Home » , , , » Unsur intrinsik prosa Rendang Buatan Ibu

Unsur intrinsik prosa Rendang Buatan Ibu

Teks naratif adalah teks yang mengandung kisah di dalamnya. Teks naratif secara umum terdapat pada karya fiksi seperti cerita pendek dan novel. Namun, teks naratif juga dapat berupa karya nonfiksi, seperti memoar, biografi, autobiografi, atau karangan khas (feature).

Teks naratif adalah teks yang memiliki sifat narasi. Sifat narasi merupakan sifat untuk menguraikan atau menjelaskan dan lain sebagainya. Sementara itu, sifat narasi juga bisa dimaksudkan sebagai prosa yang subjeknya sebenarnya adalah suatu rangkaian kejadian.

Tujuan teks naratif biasanya digunakan sebagai media hiburan untuk pembaca. Teks naratif disebut mampu memberikan pengetahuan tentang cerita fiksi atau non fiksi yang baik kepada para pembacanya. Selain digunakan sebagai media penghibur, teks naratif juga bisa memberikan pengalaman keindahan, pengetahuan baru, hingga informasi penting kepada pembaca.

Teks naratif sendiri menyimpan banyak pesan moral dan amanat yang dimasukkan oleh penulisnya. Beberapa contoh teks naratif adalah cerita pendek, cerita panjang, novel hingga roman.

Pada prosa ada unsur intrinsik yang harus dipenuhi. Unsur intrinsik pada prosa juga umumnya sama dengan drama. Unsur intrinsik ini di antaranya adalah tema, tokoh, alur, latar, gaya bahasa, sudut pandang, hingga pesan.
  1. Tema. Tema merupakan sebuah ruh atau nyawa yang ada di dalam karya prosa. Tema bisa disebut ide utama dalam membuat cerita, karena tema adalah penentu latar belakang dari cerita tersebut.
  2. Tokoh. Tokoh merupakan pelaku atau orang yang terdapat di dalam cerita. Selain tokoh, penokohan juga jadi bagian dari unsur intrinsik. Penokohan merupakan penentuan watak atau karakter dari tokoh tersebut. Penokohan ini bisa digambarkan dalam sebuah ucapan, pemikiran dan pandangan saat menyelesaikan suatu masalah.
  3. Alur. Alur sebagai unsur intrinsik adalah jalan cerita. Prosa memiliki alur yang jelas. Alur bisa memiliki tahapan mulai dari perkenalan, penanjakan, klimaks, anti klimaks dan penyelesaian.
  4. Latar. Unsur ini mengacu pada latur waktu, suasana, dan tempat terjadinya cerita. Latar ini bisa membuat pembaca cerpen lebih paham tentang kapan, dimana dan sedang apa tokoh yang diceritakan.
  5. Sudut pandang. Sudut padandang merupakan arah pandang seorang penulis dalam menyampaikan sebuah cerita. Terdapat sudut pandang sebagai orang pertama, sudut pandang orang kedua, dan sudut pandang orang ketiga. Ada juga sudut pandang dari penulis yang berasal dari sudut pandang orang yang berada di luar cerita.
  6. Gaya bahasa. Gaya bahasa dalam unsur intrinsik merupakan ciri khas dari penulis saat menuliskan cerita. Gaya bahasa ini bisa dibedakan dari penggunaan majas, diksi dan pemilihan kalimat yang tepat di dalam cerpennya. Ada penulis yang menggunakan bahasa bakuada juga yang menggunakan bahasa santai.
  7. Amanat. Amanat adalah pesan moral yang ditulis oleh penulis cerita, yang bisa dipetik oleh pembacanya, setelah membaca karya tersebut. Amanat atau pesan moral, biasanya tidak ditulis secara langsung, melainkan tersirat.
Rendang Buatan Ibu
Silakan kalian baca lebih dahulu secara saksama cerpen karya Ahda Imran ini.

1. Sebutkanlah tokoh utama dari cerpen “Rendang Buatan Ibu” dan tokoh lain yang berperan menghidupkan cerita!
Tokoh utama cerpen “Rendang Buatan Ibu” adalah tokoh “suami-istri” pemilik rumah makan padang dan Nina (istri Sal). Sedangkan tokoh lain yang berperan menghidupkan cerita adalah “Sal”
2. Mengapa tokoh utama di dalam cerita memiliki kebiasaan membersihkan kamar mandi?
eharusan tokoh utama membersihkan kamar mandi awalnya sebagai hukuman atas kenakalannya, tetapi lama-kelamaan menjadi kebiasaan karena ingin menikmati teh manis buatan ibu dan pelukannya yang hangat.
3. Cerpen “Rendang Buatan Ibu” termasuk unik karena menggunakan sudut pandang orang pertama, tetapi ada dua pencerita. Sebutkanlah siapa dua pencerita tersebut.
Cerpen tersebut memiliki dua pencerita, pencerita pertama adalah istri pemilik kedai nasi padang. Kedai nasi padang itu sering dikunjungi tokoh yang diceritakan. Sementara itu, pencerita kedua adalah tokoh Nina, istri dari Sal. Meskipun tidak secara langsung diceritakan, tokoh yang sering datang ke kedai nasi padang dan menikmati masakan rendangnya adalah tokoh Sal.
4. Apa yang kalian ketahui tentang rendang? Cocokkah gambaran rendang sebagai makanan seperti yang disampaikan penulis cerpen?
Rendang merupakan masakan daging asli Indonesia yang berasal dari Minangkabau. Masakan ini dihasilkan dari proses memasak suhu rendah dalam waktu lama menggunakan aneka rempah-rempah dan santan. Proses memasaknya memakan waktu berjam-jam (biasanya sekitar empat jam) hingga yang tinggal hanyalah potongan daging berwarna hitam pekat dan dedak. Rendang yang biasa dikonsumsi sama dengan deskripsi rendang yang ada dalam cerita.
5. Konflik apa yang dihadapi tokoh di dalam cerpen “Rendang Buatan Ibu”?
Konflik yang dihadapi tokoh utama (Sal) adalah rasa kehilangan yang mendalam setelah ibunda yang dicintainya telah tiada. Salah satu simbol rasa kehilangannya adalah tidak ada lagi masakan rendang selezat buatan ibunya. Ketika ada rumah makan padang yang masakan rendangnya hampir selezat buatan ibunya, tokoh selalu datang untuk makan di sana.
6. Apa pesan moral dari cerpen “Rendang Buatan Ibu”?
Pesan moral cerita tersebut adalah kita harus menghormati ibu lebih dari segalanya. Selain itu, kita juga harus mempertahankan warisan budaya setulus kita menghormati sosok ibu.

Demikian pembahasan mengenai Unsur  intrinsik  prosa Rendang Buatan Ibu Semoga tulisan ini bermanfaat.

Sumber : Buku Bahasa Indonesia Kelas XII Kurikulum Merdeka, Kemendikbud
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 7:01 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.