Home » » Soal Evaluasi Tema 4 Globalisasi dan Cinta Tanah Air

Soal Evaluasi Tema 4 Globalisasi dan Cinta Tanah Air

Program pengajaran dirancang dan dilaksanakan untuk tujuan tertentu. Tujuan itu ialah supaya siswa mengalami perubahan yang positif. Penilaian berarti usaha untuk mengetahui sejauh mana perubahan itu telah terjadi melalui kegiatan belajar mengajar. Evaluasi dapat diartikan suatu pengamatan terhadap siswa dengan memperhatikan tingkah lakunya. Kegiatan mengukur, menilai, dan mengevaluasi sangatlah penting dalam dunia pendidikan. Kegiatan tersebut merupakan suatu tolak ukur yang dibutuhkan untuk mengetahui sejauhmana pencapaian pendidikan telah terlaksana. 

Contohnya dalam evaluasi pembelajaran ada yang namanya penilaian hasil belajar siswa yang merupakan langkah awal dalam proses evaluasi tersebut. Kegiatan pengukuran yang dilakukan biasanya dituangkan dalam berbagai bentuk tes dan hal ini yang paling banyak digunakan. Ada banyak bentuk tes yang dapat digunakan dalam evaluasi pembelajaran dan ada juga yang berbentuk nontes.

Pada bagian akhir setiap tema akan diadakan evaluasi pembelajaran. Evaluasi ini bertujuan untuk mengukur seberapa juah penguasaan siswa terhadap materi yang telah dipelajari. Berikut ini Soal Evaluasi Tema 4 Globalisasi dan Cinta Tanah Air

1. Jelaskan makna dari “Berpikir Global, Bertindak Lokal”. Berikan contoh!
Berpikir Global, Bertindak Lokal artinya memiliki pemikiran maju dan mendunia, namun tetap bertindak sesuai dengan budaya luhur bangsa Indonesia. Contoh tindakan Beroikir Global Bertindak Lokal diantaranya adalah berbelanja di pasar tradisional, menggunakan barang-barang produksi dalam negeri, mengonsumsi buah-buahan lokal

2. Gambarkan dan jelaskan proses panel listrik tenaga surya.
Cara Kerja Panel lLstrik Tenaga Surya

Cara kerja dari pembangkit listrik jenis ini cukup sederhana.
  1. Komponen utama dari sumber energi ini adalah sel foltovotaik. Sel tersebut memiliki peranan untuk menangkap panas matahari yang kemudian akan diubah menjadi energi listrik.  Pada siang hari panel surya menerima cahaya (sinar) matahari yang kemudian diubah menjadi energi listrik oleh sel-sel kristal melalui proses photouoitaic.
  2. Listrik yang dihasilkan oleh panel surya disalurkan ke Elektronoc Box Sistem.. Electric Box System merupakan system khusus yang praktis dan flexible yang digunakan sebagai tempat pengisian daya listrik yang dihasilkan dari solar panel.
  3. Dari Elektric Box Sistem inilah energi listrik akan disalurkan ke peralatan listrik seperti lampu, tv, radio dan peralatan lainnya.
  4. Bila listrik DC ingin digunakan menyalakan perangkat AC: pompa air, kulkas, dan sebagainya maka diperlukan inverter yang dapat mengubah listrik DC menjadi AC. Sesuaikan kebutuhan daya yang dibutuhkan dengan panel sel surya, inverter, aki. Inverter adalah perangkat elektrik yang digunakan untuk mengubah arus listrik searah (DC) menjadi arus listrik bolak balik (AC). Inverter mengkonversi DC dari perangkat seperti batere, panel surya / solar cell menjadi AC.

3. Apa yang kamu ketahui tentang Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS)? Tuliskan dalam bentuk teks eksplanasi sederhana. Perhatikan penggunaan kosakata baku dan kalimat efektif!

Paragraf 1: Topik Masalah
Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) adalah pembangkit listrik yang mengubah energi surya menjadi energi listrik. Pembangkit Listrik Tenaga Surya memiliki fungsi yang sama, yaitu menghasilkan energi listrik utuk mendukung aktivitas manusia.

Paragraf 2: Deret Penjelas
Untuk dapat menghasilkan energi listrik melalui PLTS dibutuhkan beberapa komponen pendukung penghasil tenaga surya. Beberapa komponen yang diperlukan antara lain : Panel surya, Alat Pengatur Daya (charge controllet), Accu, dan Inverter DC to AC.

Paragraf 3: Simpulan dan pesan/ pendapat pribadi penulis
Listrik berperan besar dalam proses globalisasi terutama dalam hal akses informasi ke berbagai belahan dunia. Pembangkit Listrik Tenaga Surya merupakan energi alternatif yang jumlahnya melimpah.

4. Mencintai produk dalam negeri adalah merupakan sikap cinta tanah air. Apakah kamu setuju dengan pernyataan tersebut? Jelaskan alasanmu !
Setuju karena dengan kita menggunakan produk dalam negeri berarti melindungi produk dalam negeri dari serbuan produk negara lain.

5. Hitunglah luas dan volume kubus dengan panjang rusuk 6 cm.

Luas Permukaan = 6 x s x s
= 6 x 6 x 6
= 6 x 36
= 216 cm²

Volume Kubus = s³ = 6³ = 216 cm³

6. Hitunglah luas permukaan dan volume bangun gabungan berikut.
Luas Gabungan
Luas gabungan = Luas Bangun 1 + Luas bangun 2
Luas Bangun 1 = 6 x 8 x 8 = 384 cm²
Luas bangun2 = 5 x 4 x 4 = 80 cm²
Luas gabungan = 384 cm² + 80 cm² = 464 cm²

7. Ida akan membuat 4 kubus dengan panjang rusuk 10 cm dari kertas karton. Hitunglah luas kertas karton yang dia perlukan

Luas Karton = 4 x 6 x 10 x 10 = 24 x 100 = 2.400 cm²
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 9:25 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.