Home » » Listrik, Pengubah Wajah Dunia

Listrik, Pengubah Wajah Dunia

Listrik telah membawa banyak perubahan dalam kehidupan masyarakat di dunia. Michael Faraday adalah tokoh penemu arus listrik. Faraday lahir pada tahun 1791 di Newington, Inggris. Ia berasal dari keluarga miskin dan hanya sebentar merasakan pendidikan di sekolah. Dengan perjuangan keras dan semangat pantang menyerah, ia akhirnya berhasil membuat alat sederhana pertama yang dapat menghasilkan gelombang elektromagnetik. Tahukah kamu? Bagaimana perjalanan arus listrik hingga sampai ke rumahmu?

Arus listrik adalah gelombang elektromagnetik, yaitu gelombang yang dapat merambat meski tidak ada media perantara. Gelombang elektromagnetik terbentuk dari hasil perubahan medan magnet dan medan listrik yang terjadi terus menerus.

Proses tersebut kemudian memicu terjadinya arus yang kemudian kita kenal sebagai arus listrik. Arus listrik dihasilkan oleh generator raksasa pada pusat pembangkit listrik. Arus listrik tersebut disalurkan melalui jaringan listrik tegangan tinggi berupa jaringan kabel pada menaramenara tinggi yang menuju ke gardu-gardu penerima di berbagai daerah. Dari gardu-gardu penerima, arus listrik kemudian disalurkan ke rumah penduduk dan berbagai tempat yang memerlukan.

Arus listrik yang diterima di rumah kemudian disalurkan melalui rangkaian kabel listrik di dalam rumah. Rangkaian kabel tersebut umumnya berada di atap untuk tempat dudukan lampu atau di dinding rumah untuk sakelar dan colokan listrik tempat menghubungkan beragam peralatan elektronik, seperti televisi, kipas angin, dan kulkas. Rangkaian listrik di dalam rumah dapat berupa rangkaian seri atau rangkaian paralel. Rangkaian seri dan paralel merupakan jenis-jenis rangkaian yang dipakai untuk menyambungkan dua ataupun lebih komponen listrik sehingga menjadi satu kesatuan utuh. Bila dilihat dari cara penyusunannya, rangkaian seri disusun dengan cara bersambung atau sejajar dan rangkaian paralel disusun berderet.

Contoh rangkaian seri dalam kehidupan sehari-hari adalah lampu senter. Rangkaian yang disusun seri pada lampu senter adalah baterai, karena hanya terdapat satu lampu pada senter. Hal tersebut yang menyebabkan lampu senter menyala sangat terang namun baterainya cepat habis. Rangkaian seri dan paralel juga bisa ditemui pada lampulampu di rumah.

Betapa penting peranan listrik bagi kehidupan manusia. Tanpa listrik, tentunya kita akan mendapatkan banyak kesulitan dalam mengerjakan aktivitas sehari-hari. Namun demikian, kita juga harus tetap bijaksana menggunakan listrik dalam kehidupan sehari-hari.

Teks tersebut terdiri atas 5 paragraf. Jawab pertanyaan berikut berdasarkan paragraf pada teks tersebut!

Paragraf 1 :
Apa topik masalah yang akan disampaikan oleh penulis?
Listrik telah membawa banyak perubahan dalam kehidupan masyarakat di dunia
Paragraf 2:
a. Apa yang kamu ketahui tentang arus listrik?
Arus listrik adalah gelombang elektromagnetik, yaitu gelombang yang dapat merambat meski tidak ada media perantara
b. Bagaimana proses perjalanan arus listrik dari pusat pembangkit hingga sampai di rumah penduduk? Jelaskan secara berurutan!
Arus listrik dihasilkan oleh generator raksasa pada pusat pembangkit listrik. Arus listrik tersebut disalurkan melalui jaringan listrik tegangan tinggi berupa jaringan kabel pada menara-menara tinggi yang menuju ke gardu-gardu penerima di berbagai daerah. Dari gardu-gardu penerima, arus listrik kemudian disalurkan ke rumah penduduk dan berbagai tempat yang memerlukan.
Paragraf 3:
a. Apa yang terjadi dengan arus listrik saat tiba di rumah warga? Jelaskan secara berurutan!
Arus listrik yang diterima di rumah kemudian disalurkan melalui rangkaian kabel listrik di dalam rumah. Rangkaian kabel tersebut umumnya berada di atap untuk tempat dudukan lampu atau di dinding rumah untuk sakelar dan colokan listrik tempat menghubungkan beragam peralatan elektronik, seperti televisi, kipas angin, dan kulkas
b. Apa manfaat arus listrik setelah sampai ke setiap rumah warga?
Manfaat arus listrika antara lain untuk menyalakan beragam peralatan elektronik, seperti televisi, kipas angin, dan kulkas.
c. Apa perbedaan rangkaian listrik seri dan paralel?
Perbedaan rangkain seri dan paralel adalah rangkaian seri disusun dengan cara bersambung atau sejajar dan rangkaian paralel disusun berderet.
Paragraf 4:
Apa kesimpulan dari isi teks tersebut?
Listrik telah membawa banyak perubahan dalam kehidupan masyarakat di dunia. Listrik sangat penting bagi kehidupan manusia sehingga kitaharus tetap bijaksana menggunakan listrik dalam kehidupan sehari-hari.
Paragraf 5:
Adakah pesan yang disampaikan oleh penulis? Jelaskan dengan singkat!
Penulis berpesan agar kita bijak dalam menggunakan energi listrik
Ayo Berdiskusi
Bongkarlah senter yang kamu miliki!
Amati komponen-komponen yang terdapat pada senter, seperti berikut ini:
Bagian Senter
Kenali setiap bagian komponen tersebut kemudian tuliskan dalam tabel berikut beserta fungsinya!
No.Nama KomponenFungsi Komponen
1. BateraiSebagai sumber arus listrik
2. Lampu ReflektorMengumpulkan cahaya sehingga cahaya lampu senter tampak lebih terang
3. Switch/sakelar on-offMenghubungkan antara kawat pada terminal baterai dengan kawat dari dasar bohlam.
4. Lempeng logamSebagai penghantar arus listrik dari baterai ke lampu bohlam

Rangkaian listrik pada senter terdapat pada baterai yang diletakkan sebaris. Pada rangkaian seri lampu, lampu-lampu juga diletakkan sejajar dalam satu baris. Arus listrik yang mengalir pada rangkaian seri hanya berada dalam satu aliran kabel yang menghubungkan semua lampu. Rangkaian seri lampu biasa terdapat pada hiasan lampu pohon natal.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 8:31 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.