Home » » Pembelajaran 6 Tema 2 Subtema 3 Memelihara Kesehatan Organ Pernapasan Manusia

Pembelajaran 6 Tema 2 Subtema 3 Memelihara Kesehatan Organ Pernapasan Manusia

Pada Pembelajaran 6 Tema 2 Subtema 3 Memelihara Kesehatan Organ Pernapasan Manusia akan mempelajari tentang menjelaskan dua macam teknik pewarnaan. Dengan mengamati gambar cerita, siswa mampu menjelaskan contoh sikap bertanggung jawab atas tugas yang diberikan. Dengan berdiskusi, siswa dapat menjelaskan akibat yang terjadi jika tanggung jawab tidak dilaksanakan.Dengan menyelesaikan sketsa menjadi gambar cerita, siswa mampu menceritakan gambar cerita yang telah dibuat. Sebagai catatan tulisan ini hanya sebagai panduan saja ketika mengikuti kegiatan pembelajaran bersama Bapak/Ibu guru.

Pada Pembelajaran 5 kamu telah membuat sketsa gambar cerita sesuai tema yang telah kamu pilih. Sekarang saatnya kamu mewarnai gambarmu.

Ada dua macam teknik pewarnaan, yaitu pewarnaan basah dan pewarnaan kering. Teknik pewarnaan basah ialah pewarnaan menggunakan media yang memerlukan pengencer, misalnya tinta, cat air, atau cat minyak. Sebaliknya, teknik pewarnaan kering ialah pewarnaan menggunakan media yang tidak memerlukan bahan pengencer, misalnya pensil warna, krayon, atau oil pastel.

Rangkaian gambar berikut merupakan gambar dari sebuah cerita tentang seorang anak yang tidak mau bekerja sama dengan temannya dalam menyelesaikan tugas mewarnai. Saat melihat teman-teman lain telah menyelesaikan tugas, si anak mau bekerja sama untuk segera menyelesaikan tugas. Perhatikan gambar sebelum diwarnai dan setelah diwarnai.
Mewarnai Gambar
Perhatikan gambar-gambar di atas. Gambar-gambar sebelah kiri merupakan gambar sketsa yang telah disempurnakan. Gambar-gambar sebelah kanan merupakan gambar-gambar yang telah diwarnai. Pada halaman berikut, kamu akan melihat gambar yang diwarnai telah disusun menjadi cerita dengan ditambahkan teks cerita
Akibat Tidak Kerja Sama
Dalam cerita bergambar di atas terdapat contoh sikap bertanggung jawab atas tugas yang diberikan. Sikap bertanggung jawab memang harus dilatih sejak kecil supaya menjadi kebiasaan hingga kita dewasa nanti.

Ayo Berdiskusi
Apa akibatnya jika siswa tidak melaksanakan tanggung jawabnya di sekolah, di rumah, dan dalam masyarakat? Diskusikan bersama kelompokmu, lalu bandingkan dengan hasil diskusi kelompok-kelompok lain.
Jika siswa tidak melaksanakan tanggung jawabnya di sekolah maka akan mempengaruhi nilai siswa tersebut, sedangkan jika di rumah akan menyebabkan ditegur oleh orang tua, dan jika tidak melaksanakan tanggung jawab dikalangan masyarakat akan dikucilkan.
Ayo Bercerita
Apakah gambar ceritamu sudah selesai kamu warnai? Apakah kamu juga menuliskan teks sesuai gambar ceritamu? Jika gambar ceritamu sudah selesai kamu warnai dan ditulisi teks sesuai cerita, tunjukkan kepada teman-teman dan bapak/ibu gurumu. Ceritakan gambarmu. Lakukan bergantian dengan teman-temanmu.
Aku menjaga udaraku bersih
Ceritaku :
Aku menjaga udaraku bersih.
Udin dan teman-teman sedang menanam pohon agar udara di lingkungan sekitar bersih. Pak Guru menjelaskan pentingnya menanam pohon. Menurut beliau pohon mampu menyerap berbahaya yang ada di udara. Pohon juga menghasilkan oksigen yang dapat digunakan untuk bernapas. Pak Guru juga menjelaskan dengan adanya banyak pohon udara menjadi bersih. Karena pohon menhasilkan oksigen dan menyerap karbon dioksida. Beliau juga menjelaskan bahwa dengan ikut menanam pohon berarti kita ikut menjaga udara tetap bersih.

Kamu dan teman-temanmu telah membuat gambar cerita dan mempresentasikannya. Bagaimana? Apakah kamu puas dan bangga terhadap hasil karyamu? Apakah teman-temanmu juga mengakui keindahan karyamu? Bagaimana dengan hasil karya gambar cerita teman-temanmu? Pasti bagus juga, bukan? Supaya hasil karyamu dapat dilihat dan dinikmati oleh lebih banyak orang, buatlah pameran kecil-kecilan. Tempelkan hasil karya kalian pada majalah dinding sekolahmu. Kalian juga dapat menempelkannya pada sebilah papan tripleks, lalu letakkan pada dinding luar kelasmu. Teman-temanmu dari kelas lain, adik-adik kelas, kakak-kakak kelas, dan bapak/ibu guru lain akan dapat melihat dan menikmati hasil karya kalian. Menyenangkan, bukan? Perhatikan contoh penataan hasil karya gambar cerita di bawah.
Majalah DInding
Ayo Renungkan
Sikap apa yang kamu pelajari hari ini?
Hari ini saya telah belajar tentang :
  1. Sikap: : Mengembangkan sikap percaya diri saat bercerita di depan teman dan guru 
  2. Pengetahuan: : Dua macam teknik pewarnaan dan dampak tidak melaksanakan tanggung jawab 
  3. Keterampilan: : Menceritakan gambar cerita
Kerja Sama dengan Orang Tua
Tanyakan kepada orang tuamu, apakah selama ini kamu telah melaksanakan kewajibanmu dengan penuh tanggung jawab atau belum. Jika belum, mintalah saran kepada orang tuamu untuk memperbaikinya.
Setelah saya menanyakan kepada orang tua ternyata saya belum melaksanakan kewajibanku dengan penuh tanggung jawab. Saran dari orangtuaku akan membantu dan membimbing anak melaksanakan kewajibanmu dengan penuh tanggung jawab.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 1:12 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.