Home » » Contoh Soal AKM Numerasi Kelas 5 dan 6

Contoh Soal AKM Numerasi Kelas 5 dan 6

Numerasi termasuk dalam kompetensi yang paling mendasar yang ingin dievaluasi dalam Asesmen Kompetensi Minimum. Numerasi merupakan suatu kompetensi yang mencakup pengetahuan, keterampilan, perilaku, dan disposisi yang dibutuhkan siswa untuk menggunakan matematika dalam cakupan dan situasi yang lebih luas. 

Numerasi menuntut siswa untuk mengenali dan memahami peran matematika di dunia, memiliki disposisi dan kapasitas untuk menggunakan pengetahuan dan keterampilan matematika untuk memecahkan masalah dalam kehidupan nyata. Secara umum kompetensi numerasi ditandai dengan kemampuan seseorang untuk bernalar, mengambil keputusan yang tepat, dan memecahkan masalah. Kemampuan ini dalam penerapannya terkait dengan mata pelajaran lain yang siswa pelajari. Berikut ini salah satu contoh soal numerasi kelas 5 dan 6 sekolah dasar.

Perhatikan keterangan pada gambar lift di bawah ini!
Lift
Lift sudah berisi 5 orang dengan jumlah berat badan 380 kg. Di luar lift, Andi, Rosa, dan Joni akan masuk ke dalam lift yang sama. 

Saat lift kosong, berapa paling banyak orang dengan berat badan sama dengan Andi yang dapat masuk?
1
5
6
8

Pembahasan :
(B) 5

Dua orang akan masuk ke dalam lift. Mereka akan bergabung dengan kelima orang yang sudah ada di dalam lift. Dua orang yang dapat masuk secara bersamaan ke dalam lift tersebut adalah ….
Andi dan Joni
Andi dan Rosa
Rosa dan Joni

Pembahasan :
(A) Andi dan Joni
(C) Rosa dan Joni

Apabila ada yang bergabung dengan kelima orang yang ada di dalam lift, apakah kondisi berikut memungkinkan? Berilah tanda centang (√) pada kolom ‘Benar’ atau ‘Salah’ pada setiap pernyataan!
PernyataanBenarSalah
Andi, Rosa, dan Joni dapat masuk dan menggunakan lift secara bersama-samaBenar
Salah
Lift sudah tidak dapat diisi lagiBenar
Salah

Pembahasan :
A (Salah)
B (Salah)

Apabila Andi masuk lift dengan membawa barang seberat 6 kg dan bergabung dengan kelima orang yang di dalam lift, berapa kg kapasitas lift yang tersisa? ... kg

Pembahasan :
69

Keluarga Dewi juga ingin masuk ke dalam lift. Mereka akan bergabung dengan kelima orang di dalam lift. Keluarga Dewi terdiri atas Ayah (72 kg), Ibu (63 kg), Feri (33 kg) dan Dewi (45 kg). Mereka membawa beberapa kardus.

Pasangkanlah nama anggota keluarga Dewi dengan berat kardus paling berat yang dapat dibawa masuk! Pasangkanlah dengan mengeklik bulatan di sebelah kiri dan bulatan di sebelah kanan yang sesuai!
Anggota KeluargaBerat kardus
Ayah, Ibu, dan Feri

29 Kg
Ayah, Feri, dan Dewi

20 Kg
Ibu, Dewi, dan Feri

19 Kg

2 Kg

Pembahasan :
Ayah, Ibu, dan Feri (2 Kg)
Ayah, Feri, dan Dewi (20 Kg)
Ibu, Dewi, dan Feri (29 Kg)

Jika Rosa dan Joni masuk bersamaan, kemudian bergabung dengan kelima orang di dalam lift, berapa kilogram barang paling berat yang dapat mereka bawa? Jelaskan alasan matematismu!
Jawab :

Pembahasan :
52 kg karena kapasitas lift adalah 550 kg, sementara berat penumpang sudah mencapai 380+83+35=398, sehingga lift masih mampu menampung berat 550-398=52 kg

Ari mencoba mengisi gayung di rumahnya dengan air. Gayung diisi air hingga penuh. Setelah itu, air dari gayung ia masukkan ke beberapa gelas.

