Home » » Pembelajaran 5 Tema 6 Subtema 2 Membangun Masyarakat Sejahtera

Pembelajaran 5 Tema 6 Subtema 2 Membangun Masyarakat Sejahtera

Udin dan teman-teman adalah siswa kelas 6 Sekolah Dasar. Rata-rata umur Udin dan teman-teman 12 tahun. Udin dan teman-teman ada yang sudah memasuki masa pubertas, namun ada juga yang belum memasuki masa pubertas. Mereka berkelompok melakukan kegiatan bersama. Mereka akan berdiskusi mengenai masa pubertas. Ingatkah kamu mengenai masa pubertas?

Ayo Berlatih
Ingatkah kamu yang dimaksud masa pubertas? Tuliskan pengertianmu mengenai masa pubertas pada kolom berikut.
Pubertas merupakan suatu tahap perkembangan seorang anak menjadi dewasa secara s*ksual.

Ayo Mengamati
Buatlah kelompok terdiri atas 3 anak. Setiap kelompok beranggotakan anak dengan jenis kelamin sama. Anak laki-laki satu kelompok dengan anak lakilaki. Anak perempuan satu kelompok dengan anak perempuan. Apakah kamu dan teman-teman satu kelompok sudah memasuki masa pubertas? Lakukan pengamatan secara kelompok. Adapun langkah-langkah pengamatan sebagai berikut.
  1. Secara bergantian setiap kelompok melakukan pengamatan terhadap semua anggota kelompoknya.
  2. Buat urutan daftar ciri-ciri masa pubertas.
  3. Cocokkan ciri-ciri masa pubertas dengan keadaan temanmu sesuai pengamatan yang kamu lakukan.
  4. Buat kesimpulan hasil pengamatanmu terhadap teman-teman satu kelompokmu.
  5. Tuliskan hasil kesimpulan setiap anggota kelompok dalam bentuk tabel seperti berikut.
Edo Udin dan Beni
Hasil Pengamatan (hanya sebagai contoh)
Nama Anggota Kelompok:
1. Udin
2. Edo
3. Beni

Anak pertama yang diamati
Nama :Udin
Umur : 12 tahun

Masa Perkembangan: Pubertas

Alasan: Suara udin sudah berubah menjadi lebis besar, Udin sudah memiliki jakun, dan dada udin terlihat lebih bidang

Anak kedua yang diamati
Nama : Edo
Umur : 11 Tahun

Masa Perkembangan: Kanak-kanak

Alasan: . Jakun Edo belum tampak, suara Edo masi kecil, dan dada Edo masih rata

Anak ketiga yang diamati
Nama :Beni
Umur : 12 Ttahun

Masa Perkembangan: Pubertas

Alasan: Beni sudah memiliki jakun, suara Beni membesar, kumis Beni mulai tumbuh

Ayo Berkreasi
Carilah bacaan berisi ciri-ciri masa pubertas. Bacaan dapat kamu peroleh dari majalah maupun internet. Mintalah bantuan dan didampingi orang tua atau orang dewasa saat mencari bacaan melalui internet. Setelah memperoleh bacaan, tempelkan pada kolom berikut.

7 Ciri Pubertas pada Laki-laki
Sumber : https://health.kompas.com/read/2020/10/15/163300468/7-ciri-ciri-pubertas-pada-laki-laki?page=all
Masa pubertas adalah saat di mana tubuh anak-anak tumbuh ke arah dewasa. Pubertas pada laki-laki ditandai dengan perubahan di beberapa bagian fisiknya. Tak hanya itu, anak laki-laki juga mengalami perubahan emosional selama masa pubertas. Proses pendewasaan laki-laki biasanya lebih lambat ketimbang perempuan. Jika rata-rata usia pubertas anak perempuan adalah 11 tahun, anak laki-laki baru mulai masa pubertas di usia 12 tahun.

Namun, patokan tersebut tidak baku karena start awal masa pubertas laki-laki bisa berbeda-beda. Masa pubertas laki-laki masih dianggap normal saat dimulai dari usia 8 sampai 14 tahun. Sebelum anak berubah menjadi pria dewasa, berikut ciri-ciri pubertas pada laki-laki:

1. Bentuk tubuh berubah
Ciri-ciri masa pubertas laki-laki yang paling kentara adalah perubahan bentuk tubuh. Perubahan tubuh ini menjangkau bagian lengan, kaki, bahu yang melebar, dan otot-otot mulai terbentuk. Terkadang, perubahan ini tidak mencolok. Namun, ketika ditimbang, berat dan tinggi badan anak laki-laki yang masuk masa pubertas akan bertambah. Pertumbuhan otot dan beberapa bagian tubuh ini semakin signifikan apabila laki-laki intens berolahraga.

