Home » , , » Mengapresiasi Pagelaran Musik Pop melalui Media Elektronik

Mengapresiasi Pagelaran Musik Pop melalui Media Elektronik

Pada pembelajaran Seni Musik Kelas V Sekolah Dasar Kurikulum Merdeka terdapat kegiatan Mengapresiasi Pagelaran Musik Pop melalui Media Elektronik. Tujuan Pembelajaran kali ini adalah peserta didik mampu mengapresiasi pertunjukan musik yang ditonton melalui media elektronik, seperti video dari VCD/DVD, televisi, maupun YouTube. Dalam Kegiatan Belajar ini yang menjadi bahan pembelajaran adalah penampilan penyanyi dan pemain musik.

Musik telah mengalami perkembangan yang pesat. Saat ini,berbagai warna musik telah muncul untuk memberikan variasi aliran musik. Aliran musik yang sedang menjadi tren dewasa ini adalah Ballad / Pop (yang biasa dimainkan oleh boy band), Rock (termasukhip metal dan punk), Black Music ( R&B, hip hop, rap dan seterusnya)juga Jamaican Music (ska, dan reggae). Seperti halnya manusia,setiap aliran tersebut memiliki watak dasar yang berbeda, ada yang lemah lembut ataupun keras.

Pada tulisan ini hanya akan berfokus pada musik pop saja. Musik pop atau musik populer adalah satu di antara genre musik yang terkenal, bahkan genre musik pop bisa dibilang sebagai aliran musik paling banyak dinyanyikan para penyanyi dan band di seluruh dunia. Lagu-lagu pop biasanya diciptakan dengan aransemen sederhana yang mudah diingat. Selain itu, melodi lagu pop biasanya bisa digunakan pada berbagai karakter lirik lagu dan bisa dikombinasikan dengan aliran musik lain.
Anneth
Pertunjukan merupakan kegiatan kesenian, baik pertunjukan musik, drama, atau pertunjukan lainnya. Sedangkan musik yaitu nada atau suara yang disusun sehingga mengandung irama, lagu, dan keharmonisan (terutama menggunakan alat-alat yang dapat menghasilkan bunyi itu). Pertunjukan musik adalah suatu penyajian fenomena bunyi yang disajikan dalam bentuk musik dengan kualitas. DI mana pertunjukan tersebut dapat didengar dan dinikmati oleh manusia.

Persiapan dan Peralatan yang Diperlukan
Guru mempersiapkan peralatan sebagai berikut:
  1. VCD/DVD yang berisi video pertunjukan musik pop atau link YouTube tentang pertunjukan musik pop yang pantas ditonton anak-anak usia SD.
  2. DVD player, laptop, atau gawai yang bisa memutar video (boleh dipilih salah satu).
  3. Televisi atau proyektor (jika tersedia).
  4. Buku dan alat tulis (untuk peserta didik).

Langkah 1
Guru memutar video yang sudah dipersiapkan dan peserta didik menyimak video yang diputar dari awal hingga akhir.

Langkah 2
Guru meminta peserta didik untuk mempersiapkan buku dan alat tulis. Selanjutnya, guru memutar kembali video dari awal dan meminta peserta didik mendeskripsikan hal-hal sebagai berikut:Contoh Tabel untuk diisi oleh peserta didik.
Judul Lagu dan ArtisJumlah Pemain yang Mengiringi LaguJumlah PenyanyiJenis Musik/Irama
Lagu Cinta Untuk Mama - D'SISTERS-4 OrangPopuler
Sampai Akhir Nanti - D'Sisters1 orang4 orangPopuler
Pelangiku- Anneth-1 orangPopuler
Langit Malam - Starfire4 orang1 orangPopuler

Langkah 3: 
Mendeskripsikan dan mendokumentasikan pertunjukan
1. Mendeskripsikan dalam bentuk tulisan mengenai pertunjukan yang dilihat
  • Bagaimana tanggapan peserta didik mengenai musik yang telah ditonton?
  • Apakah peserta didik terhibur?
  • Setelah mengamati permainan musik pada video tersebut, peran/ permainan apa yang ingin peserta didik pelajari?
Pertunjukkan yang saya saksikan sangat menarik dan menghibur. Khusunya lagu Cinta Untuk Mama yang dibawakan oleh D'SISTERS. Lagu tersebut Lagu Cinta Untuk Mama ini masih sangat populer hingga saat ini. Lagu ini sangat cocok untuk diputar ketika sedang merayakan momen Hari Ibu untuk mengucapkan rasa terima kasih atas peran seorang ibu selama ini.

Setelah mengamati pertunjukkan saya ingin mempelajari bagaimana cara menyanyikan lagu dengan baik. Bernyanyi akan membuat kita lebih bahagia. Hal ini penting karena bernyanyi akan membuat lebih merasa bahagia.
2. Memberikan kesan terhadap pertunjukan yang ditonton
  1. Peserta didik memberikan kesan, apakah penampilan para musisi ataupun penyanyi sangat bagus, cukup bagus, biasa saja, atau kurang bagus.
  2. Melihat penampilan para musisi dan penyanyi, apakah memicu semangat peserta didik untuk lebih giat belajar musik dan ingin seperti mereka.
Penampilan yang ditunjukkan oleh D'SISTERS sangat luar biasa. Mereka benyanyi dengan kompak dan saling mengisi sehingga lagu menjadi lebih enak didengar. Melihat penampilan mereka membuat saya bersemangat untuk belajar musik dan ingin menjadi penyanyi seperti mereka.

Demikian pembahasan mengenai Mengapresiasi Pagelaran Musik Pop melalui Media Elektronik. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Sumber : Buku Seni Musik Kelas V Kurikulum Merdeka.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 11:07 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.