Home » , , » Mengenal Aneka Ragam Hias Di Indonesia

Mengenal Aneka Ragam Hias Di Indonesia

Pada pembelajaran Seni Rupa Kelas V Sekolah Dasar Kurikulum Merdeka Bab 9 terdapat kegiatan Mengenal Aneka Ragam Hias Di Indonesia. Tujuan kegiatan pembelajaran kali ini adalah Siswa dapat menentukan definisi ragam hias dengan tepat. Siswa dapat menganalisis bentuk ragam hias dari daerah tertentu dengan menyebutkan ciri-cirinya. Siswa dapat membandingkan jenis ragam hias flora, fauna, figuratif, dan geometris. Siswa dapat menggambar ragam hias dengan kreativitasnya sendiri dengan memilih jenis ragam hias flora, fauna, figuratif, dan geometris.

Pada Pembelajaran Unit 9 ini siswa diajak untuk mengenal dan mengamati anekaragam hias serta elemen dekoratifnya dari berbagai daerah di Indonesia serta menggambar ragam hias dengan kreatifitasnya sendiri dengan memilih jenis ragam hias flora, fauna, figuratif, dan geometris.

A. Pengertian Ragam Hias
Indonesia sebagai negara yang kaya akan budaya mempunyai begitu banyak ragam hias, dari segi motif ataupun jenis dan polanya, ragam hias tidak hanya untuk tujuan keindahan yang dianggap sebagai penghias saja, namun ragam hias lebih dari itu yang dijadikan sebagai aktifitas budaya , adat istiadat dan keyakinan tertentu yang ada sejak berabad-abad silam di Indonesia. dapat kita lihat dari benda-benda penemuan seperti hiasan pada candi, kain batik, kain tenun, hiasan banguanan adat dan lain-lain.
Ragam Hias
Ragam hias merupakan pola hias yang tersusun menggunakan motif hias dengan cara dan metode tertentu pada suatu benda dengan tujuan sebagai penghias bidang atau bentuk sehingga menghasilkan keindahan. Biasanya ragam hias dibuat secara berulang-ulang dengan pola tertentu untuk menambah dan memperindah suatu benda.

Menurut Atisah S (1991), Ornamen adalah membuat ragam hias, ragam hias yang ada di Indonesia itu sendiri dipengaruhi oleh begitu banyak faktor, seperti lingkungan alam, flora dan fauna, hingga budaya masing-masing daerah yang begitu kaya. Keinginan untuk menghias menjadi salah satu bentuk naluri dari manusiasebagai makhluk artistik.

B. Jenis-Jenis Ragam Hias
Berdasarkan asal inspirasi terbentuknya ragam hias dapat dibagi menjadi beberapa jenis yaitu : (1) Ragam Hias Flora, berasal dari inspirasi bentuk flora atau tumbuh- tumbuhan, (2) Ragam Hias Fauna, berasal dari inspirasi bentuk fauna atau binatang, (3) Ragam Hias Figuratif, berasal dari inspirasi bentuk manusia, (4) Ragam Hias Geometris, berasal dari inspirasi bentuk -bentuk geometrik dengan unsur-unsur seni rupa berupa titik, garis, bidang, dan bentuk.

Pembentukan ragam hias dapat secara stilasi/penggayaan dengan tidak meninggalkan bentuk aslinya sehingga menghasilkan ragam hias yang indah,dapat berasal dari salah satu bagian saja atau keseluruhan bagian secara utuh dan dapat dikombinasikan sehingga menghasilkan gaya ragam hiasan yang indah menurut Atisah S. (1991, 57) motif bentuk alami, stilasi, dan geometrik pada umumnya dinilai sebagai motif konvensional, sedangkan motif bebas dinilai sebagai motif modern.

C. Contoh Ragam Hias Dari Berbagai Daerah Di Indonesia
Ragam hias dari berbagai daerah di Indonesia dapat dikenali dan dapat dibandingkanoleh siswa dengan melihat dan mengamati ciri knasnya, berikut beberapa contohgambar ragam hias dari beberapa daerah di indonesia :
ragam hias
Dari materi pokok diatas, siswa dapat mengetahui dan menganalisis beberpa motif ragam hias yang berasal dari berbagai daerah diindonsia serta membandingkan elemen motif hias di dalamnya, kemudian siswa dapat menggambarkan kembali ragam hias dari daerah yang dipilih untuk di kembangkan sesuai kreasi dan ide kreatifnya sendiri, dengan pewarnaan yang sesuai dengan mempertimbangkan segi keindahanya.

Alat dan bahan
  1. Pensil/Pensil warna/Krayon/Spidol/cat air/cat minyak/ alat dan bahan mewarnai yang lain.
  2. Alternatif : Arang/Kapur/tumbuhan yang mengandung warna dan lain-lain
  3. Kertas A4/buku gambar (ketebalan dibebaskan).
  4. Alternatif : Kardus/papan kayu/media yang tersedia.
  5. Siswa dipersilahkan memilih dan mencoba alat bahan yang berbeda.
  6. Siswa dipersilankan menggunakan alat yang tersedia di daerah sekitar.

Demikian pembahasan mengenai Mengenal Aneka Ragam Hias Di Indonesia. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Sumber : Buku Seni Rupa Kelas V Kurikulum Merdeka, Kemendikbud
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 4:48 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.