Home » » Kalimat Utama dan Gagasan Utama Teks Nonfiksi

Kalimat Utama dan Gagasan Utama Teks Nonfiksi

Teks nonfiksi adalah teks yang berisi informasi berdasarkan fakta atau kenyataan. Teks nonfiksi dapat ditemukan dalam artikel surat kabar atau majalah, laporan karya ilmiah, atau biografi. Bahasa yang digunakan dalam teks nonfiksi menggunakan bahasa denotatif, atau bahasa dalam makna yang sebenarnya, agar pembaca bisa memahami isinya dengan mudah. Teks nonfiksi dibuat berdasarkan pengamatan dan penelitian dari data sebenarnya, dan didukung oleh sumber rujukan yang valid, sehingga bisa dijadikan sumber referensi oleh pembaca.

A. Menentukan Kalimat Utama pada Paragraf
Setiap paragraf memiliki kalimat utama. Kalimat utama merupakan kalimat yang bersifat umum serta mengandung gagasan utama. Kalimat utama tidak selalu ada diawal paragraf. Ia juga bisa berada diakhir atau di tengah paragraf.

Kalimat utama adalah sebuah kalimat yang di dalamnya terdapat gagasan utama, gagasan pokok, ide pokok, pikiran pokok, ataupun ide utama, pada suatu paragraf. Keberadaan kalimat utama pada suatu paragraf sangat penting karena menjadi kerangka dasar dalam pengembangan paragraf. Selain itu, karena kalimat utama mengandung keseluruhan isi pargaraf. Kalimat utama memiliki beberapa ciri, antara lain
  1. Kalimat utama harus dapat berdiri sendiri. Artinya, kalimat utama tidak boleh terdapat kata-kata rujukan (itu, ini, tersebut, dsb) ataupun konjungsi antarkalimat (di samping itu, sementara itu, di sisi lain, dsb).
  2. Kalimat utama bermakna umum sehingga dapat diperjelaskan dengan keberadaan kalimat-kalimat penjelas.
  3. Kalimat utama, yang di dalamnya terdapat kata adalah, merupakan, dan ialah, pada umumnya berada di awal (kalimat deduktif).
  4. Kalimat utama ini berisi permasalahan yang akan diperjelas dengan kalimat-kalimat selanjutnya.

Pada Pembelajaran 1 Tema 6 Subtema 2 Membangun Masyarakat Sejahtera terdapat teks Hak sebagai Warga Negara Indonesia
Paragraf 1
Hak adalah sesuatu yang mutlak menjadi milik seseorang atau sesuatu yang seharusnya diterima seseorang. Hak warga negara Indonesia ditentukan dalam pasal-pasal Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Berdasarkan ketentuan dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 hak warga negara Indonesia banyak bentuknya. Berikut beberapa bentuk hak warga negara Indonesia.
Hak Warga Negara
Paragraf 2
Setiap warga negara Indonesia berhak mendapatkan perlindungan hukum. Hak ini dapat diperoleh warga negara Indonesia salah satunya dalam bentuk perlindungan hukum saat menjadi saksi dalam perkara hukum. Perlindungan hukum juga bisa diberikan atas hak kekayaan intelektual seseorang seperti hak cipta. sebagai contoh, hak cipta dalam penerbitan buku. Biasanya yang diberikan hak cipta atas isi buku adalah penulis atau penerbit.

Paragraf 3
Selain itu, setiap warga negara Indonesia berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak. Hak ini seperti yang telah diperoleh ibu-ibu PKK di tempat tinggal Siti melalui pelatihan membatik. Melalui pelatihan membatik diharapkan masyarakat khususnya ibu-ibu PKK bisa menciptakan lapangan pekerjaan demi meningkatkan kesejahteraan keluarga dan masyarakat.

Paragraf 4
Satu lagi hak warga negara yang tidak kalah pentingnya untuk mencapai tujuan nasional Indonesia yaitu hak memperoleh pendidikan dan pengajaran. Pemenuhan hak warga negara Indonesia ini dapat mencerdaskan kehidupan bangsa yang merupakan salah satu tujuan nasional Indonesia.

Paragraf 5
Masih banyak hak warga negara Indonesia lainnya yang ditetapkan dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Beberapa diantaranya adalah memiliki kedudukan yang sama di mata hukum dan di dalam pemerintahan, kebebasan memilih dan memeluk serta menjalankan agama dan kepercayaan yang diyakini, mempertahankan wilayah Negara Kesatuan Indonesia dari serangan musuh, serta kebebasan berserikat, berkumpul, dan mengeluarkan pendapat secara lisan dan tulisan sesuai undang-undang yang berlaku. Penuhilah hakmu secara seimbang dengan cara melaksanakan kewajiban sebagai warga negara Indonesia.

