Home » » Pembelajaran 2 Tema 2 Subtema 2 Manfaat Energi

Pembelajaran 2 Tema 2 Subtema 2 Manfaat Energi

Pada Pembelajaran 2 Tema 2 Subtema 2 Manfaat Energi akan mempelajari tentang menunjukkan contoh melaksanakan hak dan kewajiban secara seimbang, menceritakan pengalaman diri melaksanakan hak dan kewajiban secara seimbang dalam kehidupan masyarakat, menyanyikan syair lagu “Menanam Jagung” sesuai dengan tinggi rendah nada, menyanyikan lagu “Menanam Jagung” sesuai dengan tempo (sedang) diiringi ketukan dan tepuk tangan. Sebagai catatan tulisan ini hanya sebagai panduan saja ketika mengikuti kegiatan pembelajaran bersama Bapak/Ibu guru.

Energi dimanfaatkan untuk mempermudah pekerjaanmanusia. Benda-benda di sekitar kita juga dibuat dengan memanfaatkan energi. Ayo kita pelajari lebih lanjut.

Setiap hari, untuk menulis dan menggambar kamu menggunakan kertas. Tahukah kamu bagaimana kertas dibuat? Energi apa yang dimanfaatkan dalam proses pembuatannya?

Ayo Mengamati
Mengapa Harus Menghemat Kertas?
Kertas diproduksi dengan menggunakan mesin yang menghasilkan energi sangat besar. Bahan utama pembuatan kertas adalah pohon dan air. Untuk membuat 1 rim kertas berukuran A4 diperlukan 1 pohon yang usianya 5 tahun. Untuk menghasilkan satu lembar kertas dibutuhkan 2 gelas air.
Mengapa Harus Menghemat Kertas?
Amati di sekitarmu. Tulislah manfaat kertas yang sehari-hari kamu temui.
Kertas digunakan untuk menulis, untuk membuat buku, untuk surat menyurat, untuk fotocopy, untuk membuat kerajinan, untuk mencetak gambar dll.

Budi, sepupu Beni, sedang mengerjakan tugas menulis dari bu guru. Ia menggunakan banyak sekali kertas. Ia selalu membuang setiap kertas meskipun baru beberapa kata yang ia tuliskan. Banyak sekali kertas yang terbuang.

Setujukah kamu dengan cara Budi menggunakan kertas tersebut? Mengapa? Jelaskan alasannya !
Tidak setuju dengan cara Budi menggunakan kertas tersebut. Karena tindakan Budi merupakan tindakan pemborosan yang juga dapat menimbulkan bencana alam dan kerusakan alam. Karena semakin banyak kertas yang terbuang maka semakin banyak pohon yang harus ditebang.

Mengapa kita harus menghemat penggunaan kertas?
Kita harus menghemat penggunaan kertas, karena kertas terbuat dari olahan kayu pohon, sehingga dengan menghemat kertas kita akan mengurangi pula jumlah pohon yang harus ditebang untuk membuat kertas. 

Tulislah beberapa cara untuk menghemat kertas!
Beberapa cara menghemat kertas antara lain sebagai berikut
  1. Tidak dengan mudah membuang kertas, pikirkan kembali kemungkinan kertas tersebut digunakan untuk hal-hal lainnya.
  2. Memaksimalkan penggunaan kertas yaitu menggunakan semua bagian sisi kertas seperti saat mencetak, gunakan kedua sisi kertas.
  3. Mengumpulkan sisa-sisa kertas untuk dapat diolah atau didaur ulang lagi
  4. Koran, majalah, atau kalender bekas dapat digunakan untuk membungkus
  5. Ketika akan mencetak suatu dokumen, cobalah pertimbangkan prioritas dan kebutuhannya. Jika dokumen tersebut perlu dicetak, gunakan ke dua sisi kertas.
  6. Menggunakan kertas hanya saat-saat dibutuhkan saja,
Ketika kita menghemat kertas, kita ikut menghemat penggunaan energi. Kita juga menghemat pohon-pohon di hutan. Kita ikut menjaga bumi kita supaya setiap orang bisa hidup nyaman di bumi. Menggunakan kertas yang sisinya masih kosong, teliti saat menulis, menggunakan hanya benar-benar ketika dibutuhkan adalah hal sederhana yang bisa kita lakukan untuk menghematnya.

Bagaimana dengan kamu? Apakah kamu sudah menghemat kertas.
Saya sudah menghemat penggunaaan kertas dengan menggunakan kertas bekas sebagai bahan kerajinan.
Tulis contoh-contoh pelaksanaan hak dan kewajiban secara seimbang. Ceritakan pengalamanmu menggunakan kertas.
Penggunaan kertas yang boros mengakibatkan pemborosan sumber daya alam, sebaiknya ketika kita menggunakan kertas kita gunakanlah dengan bijak. Misalnya saat menulis gunakanlah kedua sisi kertas sehingga dapat menghemat kertas. Dengan menggunakan kertas sesuai kebutuhan kewajiban kita untuk melestraikan sumber daya lam sudah dilaksanakan, selain itu kita juga memperoleh hak yaitu menggunakan kertas tersebut.

Sebagai bagian dari anggota masyakat kita harus melaksanakan hak dan kewajiban kita secara seimbang. Kita berhak menggunakan kertas, tapi orang lain juga berhak untuk hidup di lingkungan yang nyaman. Kewajiban kitalah untuk menghemat kertas.
Sebagai bagian dari anggota masyakat kita harus melaksanakan hak dan kewajiban kita secara seimbang. Kita berhak menggunakan kertas, tapi orang lain juga berhak untuk hidup di lingkungan yang nyaman. Kewajiban kitalah untuk menghemat kertas.

Ternyata kertas bekas juga bisa manfaatkan untuk belajar ya. Ingat, hemat kertas setiap hari ya.Manfaatkan juga kertas bekas untuk berbagai hal yang bermanfaat.Hal yang kita lakukan itu adalah wujud cinta Indonesia.Jadikan Indonesia kita negeri yang ramah lingkungan.

Ayo Bernyanyi
Sekarang, saatnya kamu berlatih dengan teman-temanmu untuk menyanyikanlagu “Menanam Jagung” dengan tempo sedang.Tambahkan dengan tepuk tangan atau ketukan untuk mengiringi kamu bernyanyi.Bernyanyilah dalam kelompok. 
not angka lagu menanam jagung
Mintalah pendapat temanmu. Apakah saat kamu bernyanyi sudah sesuai tinggi rendah nada?Apakah sudah sesuai tempo?Mintalah temanmu menuliskan pendapatnya di kolom berikut

Ayo Renungkan
Apa yang kamu pelajari hari ini?
Hari ini saya belajar tentang pelaksanaan kewajiban dan hak secara seimbang dan menyanyikan lagu Menanam Jagung.
Sudahkah kamu menghemat penggunaan kertas?
Saya sudah melakukan penghematan kertas dengan menggunakan kedua sisi kertas untuk menulis.
Kerja Sama dengan Orang Tua
Sampaikan kepada orang tuamu pentingnya menghemat kertas. Diskusikan apakah di keluargamu sudah menghemat kertas
Kita harus menghemat penggunaan kertas, karena kertas terbuat dari olahan kayu pohon, sehingga dengan menghemat kertas kita akan mengurangi pula jumlah pohon yang harus ditebang untuk membuat kertas. 
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 7:05 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.