Home » » Pembelajaran 6 Tema 7 Subtema 3 Peristiwa Mengisi Kemerdekaan

Pembelajaran 6 Tema 7 Subtema 3 Peristiwa Mengisi Kemerdekaan

Sikap kepahlawanan dan patriotisme tidak hanya dibutuhkan dalam meraih cita-cita kemerdekaan bangsa. Namun, juga dibutuhkan dalam mengisi kemerdekaan.

Ingatlah sikap kepahlawanan dan patriotisme yang ditunjukkan oleh seorang guru. Manfaat apa yang kamu rasakan terhadap sikap kepahlawanan dan patriotisme guru? Karena guru, kamu bisa membaca, menulis, dan berhitung serta menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Kamu pun diarahkan untuk menguasai berbagai keterampilan.
Jasa Pahlawan
Bisakah kamu membayangkan jika seorang guru tidak memiliki sikap kepahlawanan dan patriotisme? Pasti kamu akan menjadi anak yang miskin ilmu dan keterampilan. Kamu akan tumbuh menjadi generasi yang tertinggal. Guru merupakan pahlawan masa kini bagi kita. Kita harus menghargai jasajasanya.

Berbagai peristiwa dari masa penjajahan, pergerakan dan kebangkitan nasional, Proklamasi Kemerdekaan, dan usaha mempertahankan kedaulatan bangsa dan negara telah melahirkan banyak pejuang dan pahlawan bagi bangsa kita. Jasa mereka begitu besar. Kita pun harus bisa menghargainya. Bagaimanakah caranya? Bacalah bacaan berikut dengan saksama.

Ayo Membaca
Menghargai Jasa Para Pahlawan
Bangsa yang besar adalah bangsa yang bisa menghargai jasa para pahlawan. Pepatah itu mengingatkan kita untuk selalu menghargai jasa para pahlawan. Para pahlawan telah berjuang dengan mengorbankan harta, benda, jiwa, bahkan nyawanya untuk meraih kemerdekaan seperti yang sekarang ini kita nikmati. Berkat pengorbanan dan pengabdiannya, bangsa kita bisa terlepas dari penjajahan dan menjadi negara yang merdeka, bebas, dan berdaulat.

Kini kamu sebagai putra putri penerus bangsa mempunyai tugas untuk meneruskan cita-cita para pahlawan. Kamu berkewajiban melanjutkan perjuangan pahlawan sebagai pahlawan pembangunan mewujudkan bangsa Indonesia yang sejahtera, aman, damai, tertib, tenteram, dan bahagia. Dengan demikian, kamu telah turut menghargai jasa para pahlawan.

Untuk menjadi pahlawan pembangunan, kamu dapat menerapkan nilainilai kepahlawanan yang telah ditunjukkan mereka. Berikut nilai-nilai kepahlwanan yang dapat kamu terapkan dalam kehidupan sehari-harimu.

1. Rela Berkorban
Sikap rela berkorban adalah sikap yang lebih mementingkan kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi. Sikap rela berkorban dapat dibiasakan di lingkungan rumah, keluarga, dan masyarakat. Kita harus peduli kepada orang lain.

2. Berjiwa Besar
Berjiwa besar adalah sikap yang mau menerima segala yang terjadi dengan penuh kesabaran dan keikhlasan. Berjiwa besar dapat diwujudkan dengan mau menerima kekalahan dengan ikhlas, meminta maaf dan memberi maaf.
Meminta Maaf
Ayo Berlatih
Pahamilah bacaan di atas! Kemudian, tuliskan cara menghargai jasa para pahlawan bangsa!

Cara menghargai jasa para pahlawan antara lain sebagai berikut :
Menghargai Jasa Para Pahlawan
  1. Lebih mementingkan kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi. 
  2. Saling menghargai dan menghormati.
  3. Memiliki semangat cinta tanah air yang tinggi.
  4. Belajar dan berusaha dengan giat.
  5. Memperingati setiap peristiwa bersejarah.
  6. Melaksanakan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
  7. Menjaga keamanan dan ketertiban.
  8. Mencintai dan menggunakan produk dalam  negeri.

Ayo Berlatih

Ayo Belajar dari Masalah
1. Bel tanda masuk berbunyi. Semua siswa masuk kelas. Ketika akan masuk kelas, tidak sengaja Bambang menginjak kaki Heru. Bambang minta maaf kepada Heru. Tetapi, Heru justru memarahi Bambang. Heru menganggap Bambang sengaja menginjak kakinya. Persoalan sepele tersebut menjadi besar. Jika kamu menjadi Heru, tindakan apakah yang akan kamu lakukan kepada Bambang?
Seandainya menjadi Heru sebaiknya memaafkan apa yang dilakukan oleh Bambang karena bambang melakukan hal tersebut tidak disengaja.

Jika kamu menjadi Bambang, tindakan apakah yang akan kamu lakukan kepada Heru?
Seandainya menjadi bambang tentunya akan meminta maaf kepada Heru, dan menjelaskan bahwa apa yang dilakukan tersebut tidak disengaja.

