Home » , , » Lebih Dekat dengan Nama Nama Allah

Lebih Dekat dengan Nama Nama Allah

A. Mengenal Nama Nama Allah Melalui Asmaulhusna
Anak saleh harus dekat dengan Allah dan harus mengenal lebih dekat kepada Allah. Salah satunya dengan cara mengenal lebih dekat nama-nama Allah. Semakin kalian mengenali Allah maka kalian akan semakin dekat dengan Allah. Diharapkan semakin kuat mendekati Allah dengan melaksanakan perintah- perintah-Nya maka juga semakin jauh meninggalkan larangan Allah.

Nama-nama indah Allah, semuanya mengacu kepada sifat-sifat-Nya. Nama- nama indah inilah yang dikenal dengan nama asmaulhusna. Nama-nama indah ini dinyatakan Allah di dalam Al-Qur’an, antara lain dalam surah al-A’raf ayat 180.
Ayat 1
Terjemahnya:
“Dan Allah memiliki Asma‘ul-husna (nama-nama yang terbaik), maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebutnya Asma‘ul-husna itu dan tinggalkanlah orang-orang yang menyalahartikan nama-nama-Nya. Mereka kelak akan mendapat balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan.” (Q.S. al-A’raf/7:180)

Nama-nama indah Allah juga terdapat di dalam Q.S. al-Hasr/59: 24, “Dialah Allah Yang Menciptakan, Yang Mengadakan, Yang Membentuk Rupa, Dia memiliki nama-nama yang indah. Apa yang di langit dan di bumi bertasbih kepada-Nya. Dan Dialah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.” (Q.S. al-Hasr/59:24)

1. Al-Qawiyyu
Dialah Allah yang Maha Kuat dan tidak satu makhlukpun yang mampu mengalahkan-Nya. Dialah Allah A/-Qawiyyu yang memiliki kekuatan di atas segalanya. Dengan kekuatannya Dia mengawasi dan mengatur segala sesuatu yang telah diciptakan. Allah memiliki kekuatan untuk menghancurkan dan membangun kembali apa yang telah luluh lantak.

Untuk membuktikan keyakinan kepada Allah yang memiliki sifat a/-Qawiyyu kalian harus meneladani. Seperti dalam pesan Rasulullah Saw. bahwa“mukmin yang kuat lebih disenangi daripada mukmin yang lemah.” Adapun contoh-contoh lain adalah sebagai berikut:
  1. Jika memiliki kekuatan berupa kecukupan harta maka bantulah yang lemah atau miskin;
  2. Tidak memamerkan dan menunjukkan kekuatan harta di hadapan orang miskin;
  3. Jika memiliki ilmu maka amalkanlah dan tidak memamerkan ilmu di hadapan orang yang rendah hati.

Aktivitasku
Buatlah kaligrafi asmaulhusna al-Qawiyyu!
Kaligrafi
2. Al-Qayyam
Allah memiliki nama a/-Qayyum yang artinya Allah Swt. berdiri sendiri dan tidak membutuhkan bantuan makhluk-Nya. Allah yang mengurus dan mengatur segala sesuatu yang menjadi kebutuhan makhluk-Nya, sebagaimana firman- Nya, “Allah, tidak ada tuhan selain Dia. Yang Mahahidup, Yang terus-menerus mengurus (makhluk-Nya).” (Q.S. Ali ‘Imran/3: 2)

Al-Qayyam juga berarti Allah yang mengurus seluruh alam raya ini sendiri dan tidak membutuhkan apa pun dari makhluk-Nya. Dia yang menegakkan bumi dan langit, membuat bumi dan bulan mengitari matahari, menciptakan langit yang berdiri kokoh tanpa tiang, dan mengurus kebutuhan seluruh makhluk hidup-Nya. Semua dilakukan tanpa meminta bantuan kepada siapa pun. 

Sifat ini memberikan keteladanan kepada kita, di antaranya adalah sebagai berikut:
1. Tidak menggantungkan hidup kepada orang lain
2. Memiliki keterampilan untuk kebutuhan diri sendiri
3. Memiliki kepedulian kepada orang lain

Anak muslim harus gemar dan terbiasa membantu orang lain. Jika ada yang terkena musibah, hatinya bergetar, tangan dan raganya tergerak untuk membantu.

