Home » , , » Menyanyikan Lagu Rambadia, Ondel Ondel dan Sajojo

Menyanyikan Lagu Rambadia, Ondel Ondel dan Sajojo

Pada pembelajaran seni musik Kelas IV Sekolah Dasar Kurikulum Merdeka terdapat kegiatan Menyanyikan Lagu Rambadia, Ondel Ondel dan Sajojo. Tujuan kegiatan pembelajaran kali ini adalah peserta didik dapat mengenali keberagaman bahasa dan musik-musik daerah di Indonesia. Peserta didik dapat mengambil sebuah keputusan sesuai preferensinya. Peserta didik dapat mengekspresikan dirinya dalam menampilkan lagu pilihannya.

Pada pembelajaran ini terdapat tiga lagu daerah yang dipilih berdasarkan suasana lagu yang cenderung riang, memiliki pola melodi yang lebih dari satu tema, dan pola irama yang cukup variatif. Dengan latar belakang tersebut diharapkan para peserta didik dapat antusias dalam mempelajari lagu daerah di Indonesia.

1. Rambadia 
Lagu Rambadia berasal dari Tapanuli, Sumatera Utara yang mendeskripsikan tentang tegur sapa masyarakat suku Batak Toba dengan orang baru atau ucapan salam kenal masyarakat Batak kepada pendatang yang datang ke tanah mereka.
Rambadia
Tegur sapa ini umumnya dilakukan dengan menanyakan asal daerah, dan marga karena budaya masyarakat Batak yang lebih sering bertanya mengenai identitas marga atau rumpunnya daripada namanya. Bila marga atau rumpunnya sama maka akan terjalin kerukunan dan persatuan yang baik.

2. Ondel-ondel
Lagu Ondel-ondel merupakan lagu daerah yang berasal dari ibukota negara Indonesia, yakni Jakarta. Ondel-ondel sebagai hiburan digerakkan seperti seolah-olah sedang menari diiringi musik. Pada masa pemerintahan Gubernur Ali Sadikin, Ondel-ondel ditetapkan sebagai symbol kota Jakarta. Ondel-ondel juga menjadi inspirasi bagi pencipta lagu yang bernama Djoko Subagjo. Lagu “Ondel-ondel” diciptakan oleh Djoko Subagjo pada tahun 1970 dan dinyanyikan untuk pertama kali oleh seniman Betawi yang bernama Benyamin Sueb.
Ondel
Lagu Ondel-ondel menceritakan keunikan boneka khas Jakarta, sekaligus mengajak pendengar untuk menonton kesenian Ondel-ondel. Lagu Ondel-ondel dinyanyikan dengan suasana yang ceria dan biasanya dinyanyikan pada pesta rakyat Betawi, seperti sunatan, pernikahan adat Betawi, atau acara ulang tahun Kota Jakarta. Pada tahun 2017, lagu “Ondel-ondel” digunakan untuk mengiringi tari massal Ondel-ondel Betawi dalam kirab kebangsaan memperingati hari Pahlawan di lapangan Monas. Hal tersebut merupakan upaya pemerintah dalam melestarikan lagu “Ondel-ondel” sebagai budaya daerah Jakarta. Berikut partitur lagu Ondel-ondel:

3. Sajojo
Sajojo merupakan lagu daerah yang berasal dari Papua Barat. Sajojo adalah lagu yang menceritan tentang sebuah kisah perempuan cantik dari desa. Perempuan yang dicintai ayah dan ibu berikut para laki-laki desa. 
Sajojo
Perempuan yang didamba laki- laki untuk bisa berjalan-jalan bersamanya. Meskipun gerakan tari ini tidak terlalu menggambarkan lirik lagu tersebut, namun iramanya yang penuh keceriaan dalam lagu tersebut sangat cocok dengan gerakan Tari Sajojo yaitu dengan meloncat, bergerak ke depan, ke belakang, ke kiri maupun ke kanan dengan ritme dan ketegasan gerak yang tentunya setiap penari mengupayakan kesamaan gerak dengan penari lainnya supaya terlihat kompak.

Demikiian pembahasan mengenai Menyanyikan Lagu Rambadia, Ondel Ondel dan Sajojo. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Sumber : Buku Seni Musik Kelas IV Kurikulum Merdeka, Kemendikbud
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 8:21 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.