Home » » Memperkirakan Isi Teks Berdasarkan Judul Teks Nonfiksi

Memperkirakan Isi Teks Berdasarkan Judul Teks Nonfiksi

Pada tema 6 kelas VI tema 6  sekolah dasar pada mauatan pelajaran Bahasa Indoneis terdapat kompetensi dasar 3.7. Kompetensi dasar tersebut adalah memperkirakan informasi yang dapat diperoleh dari teks nonfiksi sebelum membaca (hanya berdasarkan membaca judulnya saja). Melalui kompetensi dasar tersebut diharapkan dapat menyampaikan perkiraan informasi dari teks nonfiksi berdasarkan kata-kata kunci yang terdapat pada judul dengan tepat.

Teks nonfiksi adalah teks yang dibuat berdasarkan fakta. Teks nonfiksi ditulis dari peristiwa nyata yang benar-benar terjadi. Teks ini memiliki data dan dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Dengan demikian teks informasi dapat percaya oleh para pembacanya.

Sifat informasi yang terdapat pada teks nonfiksi adalah nyata dan bersifat informatif. Informasi dari teks nonfiksi dapat diperkirakan dengan cara mengetahui kata kunci yang terdapat pada judul teks nonfiksi tersebut.

Kita dapat memperkirakan isi atau informasi sebuah teks dengan membaca judulnya. Informasi dari teks nonfiksi dapat diperkirakan dengan cara mengetahui kata kunci yang terdapat pada judulnya.

A. Menentukan Kata Kunci pada Judul Teks Nonfiksi
Informasi dari sebuah teks dapat dicari dengan mengidentifikasi kata kunci yang terdapat pada judul. Kata kunci merupakan kata yang mewakili informasi-informasi penting yang terdapat di dalam teks.;

Setiap judul teks memiliki kata-kata penting yang mencerminkan informasi dari dalam teks. Kata-kata penting pada judul dapat menjadi pemandu bagi pembaca untuk menebak isi pokok atau informasi yang terdapat dalam teks. Dengan demikian, sebelum membaca teks secara keseluruhan kita dapat menebak kira-kira apa isi teks dengan cara menemukan kata penting pada judul teks.

Untuk menemukan kata kunci dalam judul teks non fiksi, kita perlu membaca judul secara cermat kemudian menggaris bawahi kata kunci tersebut. Selanjutnya kita dapat memperkirakan informasi apa yang disampaikan pada teks non fiksi.

Beberapa judul teks nonfiksi pada tema 6 sekolah dasar adalah sebagai berikut
  1. Teks berjudul Makna Proklamasi bagi Bangsa Indonesia kata kunci pada judul adalah Makna Proklamasi
  2. Teks berjudul “Kampung Rawajati” kata kunci pada judul adalah kampung Rawajati.
  3. Teks berjudul Kerukunan di Kampung Wonorejo, Papua kata kunci pada judul adalah kerukunan
  4. Teks berjudul Bentuk Kepedulian Remaja terhadap Lingkungan kata kunci pada judul adalah kepedulian remaja dan bentuk kepedulian lingkungan
  5. Teks Jadi Aktivis Peduli Lingkungan, Bocah Ini Kumpulkan 650 Kg Koran Bekas kata kunci pada judul adalah aktivis peduli lingkungan dan kumpulkan koran bekas
  6. Teks “Bahaya Jajanan tidak Sehat di Sekitar Sekolah” kata kunci pada judul adalah bahaya jajanan tidak sehat

Dari contoh judul dan kata kuncinya tersebut kita tentu dapat memprediksi dan mengira-ngira isi dari teksnya. Nah, itulah fungsi kata kunci, dengan membacanya saja kita sudah terbanyang pembahasan pada isi teks.

B. Memperkirakan Informasi dari Judul Teks Nonfiksi
Judul adalah kepala teks yang dapat menyiratkan secara pendek isi atau maksud teks. Judul teks non fiksi menggambarkan isi teks yang berisi tentang kenyataan atau fakta yang ada berkaitan dengan teks. Kita dapat mengetahui perkiraan isi teks dengan mengetahui makna kata kunci dalam judul.

Setelah kita menemukan kata kunci yang terdapat pada judul teks, kita dapat memperkirakan isi teks. Artinya, sebelum membaca teks secara utuh, kita sudah memperoleh gambaran mengenai isi teks. Langkah-langkah memperkirakan isi teks berdasarkan judul teks nonfiksi adalah sebagai berikut :
  1. Perhatikan judul teks dengan cermat.
  2. Tentukan kata kunci pada judul.
  3. Pahami makna dari kata kunci tersebut.
  4. Perkirakan informasi yang akan disajikan.

Pada pembelajaran 4 Tema 6 Subtema 1 terdapat Teks Bentuk Kepedulian Remaja terhadap Lingkungan
NoKata KunciPerkiraan Informasi yang Terdapat dalam Teks Berdasarkan Kata Kunci
1.Kepedulian remajaBacaan berisi tentang kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh remaja
2.Bentuk Kepedulian lingkunganBacaan berisi tentang kegiatan untuk menjaga lingkungan.

