Home » » Pembelajaran 1 Tema 3 Subtema 2 Keberagaman Makhluk Hidup di Lingkunganku

Pembelajaran 1 Tema 3 Subtema 2 Keberagaman Makhluk Hidup di Lingkunganku

Pada Pembelajaran 1 Tema 3 Subtema 2 Keberagaman Makhluk Hidup di Lingkunganku akan mempelajari tentang membuat daftar pertanyaan  menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif. untuk persiapan wawancara. Mengidentifikasi dan menjelaskan pentingnya peran hewan sebagai sumber daya alam dalam menjaga keseimbangan alam. Melakukan upaya pelestarianhewan sebagai sumber daya alam. Mengidentifikasi pemanfaatan sumber daya alam hayati bagi kesejahteraan masyarakat. Mnyajikan informasi hasil identifikasi pemanfaatan sumber daya alam hayati bagi kesejahteraan masyarakat. Sebagai catatan tulisan ini hanya sebagai panduan saja ketika mengikuti kegiatan pembelajaran bersama Bapak/Ibu guru.

Selain tumbuhan, hewan juga merupakan sumber daya alam yang perlu terus dijaga keseimbangan dan kelestariannya. Jika tidak, maka hewan-hewan tersebut akan menjadi langka dan punah. Seperti yang terjadi pada burung cenderawasih. Ayo, kita cari tahu lebih lanjut!

Ayo Mengamati
Burung Cenderawasih
Tulis paling sedikit 4 pertanyaan tentang burung cenderawasih di atas! Berikanlah pertanyaan tersebut kepada teman di sebelahmu untuk dijawab. Diskusikanlah jawabannya.
  1. Apa nama lain burung Cenderawasih?
  2. Mengapa burung cenderawasih mengalami kelangkaan?
  3. Di mana sajakah habitat burung Cenderawasih?
  4. Apa jenis Cenderawasih yang menjadi identitas Provinsi Papua?

Untuk melengkapi jawabanmu, bacalah teks berikut.
Burung cendrawasih disebut juga sebagai burung surga. Burung yang menjadi maskot Papua ini memiliki warna bulu yang indah. Bahkan, kabarnya karena keindahannya itu juga burung ini jarang turun ke tanah atau seringnya terbang di udara dan hinggap di dahan pohon.

Warna bulu cendrawasih yang mencolok biasanya merupakan kombinasi beberapa warna seperti hitam, cokelat, oranye, kuning, putih, biru, merah, hijau dan ungu. Burung ini semakin molek dengan keberadaan bulu memanjang dan unik yang tumbuh dari paruh, sayap atau kepalanya.

Warna yang bermacam-macam menjadi salah satu penanda dalam mengelompokkan jenis mereka. Habitat aslinya di hutan-hutan lebat, yang umumnya terletak di daerah dataran rendah dan hanya dapat ditemukan di Indonesia bagian timur.

Burung cendrawasih mati kawat adalah jenis yang menjadi identitas provinsi Papua. Masyarakat di Papua sering menggunakan bulu cendrawasih sebagai pelengkap atau hiasan dalam pakaian adat mereka.

Keberadaan burung cendrawasih kian lama kian terancam. Perburuan dan penangkapan liar serta kerusakan habitat menjadi beberapa penyebab utama. Bulu cendrawasih juga diperdagangkan, digunakan sebagai penghias topi wanita di Eropa. Tapi kini burung cantik ini menjadi jenis satwa yang dilindungi.

Beberapa jenis cendrawasih yang masuk dalam daftar dilindungi antara lain cendrawasih kuning kecil, cendrawasih botak, cendrawasih raja, cendrawasih merah, dan toowa.

