Home » » SBdP Kelas VI Tema 8 Subtema 3 Reklame

SBdP Kelas VI Tema 8 Subtema 3 Reklame

Pada pembelajaran kelas VI Tema 8 Bumiku Subtema 3 Bumi, Matahari, dan Bulan terdapat muatan pembelajaran SBdp. Kompetensi yang diajarkan pada subtema tersebut adalah KD 3. 1 Memahami Reklame dan KD 4.1 Membuat Reklame. Berikut ini pembahasan mengenai materi tersebut.

Pembelajaran 2 Subtema 3
Pada Pembelajaran 2 Tema 8 Subtema 3 Bumi Matahari dan Bulan terdapat  kegiatan Ayo Berkreasi

Reklame adalah media periklanan dan pemberitaan. Reklame bertujuan menyebabkan informasi kepada khalayak ramai tentang suatu produk atau pesan lain. Reklame dibuat dengan maksud menarik perhatian masyarakat.

Reklame yang baik bukan sekadar menarik perhatian khalayak ramai. Isi reklame harus dapat menggerakkan keinginan orang untuk membeli produk yang direklamekan. Beberapa contoh reklame adalah :
Aneka Jenis Reklame
  1. Iklan. Pemberitahuan kepada khalayak mengenai barang atau jasa yang dijual, dipasang di dalam media massa (seperti surat kabar dan majalah) atau di tempat umum.
  2. Spanduk. Spanduk adalah kain rentang yang berisi slogan, propaganda, atau berita yang perlu diketahui umum.
  3. Brosur. Brosur merupakan reklame yang dibuat pada selembar kertas dengan isi informasi yang lebih rinci dan jelas, disampaikan dengan cara disebarluaskan secara langsung agar dibaca dan dipahami konsumen/target.
  4. Embalase. Embalase adalah jenis reklame yang ditempatkan langsung pada kemasan produk, berfungsi sebagai daya tarik, pemberitahuan, informasi tentang produk tersebut.
  5. Poster. Poster adalah jenis reklame berupa selembaran kertas yang berisi gambar dan tulisan yang dibuat semenarik mungkin dan ditempatkan dengan cara ditempel di tempat-tempat umum yang strategis.
  6. Baliho. Baliho adalah jenis reklame yang berisi gambar/tulisan menarik dan informatif dengan ukuran besar, ditempatkan di tempat umum dan strategis menggunakan tiang besar dan kuat dan bersifat semi permanen.

Ayo Berkreasi
Persiapkan sebuah kegiatan pameran informasi. Bentuklah kelompok kerja yang terdiri atas tiga atau empat orang. Sajikan kembali semua informasi yang telah kamu dapatkan dan pelajari sebelumnya tentang gerhana matahari dan gerhana bulan.

Kamu boleh menggunakan catatanmu atau hasil-hasil belajar sebelumnya sebagai bahan yang akan kamu pamerkan dan presentasikan. Supaya menarik, buatlah reklame pameranmu dalam bentuk brosur, buatlah semenarik mungkin dan tempelkan di dinding kelas. Sajikan kalimat informasi dalam katalog yang kamu buat. Perhatikan komposisi huruf dan gambar, kontras warna dan tata letaknya.
Pameran Informasi

Pembelajaran 5 Subtema 3
Pada Pembelajaran 5 Tema 8 Subtema 3 Bumi Matahari dan Bulan terdapat kegiatan Ayo Berkreasi.

Pada pembelajaran 5 subtema 3 terdapat kegiatan membuat penanggalan dalam bentuk media visual. Media visual adalah media yang digunakan untuk menyampaikan informasi dalam bentuk visual. Media visual ini harus dibuat dengan menarik dan mudah dipahami oleh pembaca. Kita dapat menjelaskan sistem penanggalan Masehi dan Hijriah dalam bentuk media visual. Sebelum melakukan presentasi sebaiknya ingat kembali poin-poin penting yang akan disampaikan dalam presentasi.

Buatlah kelompok kerja yang terdiri atas empat orang. Sajikan kembali informasi yang sudah kamu dapatkan sebelumnya tentang kalender Masehi dan Hijriah secara visual dengan membuat kalender. Buatlah dua kalender dengan sistem penanggalan Masehi dan Hijriah yang dilengkapi dengan penjelasan tentang tahun Masehi dan Hijriah.

Persiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan
  1. Kertas gambar A3
  2. Pensil warna/spidol warna
  3. Kalender Masehi dan Kalender Hijriah sebagai acuan

Kalender Masehi (Hanya contoh dan tidak lengkap 12 bulan)
Kalender Masehi

Kalender Hijriah (Hanya 1 bulan karena tempat tidak muat)
Kalender Hijriah
Presentasikan kalender yang kamu buat. Jelaskan bagian-bagian kalender dan bagaimana cara menggunakan kalender tersebut.

Untuk membuat presentasimu menarik, buatlah reklame untuk mengiklankan presentasi yang akan kamu lakukan. Pilihlah salah satu jenis reklame yang menurutmu paling tepat untuk mengiklankan presentasimu.

