Home » » Pembelajaran 5 Tema 7 Subtema 3 Peristiwa Mengisi Kemerdekaan

Pembelajaran 5 Tema 7 Subtema 3 Peristiwa Mengisi Kemerdekaan

Kamu telah belajar membuat surat undangan resmi. Kali ini, kamu akan membuat sebuah surat undangan yang dipadukan dengan motif seni lukis daerah. Bagaimana hasilnya?

Mengisi kemerdekaan dapat kita lakukan dengan berbagai hal yang positif. Mengisi waktu dengan berlatih dan mengasah kreativitas dan keterampilan adalah salah satunya. Keterampilan yang didukung dengan kreativitas akan mampu menghasilkan karya atau produk-produk yang berkualitas, indah, dan berguna.

Ayo Mengamati
Undangan Tidak Resmi
Masih ingatkah kamu apa itu undangan tidak resmi? Ingatlah kembali dan tuliskanlah di tempat yang tersedia di bawah ini!
Undangan yang mengatasnamakan perorangan yang ditujukan kepad perorangan untuk kepentingan perorangan, seperti undangan ulang tahun undangan perayaan kelahiran
Tentunya, kamu juga masih ingat bukan arti dan ciri seni lukis daerah itu. Tuliskanlah di tempat yang tersedia di bawah ini!
Seni lukis daerah mengandung nilai-nilai budaya yang berkembang di suatu daerah.

Kedua keterampilan ini, yakni keterampilan menulis surat undangan dan keterampilan melukis, jika dipadukan, akan menjadi sebuah karya yang indah dan menarik. Untuk memadukan kedua keterampilan ini, dibutuhkan kreativitas dan ketekunan yang baik. Amati contohnya berikut ini!
Undangan

Ayo Mencoba

Buatlah surat undangan setengah resmi dengan dihiasi lukisan daerah. Tema surat undangan yang dapat kamu pilih antara lain sebagai berikut.
  1. Pertunjukan kesenian
  2. Pentas seni
  3. Peringatan HUT Kemerdekaan Indonesia
  4. Perlombaan olahraga
  5. Kerja bakti
Pentas Seni
Ayo Berlatih
Ceritakan pengalamanmu membuat undangan yang dipadukan dengan seni lukis daerah pada kolom berikut!

Cerita Pengalamanku

Nama kegiatan
Membuat Undangan Pentas Seni

Bagian yang paling menarik
Pada kegiatan membuat undangan pentas seni bagian yang paling menarik adalah saat melukis latar belakang undangan berupa lukisan daerah.

Kesulitan yang dialami
Salah satu kesulitan pada saat membuat undangan pentas seni adalah memilih warna yang tepat.

Pendapat saya tentang kegiatan ini
Kegiatan ini sangat bermanfaat untuk melatih keterampilan melukis dan membuat surat undangan. Selain itu kegiatan ini juga dapat digunakan sebagai salah satu cara melestarikan kesenian daerah.

Saya menyarankan/tidak menyarankan kegiatan ini karena
Saya menyarankan kegiatan ini karena sangat bermafaat untuk melatih keterampilan seni lukis dan menulis undangan.

Contoh lainnya adalah sebagai berikut :
Kesenian Bali

Tahukah Kamu?
Pernahkah kamu mengalami peristiwa berikut ini? Pada saat meminum air es, kamu akan menjumpai adanya titik-titik air di dinding tempat air es tersebut. Tahukah kamu bahwa titik-titik air tersebut terjadi karena adanya peristiwa pengembunan udara yang berada di sekitar tempat es tersebut? Udara mengalami peristiwa pengembunan karena udara di sekeliling gelas atau plastik melepaskan kalor atau panas kepada es di dalam wadahnya. Hal tersebut karena suhu udara di luar gelas atau plastik lebih besar atau tinggi dibandingkan dengan suhu es dalam gelas atau plastik.

Peristiwa pengembunan lain yang sering kita jumpai, yaitu ketika pada pagi hari, kita melihat ada titik-titik air di dedaunan. Sekitar rumah kita pun basah. Air sering menetes dari atas genting. Titik-titik air tersebut merupakan embun yang berasal dari uap air yang mengembun menjadi titik-titik air.

Ayo Mencoba
PERCOBAAN 1
Mengamati perubahan wujud benda

A. Alat dan Bahan
1. Es batu
2. Gelas kaca

B. Cara Kerja
1. Siapkan alat dan bahan.
2. Masukkan es batu ke dalam gelas.
Mengembun
C. Pangamatan
Amatilah perubahan yang terjadi pada es batu tersebut selama percobaan berlangsung dan catatlah dari waktu ke waktu.
Hasil Pengamatan
WaktuPerubahan yang Terjadi
1 MenitDinding gelas mulai mendingin
5 MenitDinding gelas semakin menjadi dingin
10 MenitEs mulai mencair dan dinding gelas semakin dingin
15 MenitMulai terbentuk titik-titik air di dinding gelas
20 MenitTitik-titk air di dinding gelas semakin banyak
25 MenitDinding bagian luar gelas menjadi basah

Pada dinding gelas tersebut, muncul titik-titik air atau embun. Proses terjadinya pengembunan atau kondensasi ini adalah saat uap air di udara melalui permukaan yang lebih dingin, maka uap air ini akan terkondensasi menjadi titik – titik air atau embun.

D. Kesimpulan
Percobaan yang dilakukan membuktikan peristiwa pengembunan. Peristiwa pengembunan dapat terjadi karena suhu pada benda tersebut (gelas) lebih dingin dibandingkan dengan suhu udara sekitar sehingga udara sekitar yang mengandung uap air mengembun. Uap air berubah menjadi cairan yang menempel pada sisi luar gelas.

Ayo Renungkan
Berbagai peristiwa telah kita alami. Peristiwa-peristiwa tersebut menjadi sebuah pengalaman bagi kita. Entah itu menyenangkan ataupun yang tidak menyenangkan. Orang bijak berkata bahwa “Orang yang beruntung adalah orang yang belajar dari pengalaman”. Kemukakanlah satu peristiwa atau pengalaman yang pernah kamu alami dan sebutkan pelajaran apa yang dapat kamu ambil dari peristiwa tersebut!
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 6:43 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.