Jawablah pertanyaan berikut.
Jelaskan mengapa burung cendrawasih menjadi salah satu sumber daya alam yang menjadi kebanggaan rakyat Papua dan dilestarikan. 
Burung Cenderawasih memiliki bulu yang sangat indah, merupakan spesies endemik di pulau Papua, serta memiliki peran penting dalam adat budaya suku-suku di Papua..
Keberadaan burung cendrawasih kian lama kian terancam? Apa yang menyebabkan hal tersebut terjadi?
Penyebab yang mengancam keberadaan burung cenderawasih antara lain perburuan liar, perusakan habitat, dan perdagangan bulu burung Cenderawasih sebagai penghias topi.
Apa yang bisa dilakukan untuk menjaga kelestarian burung cendrawasih?\
Untuk melestarikan burung Cenderawasih dapat dilakukan dengan cara membudidayakan burung tersebut di suaka marga satwa, jangan memburunya, dan tidak merusak habitat aslinya.
Bagaimana kaitan antara perilaku manusia dengan kelangkaan burung cendrawasih? Deskripsikan! 
Pemanfaatan bulu burung Cenderawasih sebagai hiasan topi dan sebagai burung pairaan sangat membahayakan kelestarian burung Cenderawasih. Untuk mempertahankan burung cenderawasih, dibuka suaka margasatwa untuk melindungi hewan-hewan yang punah.
Bagaimana pendapatmu tentang perilaku manusia tersebut?
Perilaku tersebut adalah perilaku yang buruk dan tidak boleh dicontoh. Sesama makhluk hidup, manusia seharusnya bisa saling melindungi..
Apa akibatnya jika burung cendrawasih punah?
Jika burung Cenderawasi punah maka keberagaman satwa indonesia akan berkurang. Mungkin generasi yang akan datang hanya bisa menyaksikan keindahan burung Cenderawasih hanya melalui gambarnya saja.
Apa saranmu agar kelestarian burung cendrawasih tetap terjaga?
Agar kelestarian burung Cenderawasih tetap terjaga diperlukan adanya kesadaran bahwa keanekargaman hewan harus dilestarikan dan tidak digunakan untuk kepentingan segelintir orang saja.

Pilihlah hewan yang paling menarik buatmu. Buatlah daftar pertanyaan.

Daftarmu harus memuat:
  • Tempat tinggal hewan (dataran tinggi, dataran rendah, pantai).
  • Manfaat hewan tersebut.
  • Cara melestarikan dan menjaga keseimbangan hewan tersebut sebagai sumber daya alam.
  • Ciri-ciri hewan atau bagian hewan tersebut.
Diskusikanlah daftar pertanyaanmu dengan gurumu.

Badak Jawa
Badak jawa
  1. Di mana habitat Badak Jawa? (Badak jawa menyukai habitat hutan hujan dataran rendah dan rawa-rawa.)
  2. Apa manfaat Badak Jawa bagi manusia? (Badak Jawa bermanfaat menjaga keseimbangan alam dan keragaman hayati)
  3. Bagaimana cara menjaga kelestraian dan keseimbangan Badak Jawa (dengan memberikan habitat yang sesuai dengan kehidupannya, merawatnya, dan menjaganya dari pemburuan liar agar tidak punah.)
  4. Apa saja ciri-ciri Badak Jawa? (Memiliki rambut terbanyak dibandingkan seluruh sub-spesies badak di dunia. Memiliki telinga yang besar. Memiliki kulit berwarna coklat keabu-abuan atau kemerahan, sebagian besar ditutupi oleh rambut. Memiliki kerut di sekitar matanya. Berkuku Ganjil. Badak Jawa termasuk mamalia berkuku ganjil. Bercula Satu.

Ayo Membaca
Apakah di lingkunganmu terdapat kupu-kupu? Bacalah teks berikut untuk menambah pengetahuanmu tentang kupu-kupu.

Kupu-kupu merupakan serangga. Kupu-kupu biasanya memiliki warna yang indah cemerlang. Kupu-kupu merupakan salah satu dari sedikit jenis serangga yang tidak berbahaya bagi manusia. Daur hidup kupu-kupu bermula dari telur yang melekat di daun, kemudian matang dan menetas setelah 5 sampai dengan 10 hari dan menjadi larva (ulat).

Setelah 2 minggu, larva (ulat) membentuk kepompong dan menjadi pupa yang bergantung di ranting atau daun selama 2 sampai dengan 3 minggu. Setelah beberapa waktu, kupu-kupu dewasa keluar dari kepompong.

Kupu-kupu dikenal sebagai serangga penyerbuk tanaman yang membantu bunga-bunga berkembang menjadi buah. Bagi petani dan orang pada umumnya, kupu-kupu ini sangat bermanfaat untuk membantu jalannya penyerbukan tanaman.

Kupu-kupu hidup di dataran tinggi dan di dataran rendah. Kupu-kupu Indonesia banyak ragamnya dibandingkan dengan kupu-kupu dari negara tetangga.

