Home » » Pembelajaran 4 Tema 2 Subtema 1 Cara Tubuh Mengolah Udara Bersih

Pembelajaran 4 Tema 2 Subtema 1 Cara Tubuh Mengolah Udara Bersih

Pada Pembelajaran 4 Tema 2 Subtema 1 Cara Tubuh Mengolah Udara Bersih akan mempelajari tentang menjelaskan informasi terkait pertanyaan apa, di mana, dan bagaimana. Mengidentifikasi jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi masyarakat Indonesia dalam bidang jasa. Menyajikan satu produk unggulan dari daerah setempat yang merepresentasikan jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi masyarakat setempat. Menceritakan hasil pengamatannya atas pelaksanaan pengambilan keputusan dalam pemilihan ketua RT, ketua RW, atau kepala desa sebagai wujud tanggung jawab sebagai warga masyarakat. Sebagai catatan tulisan ini hanya sebagai panduan saja ketika mengikuti kegiatan pembelajaran bersama Bapak/Ibu guru.

Ada bermacam-macam jenis usaha yang memanfaatkan sumber daya alam, seperti pertanian, perkebunan, kehutanan, perikanan, dan pertambangan. Ada pula jenis usaha lain yang memanfaatkan sumber daya alam, yaitu usaha pariwisata. Ayo, kita pelajari jenis usaha ini.

Ayo Membaca
Melihat Jejak Merapi di Kaliadem
Kaliadem terletak di lereng Gunung Merapi di Yogyakarta. Dahulu tempat ini terkenal sebagai lokasi perkemahan yang asri. Fasilitas di areal wisata Kaliadem dahulu cukup komplit. Ada pendopo, gedung pertemuan, kios-kios, warung, gardu pandang, lapangan untuk perkemahan, toilet, dan sebagainya. Akan tetapi, setelah Merapi meletus pada bulan Juni 2006, sebagian besar fasilitas itu lenyap terkubur lahar.
Objek Wisata Kaliadem
Saat ini, wisata Kaliadem sudah berubah nama menjadi Lava Tour Kaliadem. Sebagian besar pemandangan Kaliadem berupa hamparan pasir dan batuan bekas lahar. Di sana, ada bunker atau rulinda (ruang lindung darurat). Bunker ini dibangun untuk tempat berlindung jika tiba-tiba Gunung Merapi menyemburkan awan panas. Di dalam bunker ini ada kamar mandi, tabung oksigen, masker, listrik, dan perlengkapan lainnya. Pintunya dua lapis terbuat dari lempengan besi setebal 3 cm.

Ayo Menulis
Dari bacaan “Melihat Jejak Merapi di Kaliadem” kamu mengetahui salah satu lagi jenis usaha, yaitu usaha pariwisata.
  • Di mana kamu tinggal?
  • Apakah di daerah tempat tinggalmu ada jenis usaha pariwisata?
  • Bagaimana pengaruh adanya usaha pariwisata bagi kehidupan masyarakat?

Saya tinggal di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Di daerah tempat tinggalku terdapat usaha jasa pariwisata. Salah satu pengaruh adanya usaha pariwisata bagi kehidupan masyarakat yaitu dapat membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar objek wisata. Masyarakat dapat ikut bekerja di objek wisata tersebut, adapun yang tidak bekerja menjadi karyawan di objek wisata tersebut sebagaian masyarakat lainya berdagang di lingkungan objek wisata.

Jenis Usaha Bidang Jasa
Jenis usaha pariwisata merupakan usaha di bidang jasa. Bidang jasa berkaitan dengan pemberian layanan kepada konsumen. Contoh usaha jasa selain pariwisata antara lain perbankan, keuangan, asuransi, kesehatan, dan hukum. Sektor jasa di Indonesia, terutama pariwisata berkembang pesat. Pesatnya jasa pariwisata didukung potensi panorama alam Indonesia yang elok. Sektor pariwisata di Indonesia juga menonjolkan aspek budaya. Contoh objek wisata alam adalah danau, pantai, bukit, pegunungan, gunung, suaka alam, serta flora fauna. Contoh objek wisata budaya adalah kesenian daerah, upacara adat, keraton, dan candi.

Berkembangnya sektor pariwisata menumbuhkan usaha-usaha penunjang jasa pariwisata.Usaha-usaha di bidang jasa pariwisata antara lain sebagai berikut. 
  1. Pengelola jasa penginapan, misalnya hotel, motel, wisma, dan losmen.
  2. Usaha penjualan barang cendera mata atau suvenir.
  3. Penyedia jasa pemandu wisata (tour guide).
  4. Penyedia jasa pariwisata dan transportasi (tour and travel).