Dari teks tersebut kalimat utama masing-masing paragraf adalah sebagai berikut.
  1. Paragraf 1 : Hak warga negara Indonesia banyak bentuknya.
  2. Paragraf 2 : Setiap warga negara Indonesia berhak  mendapatkan perlindungan hukum
  3. Paragraf 3 : Setiap warga negara Indonesia berhak mendapatkan perlindungan hukum
  4. Paragraf 4 : Hak mencapai tujuan nasional Indonesia yaitu hak memperoleh pendidikan dan pengajaran.
  5. Paragraf 5 : Masih ada banyak hak warga negara  Indonesia lainya yang ditetapkan dalam UUD  1945.

Selain kalimat utama pada teks nonfiksi terdapat juga kalimat penjelas. Kalimat penjelas merupakan kalimat yang berisi informasi penting yang berfungsi untuk mendukung kalimat utama.

B. Menentukan Gagasan Utama Teks Nonfiksi
Setiap paragraf memiliki kalimat utama. Kalimat Utama merupakan kalimat yang bersifat umum dan mengandung gagasan utama. Kalimat utama tidak selalu berada di awal paragraf, kalimat utama dapat berada di akhir, pertengahan, atau muncul bersamaan di awal dan akhir paragraf. Kalimat utama inilah yang memudahkan kita mengetahui igagasan utama dari sebuah teks. nonfiksi.

Kita dapat mengetahui isi dari sebuah teks dengan menentukan kalimat utama dan gagasan utama masing-masing paragraf. Untuk menemukan kalimat utama dalam sebuah paragraf, kita dapat membaca keseluruhan isi paragraf tersebut. Setelah itu, kita dapat mencatat informasi gagasan utama yang ada dalam sebuah paragraf.

Untuk menentukan gagasan utama pada teks nonfiksi kita bisa membaca dengan cermat teks tersebut. Gagasan utama merupakan pokok pikiran tiap paragraf. Gagasan utama dapat mengacu pada kalimat utama pada paragraf.

Hal yang harus dilakukan untuk menentukan gagasan utama teks nonfiksi: 
  1. Membaca keseluruhan teks nonfiksi dengan saksama.
  2. Tuliskan kalimat utama tiap paragraf dengan memperhatikan letaknya (bisa di awal atau akhir paragraf)
  3. Berdasarkan kalimat utama, tuliskan gagasan utama tiap paragraf. 
  4. Tuliskan hasil gagasan utama dari tiap paragraf. 

Pada Pembelajaran 1 Tema 6 Subtema 2 Membangun Masyarakat Sejahtera terdapat teks Hak sebagai Warga Negara Indonesia.
ParagrafKalimat UtamaGagasan Utama
1Hak warga negara Indonesia banyak bentuknya.Hak warga negara Indonesia
2Setiap warga negara Indonesia berhak mendapatkan perlindungan hukum.Hak mendapat perlindungan hukum
3Setiap warga negara Indonesia berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layakHak mendapat pekerjaan dan penghidupan layak
4Hak mencapai tujuan nasional Indonesia yaitu hak memperoleh pendidikan dan pengajaran.Hak memperoleh pendidikan dan pengajaran
5Masih ada banyak hak warga negara Indonesia lainya yang ditetapkan dalam UUD 1945.Hak warga negara ditetapkan dalam UUD 1945

Pada Pembelajaran 2 Tema 6 Subtema 2 Membangun Masyarakat Sejahtera terdapat teks Ragam Tarian di Indonesia
ParagrafGagasan Utama Setiap Paragraf
1Pengertian tari kreasi
2Jenis tari kreasi
3Bentuk karya tari kreasi

Pada Pembelajaran 3 Tema 6 Subtema 2 Membangun Masyarakat Sejahtera terdapat teks Manfaat Pemenuhan Hak sebagai Warga Negara Indonesia
ParagrafKalimat UtamaGagasan Utama Setiap ParagrafGagasan Utama Teks Nonfiksi
1Semua warga negara memiliki hak.Hak warga negara Indonesia dilaksanakan secara seimbang.Manfaat pemenuhan hak
2Salah satu contoh manfaat pemenuhan hak atas perolehan pendidikan dan pengajaran.Manfaat pemenuhan hak atas perolehan pendidikan dan pengajaran
3Manfaat pemenuhan hak atas perlindungan hukumManfaat lain pemenuhan hak warga negara
4Manfaat pemenuhan hak atas pemerolehan fasilitas pelayanan kesehatanManfaat pemenuhan hak warga negara.

