Home » » Persyaratan Air untuk Kebutuhan Sehari-hari

Persyaratan Air untuk Kebutuhan Sehari-hari

Sebagian besar (97%) air yang menutupi planet bumi ini berupa air laut. Air laut tidak bagus untuk diminum. Air laut juga tidak dapat digunakan dalam kebanyakan industri dan keperluan rumah tangga. Untunglah 3% air di dunia berupa air segar, yaitu air yang tidak asin dan dapat digunakan untuk minum, memasak, dan mencuci.

Persyaratan air bersih meliputi tiga komponen, yaitu persyaratan secara fisik, secara kimia, dan kandungan mikroba yang terdapat di dalamnya.

1. Persyaratan secara fisik
Kualitas fisik yang dipertahankan atau dicapai bukan hanya semata-mata dengan pertimbangan dari segi kesehatan saja akan tetapi juga menyangkut keamanan dan dapat diterima oleh masyarakat pengguna air. Beberapa syarat fisik antara lain sebagai berikut.
  • Tidak keruh
  • Tidak berwarna apa pun
  • Tidak berasa apa pun
  • Tidak berbau apa pun
  • Suhu antara 10o-25o C (sejuk)
  • Tidak meninggalkan endapan

2. Syarat kimiawi
Kandungan unsur kimia didalam air harus mempunyai kadar dan tingkat konsentrasi tertentu yang tidak membahayakan kesehatan manusia atau mahluk hidup lainnya, pertumbuhan tanaman, atau tidak membahayakan kesehatan pada penggunaannya dalam industri serta tidak minumbulkan kerusakan-kerusakan pada instalasi sistem penyediaan air minumnya sendiri. Beberapa persyaratan kimia air antara lain sebagai berikut.
  • Tidak mengandung bahan kimiawi yang mengandung racun
  • Tidak mengandung zat-zat kimiawi yang berlebihan
  • Cukup yodium
  • pH (derajat keasaman) air antara 6,5 – 9,2

3. Syarat mikrobiologi
Dalam persyaratan ini ditentukan batasan tentang jumlah bakteri pada umumnya dan khususnya bakteri penyebab penyakit. air tidak boleh mengandung kuman-kuman penyakit seperti disentri, tipus, dan kolera

Masyarakat memerlukan air dalam jumlah yang sangat besar. Air yang akan digunakan diambil dari sungai-sungai terdekat atau sumbersumber air lain seperti sumur. Air dari sungai dan sumber-sumber air dialirkan dan disimpan dalam tangki penampung yang sangat besar. Tangki penampungan berisi air ditambahkan sejumlah kecil gas chlorine untuk membunuh kuman berbahaya. Selanjutnya, air dipompa melalui pipa bawah tanah menuju ke rumah-rumah penduduk. Air inilah yang digunakan untuk keperluan sehari-hari masyarakat.

Sumber air lainnya didapat dari penggalian tanah. Lubang penggalian ini dinamakan sumur. Masyarakat membuat sumur sebagai sumber air untuk keperluan sehari-hari. Dahulu, orang menggunakan timba untuk mengambil air dari sumur. Namun, sekarang kita dapat menggunakan pompa air bertenaga listrik. Dengan pompa itu air dialirkan ke atas melalui pipa menuju ke bak penampung air, kamar mandi, dapur, dan tempat-tempat lain di rumah.
(Sumber: Young Scientiest. 1994. All About Water. Chicago: World Book, Inc.)

Ayo Berdiskusi
Informasi penting apa yang dapat kamu temukan pada teks “Air untuk Kebutuhan Sehari-hari?” Tulislah dalam bentuk peta pikiran berikut.
Air Bersih
Ayo Berdiskusi
Jawablah pertanyaan berikut dengan berdiskusi bersama kelompokmu.
  1. Apa yang terjadi jika kita mencuci baju menggunakan air yang tercampur minyak? Kita biasa mencuci baju menggunakan sabun atau detergen. Sabun dan detergen dapat mengikat kotoran dan minyak pada baju sehingga baju menjadi bersih. Jika air yang digunakan mencuci pakaian tercampur minyak, kita harus menggunakan sabun atau deterjen yang lebih banyak supaya minyak tidak menempel pada baju yang dicuci. Namun, air bercampur minyak tidak dapat digunakan untuk membilas baju yang dicuci karena minyak akan menempel pada baju.
  2. Apa yang terjadi jika kita minum air yang tercemar kuman? Jika kita minum air tercemar kuman, kita akan sakit perut. Oleh karena itu, sebaiknya kita minum air yang sudah dimasak sampai mendidih dan disimpan dalam wadah tertutup.
  3. Apa yang terjadi pada ikan-ikan di sungai yang menjadi tempat pembuangan limbah cair dari industri? Limbah cari dari industri mengandung zat-zat kimia berbahaya. Jika limbah ini dibuang ke dalam sungai, kehidupan sungai akan terganggu. Ikan dan tumbuhan sungai akan mati.
  4. Apa yang dapat kalian simpulkan dari jawaban pertanyaanpertanyaan di atas? Kesimpulan berdasarkan analisis siswa. Guru dapat mengarahkan bahwa kualitas air memengaruhi kehidupan di bumi, baik bagi manusia, hewan, maupun tumbuhan.

Ada air yang aman digunakan untuk memasak dan minum. Namun, ada pula yang sebaliknya.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 2:48 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.