Perhatikan gambar berikut!
Air dan Gayung
Pasangkan gambar di sebelah kiri dengan banyak gelas air yang tepat untuk mengisinya di sebelah kanan!
Gambar 1Gambar 2







Pembahasan :
1 gayung dan 2 gelas (5 gelas)
2 gayung (8 gelas)

Berapa banyak gelas yang diperlukan untuk menampung tiga setengah gayung air? .....
14 gelas

Permen
Gambar tersebut menunjukkan permen jeli tusuk dengan isi yang berbeda. Setiap tusuk terdiri dari beberapa buah permen jeli dengan warna yang sama. Satu tusuk isi 3 permen dijual dengan harga Rp2.000,00 dan satu tusuk isi 5 permen dijual dengan harga Rp3.000,00

Ita membeli 2 tusuk permen jeli isi 5 dan 5 tusuk permen jeli isi 3. Ita membayar dengan 2 lembar uang sepuluh ribuan. Uang kembalian yang diterima Ita adalah ….
16.000,00
14.000,00
4.000,00
2.000,00

Pembahasan :
(C) 4.000,00

Adi mempunyai uang Rp12.000,00. Ia ingin membeli permen jeli seperti pada gambar untuk 2 adiknya. Supaya kedua adiknya mendapatkan permen sama banyak, maka permen apa saja yang harus dibeli Adi? Pilihlah semua pilihan jawaban yang benar!
6 tusuk masing-masing isi 3 permen
3 tusuk masing-masing isi 5 permen dan 1 tusuk isi 3 permen
2 tusuk masing-masing isi 5 permen dan 3 tusuk masing-masing isi 3 permen

Pembahasan :
(A) 6 tusuk masing-masing isi 3 permen
(B) 3 tusuk masing-masing isi 5 permen dan 1 tusuk isi 3 permen
Surti mempunyai uang senilai Rp20.000,00. Ia ingin menggunakan uang tersebut sebanyakbanyaknya untuk membeli permen dan membagikan kepada 6 orang temannya sama banyak. Permen apa yang harus dibeli Surti? Berikan alasanmu!
Jawab :

Pembahasan :
Versi 1: surti dapat memberikan permen jeli yang satu tusuknya isi 5 permen kepada 6 orang temannya.masing-masing temannya akan menerima satu tusuk dan uang surti akan bersisa 2.000 rupiah saja karena uang 20.000 rupiahnya sudah dibelanjakan 18.000 rupiah untuk membeli 6 tusuk permen jeli isi 5.

versi 2: surti dapat membeli 3 tusuk permen isi 5 dan 5 tusuk permen isi 3. total permen yang didapat 30 buah permen. masing-masing temannya akan mendapat 30/6 = 5 buah permen. uang surti akan bersisa 1000 rupiah saja karena sudah dibelanjakan 19000 rupiah.

Perhatikan gambar berikut!
Pemutar
Gambar tersebut merupakan papan pemutar. Cara memainkannya adalah dengan memutar papan. Setelah papan berhenti, jarum akan menunjuk salah satu bagian.

Setelah papan tersebut diputar, papan warna apa yang paling mungkin ditunjuk oleh jarum pada saat berhenti? Jelaskan jawabanmu!
Jawab :

Pembahasan :
Merah karena memiliki peluang yang lebih besar dibandingkan dengan warna lain. (3/8) atau  merah karena warna tersebut memiliki bagian paling besar pada papan di antara warna lain.
Salah seorang anak mencoba memutar papan dengan arah yang berbeda-beda. Tentukan warna papan yang paling mungkin ditunjuk jarum sesuai dengan arah papan diputar!
Arah Papan PutarMerahBiruHijauKuning
Kanan



Kiri

r


Pembahasan :
A (Merah)
B (Merah)
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 10:46 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.