Pada pembelajaran 5 Tema 6 Subtema 1 Masyarakat Peduli Lingkungan terdapat teks Jadi Aktivis Peduli Lingkungan, Bocah Ini Kumpulkan 650 Kg Koran Bekas
  1. Judul pada bacaan adalah “Jadi Aktivis Peduli Lingkungan, Bocah Ini Kumpulkan 650 Kg Koran Bekas.”
  2. Kata kunci pada bacaan adalah aktivis peduli lingkungan dan kumpulkan koran bekas.
  3. Informasi dari bacaan berdasarkan kata kunci adalah terdapat aktivis yang peduli dengan lingkungan dengan cara mengumpulkan koran bekas.
  4. Isi bacaan setelah membaca semua teks sama dengan dengan isi bacaan sesuai kata kunci.

Pada Pembelajaran 6 Tema 6 Subtema 1 Masyarakat Peduli Lingkungan terdapat teks “Bahaya Jajanan tidak Sehat di Sekitar Sekolah”
NoKata KunciPerkiraan Informasi yang terdapat dalam Teks Berdasarkan Kata Kunci
1.Bahaya pangan jajanan tidak sehat di sekitar sekolah. Bahaya pangan jajananDalam 5 tahun terakhir Badan POM (Pengawas Obat dan Makanan), menunjukkan banyak jajanan anak sekolah yang tidak sehat berkisar 40-44%. Siswa cenderung lebih tertarik dengan makanan berwarna cerah yang berbahaya.
2.Jajanan anak sekolah yang tidak sehat . Bahaya jajanan anak sekolah yang tidak sehatJajanan berbahaya mengandung Rhodamin, Formalin, Boraks dan pemanis buatan. Rhodamin adalah zat pewarna tekstil/kain. Formalin adalah zat pengawet jenazah. Boraks adalah bahan untuk campuran deterjen.

Isi bacaan setelah membaca semua teks sama dengan isi bacaan sesuai kata kunci.

Pada Pembelajaran 4 Tema 6 Subtema 2 Membangun Masyarakat Sejahtera terdapat teks Tari Klana Topeng

1. Informasi apakah yang kamu harapkan ketika kamu baru membaca judul teks nonfiksi (Tari Klana Topeng)?
Informasi tentang tari Klana Topeng.

2. Sesuaikah antara harapan informasi yang kamu peroleh ketika baru membaca judul teks nonfiksi dengan informasi yang kamu peroleh setelah membaca teks nonfiksi berjudul Tari Klana Topeng?
Sesuai, judul menunjukkan isi bacaan

3. Informasi apakah yang kamu peroleh setelah membaca teks nonfiksi berjudul Tari Klana Topeng?
Informasi yang diperoleh setelah membaca teks non fiksi berjudul Tari Klana Topeng adalah mengetahui asal Tari Klana Topeng, unsur-unsur tari topeng, dan busana serta properti tari Klana Topeng

Pada Pembelajaran 5 Tema 6 Subtema 2 Membangun Masyarakat Sejahtera terdapat teks 7 Ciri Pubertas pada Laki-laki

1. Apa judul bacaan yang kamu peroleh? 
7 Ciri Pubertas Pada Laki-laki

2. Sesuaikah antara harapan informasi yang kamu peroleh ketika baru membaca judul bacaan dengan informasi yang kamu peroleh setelah membaca bacaan? 
Isi sesuai dengan judul bacaan

3. Informasi apakah yang kamu peroleh setelah membaca bacaan?
Informsasi yang saya peroleh setelah membaca bacaan adalah ada 7 ciri pubertas pada laki-laki yaitu : bentuk tubuh berubah, mulai tumbuh bulu dan jerawat, p*nis dan t*stis membesar, mimpi basah, perubahan suara, pay*dara bertumbuh, dan suasana hati berubah.

Pembelajaran 4 Tema 6 Subtema 3 Masyarakat Sejahtera Negara Kuat terdapat teks Upaya Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat

Apakah judul bacaan di atas sesuai dengan isinya? Tuliskan tanggapanmu pada kolom berikut!
Judul bacaan dengan isi bacaan sesuai karena bacaan berisi  tentang upaya yang dilakukan demi peningkatan kesejahteraan masyarakat

Pembelajaran 4 Tema 6 Subtema 3 Masyarakat Sejahtera Negara Kuat terdapat teks Sukseskan Gerakan Literasi di Masyarakat 

Bacaan di atas antara judul dan isi bacaan tidak sesuai? Apa judul yang menurutmu sesuai? Tuliskan dalam kolom berikut.
Judul pada bacaan kurang sesuai. Judul yang sesuai sebagai berikut : Menanamkan Minat Baca pada Masyarakat

C. Menjelaskan Isi Teks Nonfiksi Berdasarkan Judulnya
Contoh teks nonfiksi diantaranya berita, artikel, dan jurnal. Beberapa contoh teks nonfiksi tersebut dibuat sesuai dengan data, fakta dan peristiwa yang nyata. Tujuan dibuatnya teks tersebut adalah memberikan informasi dan membuat para pembaca percaya akan informasi yang disampaikan.

