Home » » Memperingati Hari Air Sedunia

Memperingati Hari Air Sedunia

Hari air sedunia (world water day) diperingati setiap tanggal 22 Maret. Dengan adanya peringatan hari air sedunia, kita diingatkan bahwa persediaan air bersih semakin berkurang padahal jumlah penduduk semakin bertambah.

Persediaan air bersih semakin berkurang karena cadangan air tanah berkurang. Cadangan air tanah berkurang karena air hujan tidak masuk ke dalam tanah. Sebaliknya, air hujan langsung mengalir ke parit, selokan, lalu ke sungai dan terus ke laut. Air hujan tidak dapat masuk ke dalam tanah karena tidak ada akar-akar pohon yang dapat menahan air di dalam tanah. Banyak pohon di hutan ditebangi. Lahan-lahan hijau berubah menjadi perumahan, perkantoran, dan kawasan industri

Berkurangnya cadangan air tanah mengakibatkan banyak mata air kering. Sumur-sumur gali pun cepat kering pada musim kemarau. Akibatnya, penduduk di daerah perdesaan kesulitan mendapatkan air bersih untuk keperluan seharihari.
 Hari Air Sedunia
Hasil panen pun jauh berkurang karena tanaman pangan kekeringan. Ada beberapa tindakan yang dapat kita lakukan untuk ikut membantu mengurangi krisis air bersih sebagai berikut.
  1. Menghemat penggunaan air.
  2. Membuat lubang resapan. Lubang resapan berguna untuk menampung air hujan supaya terserap ke dalam tanah.
  3. Menanam pohon supaya akar-akar pohon dapat menahan air di dalam tanah.

(Sumber: www.kidnesia.com)

Ayo Berdiskusi
Berdasarkan teks “Hari Air Sedunia” di atas, lengkapilah tabel berikut.
  1. Pada setiap tanggal berapakah diperingati Hari Air Sedunia? Hari Air Sedunia diperingati setiap tanggal 22 Maret.
  2. Faktor-faktor apa yang menyebabkan persediaan air bersih berkurang? Faktor-faktor berikut menyebabkan persediaan air bersih berkurang: Pertama. Cadangan air tanah berkurang karena air hujan terus mengalir di permukaan tanah dan tidak masuk ke dalam tanah. Kedua, Banyak pohon ditebangi sehingga tidak ada akar pohon yang dapat menahan air di dalam tanah. Ketiga, Lahan-lahan hijau berubah menjadi kawasan permukiman dan industri.
  3. Apa akibat kekurangan air bersih? Akibat kekurangan air bersih: • Kebutuhan manusia akan air bersih tidak tercukupi. • Hasil panen berkurang. • Banyak hewan mati.
  4. Upaya apa yang dapat dilakukan untuk mengurangi krisis air bersih? Upaya yang dapat dilakukan untuk mengurangi krisis air bersih: • Menghemat penggunaan air. • Membuat lubang resapan yang berguna untuk menampung air hujan supaya terserap ke dalam tanah. • Menanam pohon supaya akar-akar pohon dapat menahan air di dalam tanah.

Berdasarkan sejarahnya, Hari Air Sedunia dicetuskan kali pertama saat digelar United Nations Conference on Environment and Development (UNCED) atau Konferensi Bumi oleh PBB di Rio de Janeiro pada tahun 1992. Pada Sidang Umum PBB ke-47 yang dilaksanakan pada tanggal 22 Desember 1992, keluarlah Resolusi Nomor 147/1993 yang menetapkan pelaksanaan peringatan Hari Air se-Dunia setiap tanggal 22 Maret dan mulai diperingati pertama kali pada tahun 1993.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 6:48 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.