Home » » Ketersediaan Air Bersih Di Sekitar Kita

Ketersediaan Air Bersih Di Sekitar Kita

Reboisasi adalah penghijauan kembali yang dilakukan untuk mengembalikan alam yang hijau, misalnya dalam satu lokasi hutan yang sudah kehilangan banyak pohon dilakukan penanaman kembali sehingga membuat pohon dihutan kembali normal dan berfungsi sebagai pelindung manusia dalam menyediakan udara, air dan mencegah banjir.

Penghijauan lingkungan itu sendiri memiliki berjuta juta manfaat untuk kita dan juga untuk lingkungan tempat tinggal kita. Beberapa contoh manfaat penghijauan untuk lingkungan antara lain : mencegah terjadinya banjir, menjaga kualitas air yang berasal dari dalam tanah, mengurangi adanya polusi udara yang kotor, mencegah terjadinya dampak rumah kaca, danmengurangi jumlah dari partikel debu. Perhatikan gambar di bawah ini.
Penghijauan
Pertanyaan:
  1. Kegiatan apa yang dilakukan pada gambar tersebut? Gambar menunjukkan kegiatan penanaman pohon atau biasa disebut reboisasi.
  2. Di mana kegiatan itu biasa dilakukan? Kegiatan penanaman pohon dapat dilakukan di daerah perbukitan yang tandus serta di lingkungan sekitar, seperti halaman rumah atau sekolah.
  3. Apa tujuan dari kegiatan itu? Kegiatan penanaman pohon bertujuan menghijaukan lingkungan dengan tanaman-tanaman berdaun hijau.
  4. Apa manfaat dari kegiatan itu? Manfaat dari kegiatan penanaman pohon: membuat lingkungan menjadi lebih asri, memanfaatkan lahan tidur, jika pohon

Ketersediaan air bersih sangat penting bagi kehidupan manusia. Berbagai upaya dapat kita lakukan untuk menjamin ketersediaan air bersih. Pemerintah sendiri telah mengatur standar air layak minum tersebut didalam Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes no.492/MENKES/PES/IV/2010) tahun 2010. Air dianggap layak minum bagi kesehatan apabila memenuhi syarat fisik, mikrobiologis, kimia dan radioaktif.
  1. Syarat Fisik : Air harus jernih, tidak berwarna, tidak berbau, rasanya alami
  2. Syarat Mikrobiologis : Tidak mengandung bakteri E Coli dan Coliform
  3. Syarat Kimia : Bebas zat kimia beracun, logam berat, pestisida dan radioaktif.

Selain untuk air minum air juga digunakan untuk mencuci. Apa saja syarat-syarat air yang akan digunakan untuk mencuci? Saat mencuci pakaian, air yang digunakan harus jernih serta dapat melarutkan kotoran dan sabun. Ketika mencuci sebaiknya tidak menggunakan air sadah.

Air sadah, yaitu air yang mempunyai kandungan mineral tinggi. Jika digunakan untuk melarutkan detergen, air sadah hanya sedikit menghasilkan busa. Akibatnya, kemampuan detergen mengangkat noda pada pakaian akan berkurang. Mencuci pakaian dengan air sadah juga akan mengakibatkan pakaian menjadi kusam.

Air juga digunakan untuk menyiram tanaman yang ada di sekitar rumah. ntuk menyiram tanaman, air yang digunakan sebaiknya tidak mengandung zat kimia berbahaya bagi tanaman, misalnya air detergen. Namun, kita dapat menggunakan air bekas mencuci bahan makanan atau air hujan untuk menyiram tanaman.

Ayo Berdiskusi
Jawablah pertanyaan berikut dengan berdiskusi bersama kelompokmu
  1. Apa syarat-syarat air yang layak kita gunakan sebagai air minum dan untuk memasak? Air yang layak digunakan sebagai air minum dan untuk memasak harus jernih, tidak berasa, dan tidak berbau.
  2. Bagaimana kualitas air yang dapat digunakan untuk mencuci pakaian? Untuk mencuci pakaian, air yang digunakan harus jernih serta dapat melarutkan kotoran dan sabun. 
  3. Bagaimana kualitas air yang dapat digunakan untuk menyiram tanaman? Untuk menyiram tanaman, air yang digunakan sebaiknya tidak mengandung zat kimia berbahaya bagi tanaman, misalnya air detergen. Namun, kita dapat menggunakan air bekas mencuci bahan makanan atau air hujan untuk menyiram tanaman.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 8:06 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.