Pada Pembelajaran 6 Tema 6 Subtema 2 Membangun Masyarakat Sejahtera terdapat teks Mengapa Harus Melaksanakan Hak?
ParagrafKalimat UtamaGagasan Utama ParagrafGagasan Utama Teks Non Fiksi
1Pemenuhan hak warga negara Indonesia yang berkaitan erat dengan upaya pemerintah Indonesia dalam mencapai tujuan nasional IndonesiaPemenuhan hak warga negara IndonesiaPelaksanaan hak untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat
2Hak dan kewajiban warga negara Indonesia hendaknya dilakukan secara seimbangPelaksanaan hak dan kewajiban
3Contoh pentingnya pelaksanaan hak warga negara Indonesia.Pelaksanaan hak warga negara Indonesia harus seimbang agar tercapai kesejahteraan dan keharmonisan hidup berbangsa dan bernegara.

Pada Pembelajaran 1 Tema 6 Subtema 3 Masyarakat Sejahtera Negara Kuat terdapat teks Wujud Tanggung Jawab sebagai Warga Negara
No.ParagrafGagasan UtamaLetak
1Paragraf 1Pengertian tanggung jawabDi awal paragraf
2Paragraf 2Kecintaan warga negara dengan penuh tanggung jawabAkhir paragraf
3Paragraf 3Tanggung jawab warga negaraDi awal paragraf
4Paragraf 4Bentuk tanggung jawab warga negara di internasionalDi awal paragraf
5Paragraf 5Wujud dari sikap tanggung jawabDi awal paragraf
6Paragraf 6Wujud pelaksanaan tanggung jawab warga negaraAkhir paragraf

Pada Pembelajaran 2 Tema 6 Subtema 3 Masyarakat Sejahtera Negara Kuat terdapat teks Macam-Macam Reklame
ParagrafGagasan Utama
Paragraf 1Pengertian reklame
Paragraf 2Macam-macam reklame
Paragraf 3Pembagian Reklame media visual berdasarkan pemasangannya

C. Menggali Informasi dari Teks Nonfiksi
Untuk mengetahui informasi penting dalam teks nonfiksi kita dapat mengacu pada kata kunci. Kita dapat membuat peta pikiran dari setiap kata kunci. Dengan demikian kita dapat mengetahui informasi penting pada teks nonfiksi. Setelah mengumpulkan informasi penting pada teks nonfiksi kita akan menuliskan kembali. Tuliskanlah gagasan utama dalam setiap paragraf yang dituliskan.

Tujuan utama dari mengidentifikasi sebuah teks nonfiksi adalah untuk mendapatkan informasi penting yang ada di dalam teks tersebut. Informasi yang ada di dalamnya berupa data-data atau fakta yang bisa kita coba untuk pahami lebih lanjut.

Beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk menggali informasi dari teks nonfiksi antara lain sebagai berikut :
  1. Bacalah teks nonfiksi dengan saksama, lalu cobalah memahami makna setiap kalimat. Bacalah sebuah teks nonfiksi lebih dari satu kali atau berulang-ulang. Semakin banyak kita membacanya maka akan lebih banyak informasi yang bisa kita temukan.
  2. Carilah kalimat utama setiap paragraf  yang akan berguna dalam proses mengidentifikasi teks nonfiksi.
  3. Tentukan gagasan utama dengan menggunakan kata kunci untuk memudahkan memahami fakta dan data yang ada di dalam sebuah teks nonfiksi.
  4. Gunakanlah kata tanya apa, kapan, siapa, di mana, mengapa, dan bagaimana untuk mencari tahu informasi penting dan menyajikannya dalam kesimpulan.

Pada Pembelajaran 3 Tema 6 Subtema 3 Masyarakat Sejahtera Negara Kuat terdapat teks Dampak Pelaksanaan Tanggung Jawab
No.ParagrafGagasan UtamaInformasi Penting
1Paragraf 1Dampak pelaksanaan tanggung jawabPelaksanaan tanggung jawab sebagai warga negara memiliki dampak positif dan negatif
2Paragraf 2Contoh pelaksanaan tanggung jawab sebagai warga negaraContoh pelaksanaan tanggung jawab sebagai warga negara dengan melaksanakan kewajiban membayar pajak.
3Paragraf 3Bentuk tanggung jawab warga negara untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsaBentuk tanggung jawab warga negara untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa berdampak pada semakin kuatnya suatu negara.
4Paragraf 4Bentuk tanggung jawab warga negara adalah menjaga dan melestarikan warisan budaya bangsa.Bentuk tanggung jawab warga negara adalah menjaga dan melestarikan warisan budaya bangsa.
5Paragraf 5Pelaksanaan tanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari dengan tidak baik.Pelaksanaan tanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari dengan tidak baik membawa dampak negatif bagi kesejahteraan masyarakat.
6Paragraf 6Pelaksanaan tanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari dengan baikPelaksanaan tanggung jawab warga negara dengan baik membuat masyarakat sejahtera dan negara menjadi kuat
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 3:48 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.