2. Di kelasmu sering diadakan ulangan harian. Pernahkah kamu mendapat nilai yang kamu harapkan dan nilai yang tidak kamu harapkan? Bagaimana sikapmu ketika mendapat nilai yang kamu harapkan?
Jika nilai yang diperoleh tidak sesuai harapan maka jadikan hasil tersebut sebagai pelajaran agar pada ulangan yang akan datang memperoleh nilai yang lebih baik.
.
Bagaimana sikapmu ketika mendapat nilai yang tidak kamu harapkan
Jika nilai yang kita peroleh sesuai harapan maka kita patut bersyukur. Nilai yang diperoleh saat ini dijadikan penyemangat agar lebih giat belajar.

3. Di kelasmu, akan diadakan ulangan. Kamu ingin mendapat nilai bagus. Karena itu, kamu pun belajar dengan tekun. Bagaimana sikapmu saat menghadapi ulangan? Apa alasannya?
Untuk menghadapi ulangan harus belajar dengan tekun agar nilai yang diperoleh sesuai dengan harapan.

Jika ada temanmu yang meminta jawabanmu, apakah kamu rela memberikannya? Mengapa demikian?
Jika ada teman yang meminta jawaban sebaiknya ditolak karena pada saat ulangan tidak boleh bekerja sama,

4. Setiap berangkat ke sekolah, Andi dan Agus selalu bersama-sama. Mereka berjalan kaki. Saat berjalan kaki, tiba-tiba seorang nenek jatuh persis di hadapan mereka. Agus dan Andi terus berjalan karena takut terlambat masuk sekolah. Padahal, nenek itu membutuhkan pertolongan mereka untuk bisa berdiri. Apakah sikap Andi dan Agus mencerminkan sikap rela berkorban? Mengapa?
Sikap yang ditunjukkan Andi dan Agus belum menunjukkan sikap rela berkorban karena tidak mau menolong seorang nenek yang membutuhkan pertolongan.

Jika kamu menjadi Agus atau Andi, tindakan apa yang akan kamu lakukan?
Jika melihat ada seorang nenek yang terjatuh sebaiknya kita menolongnya. Jika karena menolong nenek tersebut menjadi terlambat kita bisa menjelaskan alasan kepada guru mengapa terlambat.

5. Saat Pak Guru sedang menjelaskan di depan kelas, ada dua orang temanmu yang asyik berbicara sendiri. Mereka tidak memperhatikan penjelasan Pak Guru. Bagaimana sikapmu terhadap dua temanmu itu? Mengapa demikian?
Jika ada teman yang berbicara sendiri sebaiknya ditegur karena mereka tidak menghargai Pak Guru yang sedang menjelaskan pelajaran. Selain itu apa yang mereka lakukan juga mengganggu teman lain yang sedang serius mendengarkan.

Bagaimana sikap yang seharusnya dilakukan oleh kedua temanmu saat Pak Guru sedang mengajar? Mengapa demikian?
Pada saat Pak Guru menjelaskan sebaiknya mereka mendengarkan apa yang disampaikan karena apa yang disampaikan Pak Guru sangat penting.

Ayo Berkreasi
Sikap yang juga mencerminkan nilai-nilai kepahlawanan adalah cinta tanah air. Sikap cinta tanah air dapat diwujudkan dengan berbagai cara, salah satunya mengembangkan dan melestarikan budaya bangsa. Unsur budaya bangsa yang dapat kamu pelajari dan kamu kembangkan adalah seni lukis daerah.

Pada pembelajaran sebelumnya, kamu telah belajar mengenai pengertian, ciri, contoh, dan bahkan kamu telah mencoba menerapkannya dengan memadukannya ke dalam surat udangan. Sekarang, buatlah karya seni lukis daerah berupa gambar kesenian yang berasal dari suku bangsa atau daerahmu sendiri.

Sebagai contoh, amatilah gambar-gambar berikut!
Seni Lukis Daerah
Lukisan-lukisan tersebut hanya sebagian dari karya yang menggambarkan keanekaragaman kesenian yang ada di Indonesia. Ayo, kamu juga dapat membuat lukisan kesenian lainnya.

Ayo Renungkan
Kamu telah mempelajari materi yang dapat mengantarkanmu menjadi seorang pahlawan, baik bagi dirimu sendiri, orang lain, keluarga, maupun bangsa dan negara. Selanjutnya, kamu tentu akan berusaha membiasakan perilaku-perilaku yang dapat mendukungmu menjadi pahlawan. Bagaimana wujud perilaku yang akan kamu lakukan? Apakah perilaku tersebut sudah kamu biasakan mulai dari sekarang?

Isilah tabel berikut ini dengan perilaku-perilaku yang dimiliki oleh pahlawan. Catatlah apakah kamu sudah membiasakan untuk melaksanakannya atau belum.
No.Perilaku dalam PembiasaanPelaksanaan
SudahBelum
1.Berani mengakui kesalahan yang dilakukan (berani)-
2.Membantu mereka yang kesusahan (rela berlorban)-
3.Tidak melakukan perbuatan tercela yang merugikan orang lain (membela kebenaran dan keadilan)-
4.Bangga menjadi orang Indonesia (Cinta tanah air)-
5.Tidak putus asa saat mengalami kegagalan berkali-kali (berjiwa besar)-
6.Gotong royong membersihkan rumah setiap akhir pekan (kerja sama dan tanggung jawab)-
7.Memupuk rasa tanggung jawab dan saling menghargai lewat berbagai kegiatan sehari-hari. (menjaga persatuan dan kesatuan)-
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 4:34 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.