Home » » Pembelajaran 5 Subtema 2 Perubahan Cuaca

Pembelajaran 5 Subtema 2 Perubahan Cuaca

Beberapa hari ini cuaca berubah tak menentu. Terkadang hari ini cerah, esok cuaca hujan. Bahkan
cuaca dapat juga berubah-ubah dalam sehari. Sore ini, Lani dan teman-teman sedang bermain di lapangan desa. Mereka menikmati sejuknya udara dan hembusan angin. Sinar matahari bersinar dari celah-celah awan.

Ayo Membaca
Lani dan teman-teman beristirahat sejenak dari permainan mereka. Mereka duduk-duduk di pinggir
lapangan. Lani lalu bercerita tentang berita tadi malam di radio. Ternyata, pengaruh cuaca terhadap kehidupan manusia itu sangat besar.

Pengaruh cuaca terhadap kehidupan manusia itu sangat besar.
Apa Saja Pengaruh Cuaca bagi Kehidupan Manusia?

Saat cuaca hujan, tanah akan menjadi basah. Berbagai jenis tumbuhan menyukai kondisi seperti ini.

Cuaca panas berpengaruh terhadap kegiatan menjemur pakaian basah. Pakaian yang kita jemur akan cepat kering.

Cuaca juga berpengaruh terhadap pakaian yang kamu gunakan. Saat cuaca hujan, suhu udara sangat dingin. Kita memakai pakaian tebal agar tubuh tidak kedinginan. Saat cuaca panas, tubuh kita berkeringat. Kita membutuhkan pakaian yang dapat menyerap keringat.

Ayo Menulis
Dapatkah kamu menyusun informasi dari berita yang didengar oleh Lani? Bacalah sekali lagi teks berita yang diceritakan Lani. Diskusikanlah dengan temanmu. Lalu, susun informasi yang kamu peroleh dari teks berita tersebut.

Tuliskan informasi tersebut pada tempat yang telah disediakan.
Pengaruh Cuaca
Ayo Mengamati
Udara masih terasa sejuk. Lani dan teman-teman kembali bermain lompat tali. Talinya terbuat dari rangkaian karet gelang.

Saat asyik bermain, tiba-tiba talinya putus. Karet-karet gelang berceceran di atas lapangan. Teman-teman langsung membantu Siti memperbaiki tali itu.
Keragaman

Edo dan Beni memungut karet gelang yang berceceran di atas lapangan. Mereka mengumpulkan karet gelang itu ke Udin.

Udin kemudian menyerahkan karet gelang tersebut kepada Siti.

Dayu dan Lani membantu merangkai kembali karet gelang tersebut.

Ayo Menulis
Sudahkah kamu mengamati gambar di halaman sebelumnya? Tuliskan pentingnya bersatu dalam keberagaman.

Indonesia merupakan negara yang kaya akan budaya-budaya yang beragam. Indonesia juga memiliki budaya maupun tradisi yang berbeda-beda di setiap tempatnya. Keberagaman ini tidak seharusnya menimbulkan permasalahan. Sebaliknya, keberagaman yang ada di Indonesia seharusnya dapat mempererat hubungan antar masyarakat satu dengan yang lainnya.

Tidak sulit sebenarnya bagi kita untuk dapat tetap menjaga persatuan dengan keberagaman ini. Apabila kita mau belajar menghargai dan menghormati sesama serta tradisi mereka masing-masing, seharusnya tidak ada permasalahan yang akan timbul disebabkan oleh keberagaman ini.

Beberapa cara kita dapat saling menghargai keragaman suku bangsa dan budaya adalah dengan ikut memelihara, melestarikan, dan mengembangkan tradisi serta budaya yang ada dalam masyarakat, tidak merendahkan adat istiadat lain, dan menghormati segala bentuk tradisi lain yang tidak sama dengan tradisi sendiri. Jika kita mau belajar menghargai satu dan yang lainnya dengan menerapkan hal-hal sederhana tersebut dalam kehidupan sehari-hari kita, tentu keberagaman yang ada di Indonesia tidak akan menjadi masalah, namun menjadi sebuah kekayaan yang tidak semua negara miliki.

Hari sudah makin sore. Cuaca masih tetap berawan. Siti dan teman-teman selesai bermain. Mereka akan kembali ke rumah. Mereka mulai merapikan alat-alat permainan yang digunakan. Udin mengamati kotak-kotak permainan tapak gunung yang hendak dihapus.

Kotak-kotak itu mengingatkannya tentang materi pecahan yang dipelajari di kelas.

Ayo Mengamati
Amati pecahan-pecahan yang terbentuk dari kotak berikut.
Pecahan
Pecahan pada gambar di atas memiliki angka pembilang yang sama. Namun, angka penyebutnya berbeda. Makin besar angka penyebutnya, makin kecil pula bagian pecahan tersebut.

Ayo Berlatih
Bagaimana jika angka penyebutnya sama namun angka pembilangnya yang berbeda-beda? Manakah yang lebih besar? Perhatikan gambar berikut ini.

Beri tanda “>” (lebih dari) atau “<” (kurang dari) pada tempat yang telah tersedia.
Pecahan
Dapat disimpulkan bahwa untuk pecahan dengan penyebut yang sama:
“Makin besar pembilangnya, makin besar nilai pecahan tersebut.”
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 7:53 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.