayagunaan zakat. Meningkatkan status mustahik menjadi muzakki melalui pemulihan, peningkatan kualitas SDM, dan pengembangan ekonomi masyarakat. Mengembangkan budaya “memberi lebih baik dari menerima” di kalangan mustahik.
  3. Peran BAZNAS dalam membangun masyarakat adalah Dalam peranannya, Baznas berfungsi dalam mengembangkan ekonomi ummat pada umumnya dan khususnya pemberdayaan potensi masyarakat yang berekonomi lemah dengan adanya program zakat produktif dengan tujuan bisa membantu ekonomi dan kesejarahteraan masyarakat miskin

Aktivitas Kelompok
Ada sebuah keluarga yang terdiri dari suami istri dan tiga orang anak. Di akhir bulan Ramdan hingga matahari terbenam mereka kebingungan karena beras yang akan digunakan untuk membayar zakat fitrah hanya cukup untuk tiga orang. Mereka juga tidak cukup uang uang untuk membeli beras lagi. Sementara batas waktu memabayar hingga sebelum salat idulfitri.Diskusikan permasalah tersebut!

Ayo Bermain
da sebuah keluarga yang terdiri dari suami istri dan tiga orang anak. Di akhir bulan Ramdan hingga matahari terbenam mereka kebingungan karena beras yang akan digunakan untuk membaya zakat fitrah hanya cukup untuk tiga orang. Mereka juga tidak cukup uang uang untukmembeli beras lagi. Sementara batas waktu memabayar hingga sebelum salat idulfitri.Diskusikan permasalah tersebut!
Ayo Bermain
Demikian pembahasan mengenai Bab 4 Hidup Lapang Dengan Berbagi. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Sumber : Buku PAIBP Kelas V Kurikulum Merdeka, Kemendikbud

Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 8:23 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.