Home » , , , » Contoh Pidato Tentang Manfaat menabung

Contoh Pidato Tentang Manfaat menabung

Pada pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII Kurikulum Merdeka terdapat pembahasan tentang Contoh Pidato Tentang Manfaat menabung. Tujuan Pembelajaran kali ini adalah peserta didik mampu menyimpulkan bermacam-macam metode dalam berpidato dan dapat berpidato dengan baik di depan kelas.

Kegiatan berpidato merupakan kegiatan mengungkapkan pikiran dalam bentuk kata-kata yang ditujukan pada orang banyak. Pidato juga diartikan sebagai cara menyampaikan ide/gagasan dalam bentuk kata-kata dengan ekspresi wajah, intonasi suara, dan gestur.

Umumnya pidato disampaikan dengan menggunakan bahasa formal, bukan bahasa gaul ataupun bahasa dalam percakapan sehari-hari. Pidato memiliki bermacam-macam tujuan, di antaranya memberi informasi dan mengajak orang-orang untuk melakukan sesuatu. Informasi yang disampaikan dalam pidato berupa fakta dan data.

Sebelum menyampaikan pidato, seorang pemberi pidato atau orator harus mengumpulkan fakta dan data atau informasi yang benar seputar topik yang akan disampaikan terlebih dahulu.
Manfaat menabung
Ada bermacam-macam pidato, di antaranya pidato sambutan, pidato perpisahan, dan pidato peresmian. Pidato-pidato tersebut biasanya hanya bertujuan memberikan beberapa informasi pada pendengar. Ada juga pidato yang bersifat ajakan. Pidato seperti ini sengaja diberikan untuk  memengaruhi khalayak. Berikut ini contoh pidato tentang manfaat menabung.

StrukturTeks
PembukaanBismillahirrahmanirrahim
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Yang terhormat bapak dan ibu guru, Kawan-kawan yang saya cintai.
IsiSaat ini sebagai anak, semua kebutuhan sudah dipenuhi oleh orang tua. Ayah dan ibu bekerja keras untuk dapat menyediakan semua yang kita inginkan. Hampir setiap hari orang tua kita memberi uang saku. Tentu kita wajib bersyukur dan berterima kasih.

Kawan-kawan, meski semua sudah terpenuhi, tidak boleh menjadikan kita boros. Setiap ada kelebihan uang jajan kita harus menyimpannya. Untuk apa? untuk memenuhi kebutuhan kita yang akan datang.

Kawan-kawan pasti senang bisa membeli barang yang diinginkan dengan uang sendiri, tidak harus selalu merepotkan orang tua. Kegiatan rajin menabung harus kita lakukan mulai dari sekarang. Bukan masalah berapa banyak uang kita sisihkan, tapi bagaimana kita bisa melakukannya dengan rutin.

Sebenarnya kegiatan rajin menabung tidak perlu menunggu ada uang sisa. Kita bisa melakukannya setiap menerima uang. Jika hari ini kita mendapat uang saku Rp5 ribu, maka sisihkan Rp1 ribu untuk tabungan. Lakukan setiap hari dan teman-teman akan merasakan manfaat dari kebiasaan ini.

Menurut pepatah dalam hal rajin menabung kita harus ingat, "sedikit-sedikit lama-lama menjadi bukit". Maksudnya dalam menabung, jika memang baru punya uang sedikit, tidak masalah, namun dengan melakukannya terus-menerus uang yang terkumpul akan banyak.

Meski orang tua kita mampu, alangkah baiknya jika menginginkan suatu barang, kita berusaha mengumpulkan uang. Seperti pepatah, “berakit-rakit ke hulu, berenang-renang ketepian. Bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian.”

Maksudnya saat ini kita ingin mempunyai sesuatu, bisa mengurangi jajan misalnya dan menyimpan uangnya dalam tabungan. Nanti jika sudah terkumpul kita akan senang karena dapat membeli barang yang diinginkan dengan uang sendiri.

Kita bisa menabung di rumah dengan menyimpan uang di celengan, misalnya. Atau yang dekat bank bisa membuka rekening. Dengan membiasakan berhemat dan rajin menabung dari sekarang, maka ketika besar kita akan pandai mengatur uang.
PenutupDemikian pidato ini saya sampaikan. Sekali lagi, terima kasih atas kepercayaan teman-teman. Jika ada kesalahan saya mohon maaf.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Demikian pembahasan mengenai Contoh Pidato Tentang Manfaat menabung. Semoga tulisan ini bermanfaat. 

Sumber : Buku Bahasa Indonesia Kelas VIII Kurikulum Merdeka, Kemendikbud
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 6:14 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.