Home » , , , » Menulis Surat Ijin Resmi

Menulis Surat Ijin Resmi

Pada pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII Kurikulum Merdeka terdapat pembahasan tentang Menulis Surat Resmi Tujuan Pembelajaran kali ini adalah berlatih menulis surat resmi dengan melengkapi draf surat dengan kosakata baku yang tepat.

Surat resmi merupakan surat yang digunakan untuk keperluan resmi atau formal oleh pihak tertentu baik itu perorangan, organisasi, lembaga maupun instansi tertentu guna melakukan komunikasi satu sama lain secara resmi. Surat resmi ini sendiri ditulis dengan berdasarkan kaidah dan juga aturan yang sudah ditentukan, seperti pemakaian bahasa baku, isi surat yang wajib jelas dan efektif, serta ditulis secara cermat sesuai keperluan.

Berikut ini merupakan ciri-ciri surat resmi yang perlu Anda ketahui agar Anda dapat mengenalinya secara mudah, diantaranya:
  1. Surat resmi memakai bahasa baku sesuai pada kaidah bahasa Indonesia dan Ejaan Yang Disempurnakan atau EYD, yakni terdiri dari kosa kata, frasa, sampai tata bahasa yang digunakan.
  2. Surat resmi dibuat dengan memakai bahasa yang singkat, efektif, dan padat, serta mudah dimengerti maksud dan juga isinya.
  3. Surat resmi tidak memakai bahasa implikasi namun menggunakan bahasa eksplisit.
  4. Dibentuk dengan sedemikian rupa seperti full block baik itu semi block maupun indented block.
  5. Pada bagian kop surat merupakan bagian dimana disebutkan pihak yang mengeluarkan surat resmi tersebut.
  6. Bagian-bagian surat resmi didalamnya dicantumkan nomor surat, perihal, tanggal, alamat tujuan dan lampiran kalau memang ada.
  7. Surat resmi memerlukan stempel maupun cap khusus guna keadaan khusus.
  8. Surat resmi memiliki bentuk yang sistematis dan dibuat sesuai dengan aturan baku.

Salah satu contoh surat resmi adalah surat ijin. Surat ijin resmi adalah permohonan untuk mmeminta ijin suatu kegiatan atau pertemuan yang diadakan oleh instansi, organisasi, atau badan lainnya. Dalam ijin ini, ada detail waktu dan tempat yang tercantum.

Surat ijin resmi strukturnya lebih kompleks. Bahasa yang digunakan di dalam surat juga lebih kaku karena memakai bahasa formal. Berikut struktur pembuatan surat undangan yang resmi:
  1. Kepala Surat. Bagian kepala surat berisi identitas dari pembuat surat mulai dari nama, logo, alamat, nomor telepon, hingga email.
  2. Nomor dan Tanggal. Pada surat resmi, tanggal dan tempat pembuatan surat memakai format misalnya Yogyakarta, 6 Juni 2023. Sementara nomor surat biasanya gabungan angka dan huruf sesuai dengan nomor berkas dari masing-masing instansi.
  3. Perihal. Bagian ini diisi dengan pokok atau inti dari surat undangan. Misalkan agendanya adalah rapat tahunan.
  4. Identitas Penerima. Pada bagian ini, Anda perlu menuliskan nama dan alamat penerima undangan.
  5. Salam Pembuka. Bagian ini biasanya hanya terdiri dari satu kalimat dengan awalan huruf kapital dan akhiran tanda koma.
  6. Isi Surat. Dalam isi surat, Amanda perlu menjelaskan maksud dan tujuan secara jelas, padat, dan singkat.
  7. Informasi Acara. Selanjutnya adalah menuliskan detail informasi acara seperti tempat, waktu, hingga estimasi durasi acara berlangsung.
  8. Agenda. Beberapa undangan resmi perlu mencantumkan agenda atau susunan acara agar informasi yang diberikan semakin lengkap.
  9. Salam Penutup. Undangan resmi perlu salam penutup sekitar 1 hingga 2 baris kalimat. Biasanya berisi permohonan kehadiran hingga ucapan terima kasih.
  10. Tanda Tangan dan Stempel Pihak Pengirim. Terakhir adalah identitas pengirim surat dengan membubuhkan tanda tangan dan stempel resmi.

Pada Kegiatan ini, peserta didik berlatih mengisi kalimat rumpang dengan pilihan kata yang baku dan santun sesuai dengan konteks surat resmi. Conton badan surat yang dibuat peserta didik adalah sebagai berikut. Tentunya peserta didik dapat mengisikan jawaban lain yang juga sesuai.
OSIS
Nomor: 201/OSIS/X/2023Bandung, 12 Oktober 2023
Hal: Surat Ijin
Lampiran: 1 berkas



Yth. Orang Tua Murid Kelas IX
Di tempat,

        Dengan ini, kami menyatakan bahwa pengurus OSIS SMP Putra Bangsa bermaksud mengadakan studi banding ke SMP Negeri 13 Surabaya. Kegiatan ini akan kami laksanakan pada

Hari/tanggal      : Jumat, 13 Oktober 2023
Waktu                : 08.00 - 11.00 WIB
Jumlah peserta  : 40 peserta didik dan 2 guru pendamping

       Sehubungan dengan kegiatan tersebut, kami berharap Bapak/ Ibu Kepala Sekolah dapat menerima kunjungan kami. Agar kegiatan dapat berjalan sesuai dengan yang kami rencanakan, kami sertakan daftar pertanyaan yang ingin kami diskusikan terkait pengembangan kegiatan ekstrakurikuler SMP 13 yang ingin kami pelajari.

Mengetahui, Kepala Sekolah



ttd
Agus Supomo

Hormat kami,
Ketua OSIS SMP
Putra Bangsa,


ttd
Gilang Perdana


Demikian pembahasan mengenai Menulis Surat Ijin Resmi. Semoga tulisan ini bermanfaat. 

Sumber : Buku Bahasa Indonesia Kelas VIII Kurikulum Merdeka, Kemendikbud
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 12:17 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.