2. Mulai tumbuh bulu dan jerawat
Ciri-ciri pubertas laki-laki lainnya yakni munculnya jerawat serta bulu di area seperti wajah dan ketiak. Hal itu dipengaruhi perubahan hormon yang membuat produksi minyak meningkat. Dengan tumbuhnya bulu di beberapa area tubuh dan jerawat karena produksi minyak meningkat, laki-laki yang masuk masa puber perlu lebih merawat diri. Jika malas mendi, cuci muka, dan menjaga kebersihan diri, jerawat bakal tumbuh lebih banyak dan muncul bau badan tak sedap.

3. P*nis dan t*stis membesar
Tanda pubertas laki-laki yang pertama sebenarnya dimulai dari tumbuhnya t*stis dan skort*m. Memasuki masa pubertas, p*nis dan t*stis laki-laki akan bertumbuh bersamaan dengan munculnya rambut kemaluan. P*nis tersebut akan bertambah panjang dan lebar saat memasuki masa pubertas.

4. Mimpi basah
Ciri-ciri masa pubertas laki-laki juga ditandai dengan mimpi basah, atau ejakulasi di malam hari. Mimpi basah bisa terjadi dengan atau tanpa mimpi s*ksual. Keduanya normal. Untuk mengantisipasi anak laki-laki kaget saat mengalami mimpi basah, orangtua bisa membincangkannya dengan buah hatinya. Jelaskan kepada laki-laki bahwa mimpi basah adalah bagian dari pubertas.

5. Perubahan suara
Suara anak laki-laki akan berubah ketika laju pertumbuhan fisiknya mulai melambat. Kondisi ini dipengaruhi pita suara dan kotak suaranya mulai berkembang. Proses perubahan suara anak laki-laki biasanya dimulai dari nyaring, metinggi, lalu nadanya berubah jadi lebih rendah.

6. Pay*dara bertumbuh
Ciri-ciri pubertas laki-laki juga ditandai dengan pertumbuhan pada jaringan pay*dara karena perubahan hormon. Selama satu atau dua tahun memasuki masa puber, payudara laki-laki sedikit membengkak. Pertumbuhan payudara laki-laki ini umumnya bersifat sementara.

7. Suasana hati berubah
Seperti anak perempuan, anak laki-laki juga mengalami perubahan suasana hati saat memasuki masa pubertas. Perubahan suasana hati ini dipengaruhi perubahan hormonal, fisik, dan emosional. Tak jarang, anak-anak jadi murung, percaya dirinya rendah, mudah marah, sedih, sampai depresi. Perubahan yang terjadi pada masa pubertas laki-laki kerap menimbulkan rasa tidak nyaman.

Namun, Anda perlu berkonsultasi ke dokter jika tanda-tanda pubertas belum muncul sampai anak laki-laki berusia di atas 14 tahun. Diskusikan juga kepada dokter apabila masa pubertas anak laki-laki dimulai sebelum usia delapan tahun.

Ayo Berlatih 
Kamu telah mencari bacaan tentang ciri-ciri masa pubertas. Jawablah pertanyaan mengenai bacaan yang sudah kamu peroleh. 

1. Apa judul bacaan yang kamu peroleh? 
7 Ciri Pubertas Pada Laki-laki

2. Sesuaikah antara harapan informasi yang kamu peroleh ketika baru membaca judul bacaan dengan informasi yang kamu peroleh setelah membaca bacaan? 
Isi sesuai dengan judul bacaan

3. Informasi apakah yang kamu peroleh setelah membaca bacaan?
Informsasi yang saya peroleh setelah membaca bacaan adalah ada 7 ciri pubertas pada laki-laki yaitu : bentuk tubuh berubah, mulai tumbuh bulu dan jerawat, p*nis dan t*stis membesar, mimpi basah, perubahan suara, pay*dara bertumbuh, dan suasana hati berubah.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 8:14 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.