Tidak sedikit penggemar kupu- kupu. Warnanya yang indah sangat menarik perhatian banyak orang. Oleh sebab itu, perburuan kupu-kupu sering terjadi. Hal ini tentunya sangat merugikan bagi kelangsungan kupu-kupu maupun makhluk lainnya.

Tahukah kamu manfaat kupu-kupu?
Kupu-kupu membantu penyerbukan tanaman. Hal ini tentunya bermanfaat untuk kelestarian tanaman tersebut.
Bersama temanmu, jawablah pertanyaan berikut.
1. Apa akibatnya apabila kupu-kupu punah?
Jika kupu-kupu punah maka kelestarian tanaman juga terganggu karena berkurangnya hewan yang membantu penyerbukan tanaman.
2. Apa yang bisa kamu lakukan untuk melindungi kupu-kupu?
Untuk melindungi kupu-kupu dapat dilakukan dengan cara menjaga kelestarianya dengan cara tidak memanfaatkan kupu-kupu sebagai barang hiasan.
3. Di mana kupu-kupu hidup? Jelaskan!
Kupu-kupu hidup di dataran tinggi dan di dataran rendah atau di daerah yang bayak terdapat tanaman berbunga.

Ayo Berkreasi
Kamu telah mengetahui tentang manfaat penting hewan bagi keseimbangan lingkungan. Nah, sekarang kamu bisa ikut berperan serta untuk menjaga kelestarian hewan dengan membuat poster. Buatlah sebuah poster yang berisi ajakan untuk menyayangi dan merawat hewan.

Pilihlah satu jenis hewan yang kamu sukai. Buat posternya dengan memperhatikan kriteria berikut:
Poster berisi informasi tentang:
  1. Nama hewan dan ciri-ciri khususnya.
  2. Habitat hewan (pantai, dataran rendah, dataran tinggi)
  3. Manfaat hewan tersebut bagi masyarakat sekitarnya.
  4. Keberadaan hewan saat ini, penyebab hewan menjadi langka (jika hewan pilihanmu adalah hewan langka).
  5. Ajakan berupa upaya-upaya untuk menjaga kelestarian hewan.
  6. Kalimat yang digunakan harus menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif.
Selamatkan Otang Utan
Kamu dapat menggunakan karton dengan ukuran yang cukup besar untuk dapat terbaca dari jarak yang cukup jauh. Jika tidak terdapat karton, kamu bisa menggunakan bagian belakang dari kalender bekas. Buatlah postermu semenarik mungkin. Kamu bisa menambahkan gambar ilustrasi atau foto hewan pilihanmu. Kamu bisa melakukan kampanye untuk teman-teman di sekolah menggunakan postermu, dan kemudian dipajang di sekitar sekolah sehingga teman-teman akan terinspirasi untuk ikut serta menyayangi dan merawat hewan. Selamat bekerja.;

Ayo Renungkan
Sebutkan hal penting yang kamu pelajari.
Hari ini saya telah belajar tentang membuat daftar pertanyyan, peran hewan sebagai sumber daya alam.
Sikap apa yang dapat kamu aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Jelaskan.
Sikap disiplin dan tanggung jawab dalam memanfaatkan sumber daya lam.

Untuk mengetahui daur hidup tumbuhan kacang, tanamlah biji kacang hijaudi rumah bersama orang tuamu! Letakkan dalam gelas plastik bening bekasyang telah diberi kapas, lalu letakkan beberapa butir kacang hijau di atasnya.Tingkatkan rasa tanggung jawabmu dengan menyiram dan merawatnyasetiap hari. Catatlah pertumbuhan biji kacang hijau tersebut selama 6 haridalam tabel berikut.
No.Hari keHari, tanggalHasil Pengamatan
1.1Minggu, 5 - 9 - 2021Belum ada perkecambahan
2.2Senin, 6 - 9 -2021Tumbuh akar dan batang
3.3Selasa, 7 - 9 -2021Batang bertambah panjang
4.4Rabu, 8 - 9 -2021Tumbuh daun kecil
5.5Kamis, 9 - 9 -2021Batang mengalami pertumbuhan yang pesat
6.6Jumat, 10 - 9 -2021Batang bertambah tinggi dan daun bertambah lebar
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 8:00 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.