Aktivitasku
1. Ceritakan pengalaman kalian saat mengerjakan tugas secara mandiri!
2. Keterampilan apa yang sudah kalian miliki untuk membantu orang tua?
Saat belajar dan mengerjakan tugas di rumah saya selalu mengerjakan sendiri. Saya hanya minta bantuan kepada kakak jika ada pelajaran yang belum paham. Belajar mandiri dapat memupuk tanggung jawab, meningkatkan keterampilan, memecahkan masalah, mengambil keputusan, berfikir kreatif, berfikir kritis, menumbuhkan percaya diri yang kuat

3. Al-Muhyi
Dialah Allah Swt. yang memiliki sifat a/-Muhy/, artinya Maha Menghidupkan.Dialah Allah yang memberi kehidupan kepada seluruh makhluk-Nya. Firman Allah Swt. dalam Q.S. ar-Rum/30: 50:
Arrum
Terjemahnya:
“Maka perhatikanlah bekas-bekas rahmat Allah, bagaimana Allah menghidupkan bumi setelah mati (kering). Sungguh, itu berarti Dia pasti (berkuasa) menghidupkan yang telah mati. Dan Dia Mahakuasa atas segala sesuatu.” (Q.S. ar-Rum/30: 50)

Ayat tersebut menunjukkan bahwa Dialah Allah yang Maha menghidupkan segalanya. Allah juga akan menghidupkan kembali manusia yang telah mati dan membangkitkanya kelak di akhirat. Termasuk badan kalian bisa bergerak dengan leluasa, semua karena kekuasaan Allah. Sebagai anak saleh tentunya bisa mengambil pelajaran dari sifat ini. Diantaranya agar bangkit dan termotivasi untuk berlomba-lomba dalam kebaikan.

Aktivitasku
Tulislah sebuah pengalaman tentang orang-orang yang diselamatkan Allah dari musibah!
Penyakit yang diderita seseorang tentu merupakan cobaan dari Allah SWT, atau mungkin azab. Ketika saya menderita suatu penyakit, satu yang menjadi kunci bagi saya untuk dapat menerima cobaan itu, yaitu ' tidak mengeluh '. Karena, seseorang yang tidak mengeluh ketika sedang menerima cobaan dari Allah, maka ia akan mendapat keringanan siksa neraka. Saya meyakini, Allah tidak akan membiarkan hamba-Nya dalam kesusahan, pada akhirnya Dia akan memberikan pertolongan dan kenikmatan.

4. Al-Mumit
Dialah Allah yang Maha Mematikan atau a/-Mumit. Allah yang menakdirkan kematian bagi makhluk yang ditetapkan kematian, Allah juga yang mematikan dengan menahan nyawa, bagai jasad yang dikehendaki. Sebagaimana firman Allah yang artinya, "Maka Dia tahanlah jiwa (orang) yang telah Dia tetapkan kematiannya dan Dia melepaskan jiwa yang lain sampai waktu yang ditentukan. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda kekuasaan Allah bagi kaum yang berpikir."(Q.S. az-Zumar/39: 42)

Kematian adalah gerbang menuju kebahagiaan abadi. Jika ingin bahagia, maka kita harus mengikuti perintah Allah dan rasul-Nya. Misalnya, rajin salat, rajin membaca Al-Qur’an, hormat kepada orang tua dan guru, senang mendamaikan, besikap ramah penuh kasih sayang dan sikap terpuji lainya. Kemudian, jauhi yang dilarang oleh Allah dan rasul-Nya, misalnya mencuri, berkelahi, mencemooh, menggunjing, menyakiti orang lain,dan sebagainya.

Aktivitasku
Buatlah kaligrafi yang indah dengan Asmaulhusna
Al-Mumit
5. AL-Bais
Al-Ba'is berarti Allah Maha Membangkitkan. Allah yang akan membangkitkansemua manusia dari alam kubur. Allah akan menghidupkan kembali makhluk-makhluk-Nya yang telah mati. A/-Ba‘is juga berarti Allah yang memberikankekuatan untuk menggerakan benda-benda yang diam dan menampakkan benda-benda yang tersembunyi.

Sebagai anak muslim harus mengambil keteladanan dari sifat Allah a/-Ba‘is. Keteladanan yang dimaksud yaitu:
  1. Meyakini kebenaran hari kebangkitan. Sehingga terbentuk sikap terpuji dan menyenangkan orang lain.
  2. Peduli untuk menghidupkan orang lain dengan mengajar ilmu yang bermanfaat untuk bekal dunia akhirat.
  3. Terbiasa menanamkan rasa percaya diri dan semangat juang kepada orang lain.