Salah satu jenis usaha yang banyak kita lihat adalah berjualan. Mulai dari penjual buah, makanan, barang-barang keperluan sehari-hari hingga para penjual kendaraan bermotor. Dari jenis usaha itu, para pedagang dapat memperoleh penghasilan untuk kehidupan sehari-hari.
Pedagang
Ayo Bercerita
1. Pada Pembelajaran 3 kamu telah melakukan kegiatan wawancara untuk mengetahui tentang jenis usaha di lingkungan sekitarmu. Kamu juga telah membuat salah satu produk dari jenis usaha di lingkungan sekitarmu. Kini presentasikan hasil wawancara kalian. Presentasikan juga produk yang telah kalian buat beserta catatan-catatan saat melakukan kegiatan tersebut. Mintalah pendapat dari kelompok lain. Lakukan bergantian. 

Hasil wawancara yang telah saya lakukan terhadap pedagang kue di sekolah antara lain sebagai berikut :
  1. Jenis usaha yang dilakukan narasumber adalah menjual kue. 
  2. Melalui kegiatan berdagang kue pedagang membuat kue dan memperoleh keuntungan dari penjualan kue.
  3. Beberapa bahan yang digunakan untuk membuat kue seperti terigu, gula, minyak, pengembang kue, mentega, dan telur.
  4. Pengetahuan dan keterampilan membuat adalah keterampilan saat membuat kue agar rasanya enak dan tampilannya menarik. Pengetahuan juga dibutuhkan saat membuat adonan kue agar adonan memiliki komposisi yang tepat.
  5. Kesulitan yang dihadapai saat membuat kue adalah mencari bahan-bahan kue terkadang di warung tidak ada dan saat membuat kue tidak sesuai harapan karena ada bahan yang kurang.

2. Menjalankan usaha dengan sebaik-baiknya merupakan salah satu tanggung jawab warga masyarakat. Pada Pembelajaran 3 kamu melakukan kegiatan mengamati pelaksanaan pemilihan ketua RT, ketua RW, atau kepala desa di lingkungan tempat tinggalmu. Laporkan hasil pengamatanmu, lalu bacakan di depan teman-teman dan gurumu. Mintalah tanggapan dari teman-temanmu.
Laporan Pengamatan Pemilihan Ketua RW
Nama:Dayu
Hasil Pengamatan:1. Calon ketua RW :
  • Bapak Budi Santosa
  • Bapak Agus Hermawan
  • Bapak Bakri Widodo
2. Jumlah pemilih : 365 orang

3. Tempat pemilihan : Balai Warga

4. Hasil pemilihan :
NoNama Calon Ketua RWJumlah Pemilih
1Bapak Budi Santosa80
2Bapak Agus Hermawan90
3Bapak Bakri Widodo195
Jumlah Pemilih365
Ketua RW terpilih adalah Bapak Bakri Widodo dengan jumlah pemilih 195 orang

Ayo Renungkan
Menurutmu, mengapa ada berbagai jenis usaha?Mengapa orang melakukan suatu usaha tertentu dan orang lain melakukan jenis usaha lain yang berbeda?
Keberagaman usaha ekonomi masyarakat terjadi karena keberagaman kemampuan manusia dalam mengelola produksi dan konsumsi sumber daya alam. Perbedaan itu membuat jenis usaha yang berbeda-beda.
Kerja Sama dengan Orang Tua
Bicarakan dengan orang tuamu, cita-citamu saat dewasa nanti. Jenis usaha apa yang kira-kira ingin kamu lakukan? Ceritakan kepada teman-temanmu. (Hanya contoh)
Bila aku dewasa nanti aku ingin menjadi seorang dokter, aku ingin membanggakan kedua orang tuaku dan aku ingin menolong masyarakat yang membutuhkan pertolonganku. Aku ingin menjadi seorang dokter agar kedua orang tuaku sangat bangga. Aku ingin kelak menjadi orang yang berguna berguna bagi orang lain. 

Untuk meraih cita-cita, aku akan belajar yang tekun menuruti apa kata orang tuaku dan aku akan mendengarkan semua nasehat dari mereka. Aku akan memperbaiki semua kesalahan yang aku lakukan. Ya Allah jadikanlah aku orang yang berguna bagi ayah dan ibuku dan masyarakat disekitarku.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 7:08 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.