Home » » Pesan Kesalahan dan Solusinya Pada Saat Pelaksanaan ANBK

Pesan Kesalahan dan Solusinya Pada Saat Pelaksanaan ANBK

Asesmen Nasional adalah program penilaian terhadap mutu setiap sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah. Mutu satuan pendidikan dinilai berdasarkan hasil belajar murid yang mendasar (literasi, numerasi, dan karakter) serta kualitas proses belajar-mengajar dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran. Informasi-informasi tersebut diperoleh dari tiga instrumen utama, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar.

Solusi permasalahan aplikasi proktor dan exambro ANBK. ANBK (Asesmen Nasional Berbasis Komputer) tidak terlepas dari permasalahan. Permasalahan yang sering muncul antara lain berkaitan dengan aplikasi proktor, aplikasi exambro pada peserta didik.

Sebagai proktor tentunya diharapkan mampu mengatasi permasalahan berkaitan dengan aplikasi proktor dan exambro siswa. Melalui tulisan ini saya akan memberikan sedikit informasi berkaitan dengan Solusi permasalahan aplikasi proktor dan exambro ANBK bila anda mengalami kendala pada saat pelaksanaan ANBK maupun pada saat semulasi. Berikut ini adalah beberapa solusi dari permasalahan aplikasi proktor dan exambro ANBK yang sering muncul.

A .Internet tidak tersedia Internet tidak tersedia
Biasanya muncul pesan kesalahan "Internet tidak tersedia". Penyebab dan pemecahan masalah dari pesan kesalahan tersebut antara lain sebagai berikut :
Internet Koneksi
  1. Pertama pastikan internet sudah berjalan dengan baik dengan mencoba browsing melalui browser yang ada di komputer/laptop. 
  2. Mencoba menutup exambrow lalu jalankan kembali .
  3. Buka website www.kemdikbud.go.id atau jalankan aplikasi CMD dan jalankan perintah tracert pusmenjar.kemdikbud.go.id lalu kirimkan ke ISP anda atau konsultasi dengan tim provinsi/pusmenjar jika hasil pengecekan tracert tidak baik.

B. Waktu komputer peserta
Salah satu penyebab pesan kesalahan pada saat ANBK adalah waktu komputer peserta. Beberapa masalah dan penyelesain pada masalah waktu komputer peserta antara lain sebagai berikut
Waktu Peserta
  1. Perhatikan tanggal yang tampil pada exambrow, apakah tanggal tersebut telah sesuai dengan waktu pelaksanaan ANBK. 
  2. Pada bagian kanan bawah komputer anda, klik kanan lalu klik adjust data/time lalu atur zona waktu sesuai dengan waktu lokasi anda. 

C. Blank hitam/putih setelah klik run pada exambro 
Blank hitam/putih dikarenakan terjadi ketika menjalankan exambro smadav atau antivirus yang anda pada komputer/laptop anda sedang aktif. Silahkan anda nonaktifkan /matikan terlebih dahulu aplikasi smadav atau antivirus anda pada saat akan menyalakan exambro

D. Exambro stopped working
Kesalahan ini bisa saja terjadi bagi saat menjalankan exambro, aplikasi tersebut meutup sendiri setelah loading dikarenakan internet tidak tersedia. 

Silahkan anda mengaktifkan sambungan/koneksi internet terlebih dahulu sebelum menjalankan aplikasi exambro 

Selain pada aplikasi yang digunakan peserta kesalahan juga bisa terjadi pada aplikasi proktor. Beberapa  pesan kesalahan pada aplikasi proktor antara lain sebagai berikut.

A. Akun proktor anda belum di aktifkan 
Pesan kesalahan tersebut terjadi dikarenakan akses proktor belum diaktifkan pusat. Setiap sekolah memiliki jadwal ANBK yang mungkin berbeda. Anda dapat melihat jadwal pada menu "Data Sekolah" lihat kolom "Jadwal"

B. Password tidak valid Password tidak valid
Pesan kesalahan Password proktor tidak valid bisa disebabkan password proktor salah .Password proktor bisa dilihat di https://anbk.kemdikbud.go.id/ pada menu data Asesmennasional -komputer proktor.  Mohon perhatikan kolom " Password Proktor" 

C. Tidak dapat mengganti data tes aktif
Pesan kesalahan tidak dapat mengganti data tes aktif terjadi pada menu status tes. Ketika proktor meenekan tombol simpan pada menu status tes akan tampil error ini. Untuk pelaksanaan ANBK yang tidak memiliki sesi, proktor tidak perlu menekan tombol simpan. Cukup menekan tombol "Refresh" untuk menemampilkan token

D. ERROR... 
Mohon maaf sistem sedang bermasalah. Silahkan anda klik disini untuk kembali ke halaman utama. 
Pesan kesalahan ini terjadi dikarenakan pada sistem aplikasi pusat/server pusat mengalami kendala, sehingga tampil error tersebut. 

Aplikasi Peserta
A. Maaf username anda aktif, silahkan hubungi proktor untuk mereset status login anda  Bagi proktor silahkan buka dashboard aplikasi proktor silahkan anda reset peserta. 

B. Konfirmasi Tes
Maaf, ada gangguan jaringan ke mesin server. Data jawaban berhasil tersimpan. silahkan anda klik tombol LOGOUT dan hubungi proktor untuk login Error ini terjadi pada peserta saat mengerjakan soal dikarenakan internet tidak stabil. anda tidak perlu kuatir error ini tetap akan menyimpan jawaban peserta 

Penanganan masalah ini adalah" 
  1. Siahkan Logout
  2. Mengajukan request reset peserta (proktor)
  3. Reset peserta
  4. Login kembali 

C. Anda sudah menyelesaikan Tes
Pesan kesalahan ini terjadi peserta pada saat login. Notifikasi ini muncul dikarena peserta sudah menyelesaikan tes.

D. Error 402 Error Browser anda tidak memiliki akses.
Pesan kesalahan ini terjadi karena peserta menjalankan exambr lama. Dapat juga disebabkan waktu pada komputer peserta tidak sesuai dengan waktu sebenarnya. Selain itu bisa juga terdapat kesalahan pada server pusat terkait pengaturan waktu.

E. Error 404 Loading Screen
Halaman yang anda cari mengalami gangguan hal tersebut bisa dikarenakan gangguan jaringan internet atau gangguan server pusat. Silahkan mengklik tombol refresh dengan menekan F5 atau CTRL + Shift+R. jika menekan refresh tidak bisa silahkan keluar dengan menekan tombol kombinasi exit exambro CTRL + C +B 

Ketika internet terputus pada saat pelaksanaan tes, komputer peserta tidak terhubung dengan database pusmenjar ( ketika server pusmenjar down). maka error tersebut akan tampil.

Loading Screen Loading screen adalah proses ketika aplikasi ujian sedang menunggu sampai seluruh content terload dengan sempurna. 

Semoga informasi berkaitan dengan solusi permasalahan aplikasi proktor dan exambro ANBK  dapat memberikan manfaat bagi kita semua.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 8:15 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.