Aktivitasku
Buatlah daftar kegiatan untuk membantu teman-teman yang malas belajar!

Cara membantu teman yang malas belajar adalah :
  1. Mengajak teman belajar kelompok.
  2. Membuat jadwal belajar bersama secara teratur sesuai kemampuan
  3. Membahas bersama mengenai kesulitan yang dihadapi teman tersebut.

B. Ayo Membiasakan Perilaku Terpuji Asmaulhusna
Mengenal nama-nama Allah membuat kalian semakin mencintai-Nya. Semakin kalian mempelajari maka semakin cinta pula kalian kepada Allah. Dengan mencintai Allah, kalian akan sungguh-sungguh dalam melaksanakan perintah Allah dan menjauhi segala larangan-Nya. Ayo, kalian praktikkan nilai-nilai akhlak terpuji untuk hidup sehari-hari. Di antaranya adalah sebagai berikut:
  1. Biasakan menjadi pribadi yang rendah hati dan jauhi kesombongan. Pribadi rendah hati akan membuat hati menjadi lapang dan tidak mudah marah.
  2. Mulailah melakukan aktivitas secara mandiri dan tidak bergantung kepada manusia. Jika ada masalah dekatilah Allah dengan rajin beribadah.
  3. Sadarilah bahwa hidup kita akan dipertanggungjawabkan di sisi Allah. Karena itu janganlah menyepelekan kesalahan walau kecil. Tidak ada kesalahan kecil jika dilakukan terus-menerus maka akan menjadi kesalahan yang besar.
  4. Bersemangatlah dalam belajar dan tidak mudah menyerah. Kesuksesankalian dimulai dari sekarang.

Aktivitasku
Tuliskan perilaku terpuji yang akan kalian lakukan sebagai bukti mengimani asmaulhusna!
Salah satu manfaat mengetahui asmaul husna ini adalah untuk memudahkan kita dalam meneladani sifat-sifat Allah dalam kehidupan sehari-hari. Berikut adalah contoh perilaku yang mencerminkan asmaul husna:
  1. al qawiyyu berarti maha kuat, cara kita meneladani Allah yang memiliki sifat Al qowiyyu adalah seperti ketika kita menerima musibah atau cobaan, retap kuat mengahadapinya dan beristiqamah
  2. al-Qayyūm adalah Allah Swt. hidup sendiri dan Dia  Maha Mengatur dan memenuhi segala kebutuhan  makhluk-Nya. Contoh sikap meneladaninya adalah merapikan tempat tidur, menyiapkam peralatan sekolah sendiri, dan mencari sendiri pakaian sekolah.
  3. al-Muhyi adalah Maha Menghidupkan, Dialah  Allah yang memberi kehidupan kepada seluruh  makhluk-Nya. Contoh sikap  meneladaninya adalah memelihara dan menjaga kelestarian alam, senantiasa menebarkan kebaikan di muka bumi, dan senantiasa menghidupkan persaudaraan dan kasih sayang dengan silaturahim, dan senantiasa menghidupkan suasana dengan membaca Al Quran.
  4. al-Mumīt adalah Allah yang Maha mematikan, Allah yang menakdirkan kematian bagi makhluk yang ditetapkan kematian, Allah juga yang mematikan dengan menahan nyawa, bagai jasad yang dikehendaki Contoh perilaku yang sesuai dengan Al-Mumit adalah ikhlas dan tawakal kepada Allah SWT saat dilanda kesedihan karena kematian orang terdekat. Contoh perilaku yang sesuai dengan Al-Mumit adalah ikhlas dan tawakal kepada Allah SWT saat dilanda kesedihan karena kematian orang terdekat. 
  5. al-Bā’iś adalah Allah Maha Membangkitkan. Allah yang akan membangkitkan semua manusia dari  alam kubur. Contoh perilaku yang sesuai dengan Al-Bais adalah Mengekang hawa nafsu untuk tidak melanggar larangan-larangan Allah, ikut menegakkan amar ma'ruf nahi mungkar, dan embunuh semua perilaku buruk yang ada pada diri kita

Aktivitas Kelompok
  1. Buat kelompok terdiri dari 4 sampai 5 orang.
  2. Masing-masing kelompok menulis nama ketua dan anggota.
  3. Setiap kelompok mendapatkan satu nama asmaulhusna.
  4. Kemudian setiap satu anak menyebutkan satu makna perilaku yangsesuai dengan asmaulhusna. 
  5. Kemudian menempelkan pada kertas atau media lain yang mudah.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 3:02 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.