Home » , , » Jenis Kalimat Matematika Kelas IV

Jenis Kalimat Matematika Kelas IV

Pada pembelajaran matematika kelas iv Kurikulum Merdeka Sementer 2 Bab 16 Perkalian dan Pembagian Bilangan Desimal terdapat pembahasan tentang Jenis Kalimat Matematika. Tujuan pembelajaran kali ini adalah peserta didik dapat mampu memecahkan masalah dengan merepresentasikanhubungan kuantitatif pada gambar dan memikirkan persamaan yang akan dibuat.

Kalimat matematika adalah bentuk dari suatu kalimat pada suatu persoalan atau permasalahan yang dikonversikan dalam bentuk matematika. Di mana kalimat matematika akan mengafirmasi suatu kalimat, proposisi, dan pernyataan dalam konteks matematika. Kalimat matematika juga dapat dikenali dengan mudah melalui simbol-simbol bilangan matematika yang sederhana dan ringkas.

Umumnya, dalam soal kata, hubungan antar besaran diselesaikan dengan menggunakan empat operasi aritmatika. Perhitungan ini dapat ditampilkan dengan menggunakan diagram ruas garis dan diagram garis bilangan, dan kuantitas yang dibutuhkan bisa ditulis pada gambar. Selain itu, jumlahnya tergantung pada posisi pada gambar.

1. Ada 3 botol yang masing-masing berisi 1,5 l sari buah. Berapa liter keseluruhan sari buah tersebut?
Kalimat
Ini adalah soal pada bagian 2 untuk menemukan "jumlah yang sebanding".Siswa harus belajar menggambar diagram garis bilangan. Siswa diharapkan mencoba menemukan jawabannya segera setelah mereka merumuskan masalah. Para siswa harus dapat menjelaskan alasan keputusan matematika mereka dengan membandingkannya dengan teks masalah dan diagram.Diskusikan ilustrasi total jus dalam 3 botol pada garis bilangan.Temukan hasil perkalian 1,5 × 3 dengan perhitungan bersusun dan periksa jawabannya.
Soal

2. Terdapat 6 piring dengan berat yang sama. Jika keseluruhan berat piring tersebut adalah 5,1kg. Berapa kg berat setiap piring?

Ini adalah soal pada bagian 3, menanyakan "jumlah asli". Tanyakan kepada siswa jumlah yang mereka ketahui dan jumlah yang ingin mereka temukan, dan rangkum hubungan kuantitas dalam gambar garis bilangan sehingga mudah untuk dipahami secara visual. Diskusikan mengapa persamaan/rumus untuk mencari berat satu piring adalah 5,1 : 6, menggunakan garis bilangan. Hitung hasil bagi dari 5,1 : 6 dengan perhitungan bersusun, dan periksa jawabannya.

1 Tuliskan informasi yang diberikan pada soal.
Banyak piring 6 buah
Berat keseluruhan 5,1 kg
2 Tuliskan informasi yang ingin diketahui.
Berapa berat setiap piring?
3 Tuliskan apa yang diketahui dalam diagram berikut dan tentukan jawabannya.
Soal2

3. Sebuah tali yang panjangnya 9 m dipotong menjadi 5 bagian yang sama panjang. Gambarkan ilustrasinya dan tentukan panjang setiap bagian pitanya.
Panjang Tali
Ini adalah soal pada bagian 3, menanyakan "jumlah asli". Jika siswa mengalami kesulitan dalam membuat gambar, beri tahu mereka untuk mengingat kembali bagaimana mereka membuat gambar tersebut dan memikirkannya di soal 1 dan 2. Siswa mampu merepresentasikan soal pada garis bilangan dan merumuskan persamaan dengan mempertimbangkan hubungan kuantitas. Diskusikan alasan mengapa rumus mencari panjang tali adalah 9 : 5, menggunakan garis bilangan.Hitung hasil bagi dari 9 : 5 dengan perhitungan bersusun, dan periksa jawabannya.

Demikian pembahasan mengenai Jenis Kalimat Matematika. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Sumber : Buku Matematika Kelas IV Kurikulum Merdeka Unit 2, Kemendikbud
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 8:39 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.