Judul dalam sebuah teks terletak pada bagian awal (atas) teks. Setelah membaca judul teks kita dapat menentukan kata kunci- kata kunci dari teks tersebut. Kata kunci berguna sebagai panduan dalam menentukan isi teks. Dengan mengetahui kata kunci maka kita memiliki panduan dalam menentukan isi teks. Setelah mengetahui isi teks, kita dapat menyampaikan isinya melalui lisan atau tulisan. Selain itu, kita juga dapat menentukan isi teks dengan pertanyaan.

Pembelajaran 1 Tema 6 Subtema 1 Masyarakat Peduli Lingkungan terdapat teks Makna Proklamasi bagi Bangsa Indonesia
Makna Proklamasi
  1. Apa judul teks pada bacaan di atas? Judul teks bacaan adalah “Makna Proklamasi Bagi Bangsa Indonesia”.
  2. Apa kata kunci pada judul bacaan di atas? Kata kunci pada judul adalah Makna Proklamasi.
  3. Apa informasi dari bacaan berdasarkan kata kunci? Informasi dari bacaan adalh proklamasi kemerdekaan dapat dijadikan sarana untuk menuju masyarakat yang sejahtera, adil, dan makmur

Pada Pembelajaran 2 Tema 6 Subtema 1 Masyarakat Peduli Lingkungan terdapat teks Kampung Rawajati
  1. Judul bacaan di atas adalah “Kampung Rawajati”
  2. Kata kunci pada judul adalah kampung Rawajati.
  3. Isi bacaan berdasarkan kata kunci yaitu kondisi lingkungan di kampung Rawajati.

Pada pembelajaran 3 Tema 6 Subtema 1 terdapat teks “Kerukunan di Kampung Wonorejo, Papua"
  1. Bacaan tersebut berjudul “Kerukunan di Kampung Wonorejo, Papua”.
  2. Kata kunci yang terdapat pada bacaan di antaranya: transmigran, kerukunan, perbedaan suku, agama, dan budaya.
  3. Berikut informasi dari bacaan berdasarkan kata kunci.

Kampung Wonorejo menunjukkan tentang kerukunan dalam keberagaman. Semua warga kampung hidup rukun walaupun berbeda asal usul suku bangsa, agama, dan budaya. Keragaman suku bangsa menjadi modal sosial dalam pembangunan.

Hubungan penduduk asli Papua dan warga transmigran tidak mengalami pengkotakan dalam menjalankan ibadah. Masing-masing tidak menajamkan identitas tradisi atau agama yang dapat membuat hubungan menjadi terganggu. Sebaliknya, mereka menganggap bahwa perbedaan budaya dan agama merupakan kekayaan yang harus dilestarikan.

Warga Kampung Kibay dan Kampung Wonorejo tetap menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Mereka juga menjaga persatuan dan kesatuan serta selalu menjunjung tinggi semboyan Bhinneka Tunggal Ika dalam segala perbedaan yang ada. Mereka memiliki jati diri sebagai bangsa Indonesia yang beretika dan santun, serta mempunyai jiwa gotong royong, dan toleransi tinggi. Mereka ingin menciptakan kehidupan di bumi Indonesia yang damai tenteram, hidup rukun berdampingan, terhindar dari segala macam bentuk radikalisme, terorisme, konflik sosial, perang saudara, dan ancaman perpecahan.

Pada Pembelajaran 5 Tema 6 Subtema 3 Masyarakat Sejahtera Negara Kuat terdapat teks  Pentingnya Kerja Sama
No.Sebelum Membaca Judul TeksSetelah Membaca Judul Teks
1Manfaat kerja sama?Kerja sama membuat pekerjaan menjadi lebih mudah dan tujuan lebih cepat tercapai.
2Contoh kerja sama di rumah?Salah satu contoh kerja sama di lingkungan rumah adalah menjaga kebersihan rumah
3Tujuan kerja sama?Kerjasama bertujuan membangun masyarakat sehat.

Pembelajaran 6 Tema 6 Subtema 3 Masyarakat Sejahtera Negara Kuat terdapat teks Kemenag Banjarnegara Raih Penghargaan dari KPP Pratama Purbalingga
Informasi yang Didapat dari Judul BacaanInformasi yang Di Dapat
Setelah Membaca Teks
Kesimpulan
Informasi yang saya dapat saat membaca judul adalah Kementeriaan Agama Banjarnegara meraih penghargaan dari KPP Pratama Purbalingga.Informasi yang saya dapat setelah membaca teks adalah Kementerian Agama Kabupaten Banjarnegara, mendapatkan Penghargaan sebagai Instansi Teladan dalam Pelaporan SPT Tahunan Pegawai dalam acara Apresiasi dan Penghargaan Wajib Pajak Teladan yang diadakan oleh Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Purbalingga. Penghargaan ini hasil dari sosialisasi juga kesadaran pegawai di lingkungan kemenag, dan dorongan dari pihak pihak.Judul dan isi teks sama saat hanya membaca judul dan setelah membaca teks.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 9:38 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.