Pastikan reklame yang kamu buat berisi informasi yang menarik dan mudah dipahami. Cantumkan topik presentasimu dan kapan presentasi itu akan dilakukan.
Reklame Presentasi Kalender
Presentasi Kalender Masehi dan Kalender Hijriyah
Nama saya Udin dari kelas VI SDN Nusantara di sini saya akan mempresentasikan materi tentang Kelender Masehi dan Kalender Hijriah.

Perputaran Bumi mengelilingi Matahari dan perputaran Bulan mengelilingi Bumi digunakan untuk menentukan tahun Masehi dan tahun Hijriah. Sistem penanggalan Masehi ditentukan berdasarkan kala revolusi bumi. Sistem penanggalan Hijriah ditentukan berdasarkan kala revolusi bulan.

A. Tahun Masehi
Tahun Masehi pertama kali ditetapkan oleh Julius Cesar (Romawi) pada tahun 47. Julius Cesar menetapkan jumlah hari dalam satu tahun 365 hari.

Tahun Masehi juga disebut tahun Syamsiah atau tahun Matahari. Tahun Masehi ditentukan berdasarkan kala revolusi bumi. Kala revolusi bumi adalah 365 1/4 hari. Jumlah seperempat hari dikumpulkan dan dijadikan sehari pada tahun kabisat. Tahun kabisat adalah tahun bilangannya habis dibagi 4 (empat), misalnya tahun 2000, 2004, dan 2008. Pada tahun kabisat ini jumlah hari di bulan pebruari menjadi 29 hari. Pada tahun kabisat Masehi jumlah harinya menjadi 366 hari dalam setahun.

Satu tahun Masehi dibagi menjadi 12 bulan dengan pembagian jumlah hari sebagai berikut.: Januari 31, Pebruari 28/29 (kabisat), Maret 31, April 30, Mei 31, Juni 30, Juli 31, Agustus 31, September 30, Oktober 31, November 30, dan Desember 31 hari.

B. Tahun Hijriah
Kalender hijriah pertama kali digunakan pada masa pemerintahan Umar bin Khattab. Tahun 1 hijriah ditentukan berdasarkan hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Mekkah ke Madinah. Nabi Muhammad SAW hijrah pada 622 masehi lalu. 

Tahun Hijriah juga disebut tahun Komariyah atau tahun Bulan. Tahun Hijriah ditentukan berdasarkan kala revolusi bulan (waktu yang diperlukan Bulan.. Kala revolusi bulan adalah 29 1/2 hari sehingga jumlah hari dalam satu tahun = 29 1 2 hari x 12 = 354 hari. Kalender Hijriah juga mengenal tahun kabisat. Pada tahun kabisat Hijriah, jumlah hari dalam bulan Zulhijah adalah 30 hari. Sehingga jumlah dalam 1 tahun kabisat kalender hijriyah adalah 355 hari. 

Satu tahun Hijriah dibagi menjadi 12 bulan dengan pembagian jumlah hari sebagai berikut. Muharam 30, Safar 29, Robiul Awal 30, Robiul Akhir 29, Jumadil Awal 30, Jumadil Akhir 29, Rajab 29, Syaban 30, Ramadhan 30, Syawal 29. Zulkaedah 30, dan Zulhijah 29/30.

Demikian presentasi yang dapat saya sampaikan kepada teman-teman semua mengenai Kalender Masehi dan Kalender Hijriah. Semoga informasi yang saya sampaikan bermanfaat dan apabila ada kesalahan yang sengaja maupun tidak sengaja saya buat saya minta maaf. Terima kasih.

Pembelajaran 6 Subtema 3
Pada Pembelajaran 6 Tema 8 Subtema 3 Bumi Matahari dan Bulan terdapat kegiatan Ayo Berlatih.

Poster dapat berupa infografis. Infografis adalah penyajian informasi yang sederhana agar mudah dipahami oleh pembaca. Sebelum membuat poster sebaiknya membuat rancangan infografis dalam selembar kertas. Kunci utama dalam pembuatan infografis adalah penyajian informasi dengan ilustrasi yang menarik.

Amati infografis tentang hak anak di bawah ini!
Infografis Hak Anak
Perhatikan informasi tentang hak anak yang masih sering diabaikan. Sajikan kembali informasi tersebut dalam bentuk poster dan lengkapi dengan gambar visual yang relevan. Presentasikan hasil postermu di depan kelas.
Hak-hak ANak
Menjadi Pengarah Acara Donasi Buku Cerita
Bekerjalah bersama kelompok yang terdiri atas empat atau lima orang. Kelompokmu bertugas untuk mendesain sebuah acara untuk menggalang bantuan donasi buku bacaan ataupun buku pelajaran yang akan disumbangkan ke panti asuhan.

Buatlah reklame dalam bentuk brosur untuk mengiklankan kegiatan ini. Buatlah reklame semenarik mungkin.
Brosur Buku Cerita
Demikian pembahasan mengenai SBdP Kelas VI Tema 8 Subtema 3 Reklame. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Sumber : Buku Kelas VI Tema 8, Kemendikbud
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 11:24 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.