Home » , , » Mengenali Buku Fiksi dan Nonfiksi dari Bagian Bagian Buku

Mengenali Buku Fiksi dan Nonfiksi dari Bagian Bagian Buku

Pada pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas V Kurikulum Merdeka Bab II Buku Jendela Dunia terdapat pembelajaran tentang mengenali buku fiksi dan nonfiksi dari bagian-bagian buku. Tujuan kegiatan pembelajaran kali ini adalah melalui kegiatan pengenalan bagian-bagian buku, peserta didik dapat mengidentifikasi jenis teks dari isi buku tersebut: apakah teks naratif atau informasional.

Pada kegiatan ini peserta didik mengenal bagian-bagian buku (sampul buku, halaman atau isi buku, daftar isi, isi teks). Peserta didik lalu mengidentifikasi apakah isi buku adalah teks naratif atau informasional berdasarkan petunjuk dari bagian-bagian buku.

Karangan narasi berasal dari Bahasa Inggris narration (cerita) dan narrative (yangmenceritakan). Karangan narasi adalah karangan yang menyajikan serangkaian peristiwa menurut urutan kejadian atau kronologisnya. Penyajian karangan narasi ini bermaksud untukmemberi arti kepada serentetan kejadian yang ada sehingga pembaca dapat memetik hikmah dari cerita itu.

Karangan narasi dapat dibedakan ke dalam beberapa bentuk. Dua diantaranya adalah narasi artistik dan narasi informasional.

1. Narasi Informatif
Karangan narasi informatif adalah karangan narasi yang bertujuan untuk penyampaian informasi secara tepat mengenai sebuah peristiwa. Karangan narasi informatif ini juga bertujuan untuk memperluas pengetahuan para pembaca mengenai kisah yang disajikan.

2. Narasi Artistik
Karangan narasi artistik adalah bentuk karangan narasi yang memiliki maksud dan tujuan khusus. Biasanya, karangan narasi artistik bertujuan untuk menyampaikan amanat kepada pembaca. Karangan narasi artistik juga menggunakan bahasa yang logis, berdasarkan fakta, dan juga bersifat objektif.

Mengenali buku fiksi dan nonfiksi dari bagian-bagian buku.
1. Sampul Buku
Perhatikan dua sampul buku berikut. Manakah yang termasuk buku fiksi dan nonfiksi? Bagaimana cara kalian mengenalinya?
Daftar Isi
2. Daftar Isi
Bagian dalam buku terdiri atas banyak halaman. Di dalamnya, terdapat daftar isi dan juga teks. Sekarang, perhatikan daftar isi dari teks berikut ini. Manakah yang merupakan daftar isi dari buku fiksi dan manakah yang merupakan daftar isi dari buku nonfiksi? Bagaimana kalian mengenalinya?
Sampul Buku
3. Isi Buku
Perhatikan isi teks dari dua buku berbeda berikut ini. Manakah yang merupakan tulisan dari buku fiksi dan manakah yang merupakan isi tulisan dari buku nonfiksi? Bagaimana kalian mengenalinya?
FiksiNonfiksi
La Tinulu berangkat meninggalkan tempatnya untuk mencari ilmu pengetahuan. Perjalanannya cukup jauh. Ia menyeberang sungai, mendaki bukit, dan beberapa desa telah dilaluinya. Di dalam perjalanan itu bertemulah dia dengan laki-laki tua yang berteduh di bawah pohon beringin di tepi jalan. La Tinulu ikut berteduh dan duduk di sebelah laki-laki tua itu.

“Hendak ke mana, Nak? Sepertinya sudah berjalan jauh?” laki-laki tua itu bertanya sambil mengulurkan tempat air kepada La Tinulu yang terlihat kehausan. La Tinulu menerima tempat air dan meminumnya sedikit, lalu dikembalikannya kepada orang tua itu.

“Terima kasih, Pak Tua, saya berjalan tak tentu arah mencari orang yang mau menjual ilmu pengetahuan.” 

“Apa maksudmu? Menjual ilmu pengetahuan?” tanya Pak Tua.
Sultan Hasanuddin adalah salah seorang pahlawan nasional yang berasal dari Gowa, Sulawesi Selatan. Beliau adalah keturunan dari Raja Gowa ke-15, dan pernah memimpin kerajaan tersebut menguasai jalur perdagangan di wilayah Timur Indonesia di abad ke-17.

Sultan Hasanuddin dikenal atas perjuangannya menentang monopoli dagang rempah-rempah Kompeni Belanda VOC di Indonesia Timur. Perlawanan gigih dan berani yang dilakukan Sultan Hasanuddin membuat VOC menjulukinya Ayam Jantan dari Timur.

Akan tetapi, pada akhirnya perjuangan Sultan Hasanuddin harus berakhir saat VOC menaklukkan benteng terkuat Gowa, yaitu Benteng Somba Opu. Beliau wafat setahun setelah peristiwa ini dan dimakamkan di kompleks makam-makam Raja Gowa.

Pembahasan :
Membandingkan Isi Buku
Bagian BukuBuku ABuku B
Sampul BukuGambar  berbentuk komik, dari kata kunci kisah.Sampul yang  informatif, judul informatif, dan ilustrasi adalah gambar nyata.
Daftar IsiPembagian bab berdasarkan topik,  berdasarkan detail dari tema tata surya, bisa dibaca dimulai dari bab mana sajaPembagian bab berdasarkan momen atau kejadian, ada alur cerita jadi dibacanya dari awal sampai akhir berurut, judulnya membuat penasaran.
Isi BukuGaya bahasa, ada percakapan, ada tokoh, ada alur cerita, ada tanda kutip.Informasi, tidak ada alur cerita, tidak ada percakapan, gaya bahasa datar/lugas

Demikian pembahasan mengenai Mengenali buku fiksi dan nonfiksi dari bagian-bagian buku. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Sumber : Buku Bahasa Indonesia Kelas V Kurikulum Merdeka, Kemendikbud
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 10:42 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.