Home » » Rangkuman Muatan Bahasa Indonesia Kelas 3 Tema 8 Subtema 4

Rangkuman Muatan Bahasa Indonesia Kelas 3 Tema 8 Subtema 4

Selamat datang di blog ini, semoga apa yang anda butuhkan ada di sini. Pada tulisan kali ini saya mencoba merangkum tema VIII Praja Muda Karana khususnya muatan pelajaran Bahasa Indonesia. Tema 8 terbagi menjadi empat subtema yaitu ema 8 terbagi menjadi empat subtema yaitu Subtema 1 Aku Anggota Pramuka, Subtema 2 Aku Anak Mandiri, Subtema 3 Aku Suka Bertualang, dan Subtema 4 Aku Suka Berkarya. Rangkuman atau resume ini ditulis dengan harapan semoga dapat membantu bapak ibu guru untuk lebih mudah memahami materi tematik tema 8 kurikulum 2013.

Rangkuman Muatan Bahasa Indonesia Tema 8 Subtema 4
Kompetensi Dasar
3.9Mengidentifikasi lambang/ simbol (rambu lalu lintas, pramuka, dan lambang negara) beserta artinya dalam teks lisan, tulis, dan visual
4.9
Menyajikan hasil identifikasi tentang lambang/simbol (rambu lalu lintas, pramuka, dan lambang negara) besertaartinya dalam bentuk visual dan tulis menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif

Pembelajaran 1
Mengenal arah mata angin dan denah

Arah Mata Angin dan Denah
Denah adalah gambar yang menunjukkan lokasi suatu tempat. Denah berupa gambar yang menunjukkan bagian dari suatu tempat. Gambar berikut ini merupakan contoh denah.
SD Nusantara

SD Nusantara berada di antara pos ronda dan lapangan sepak bola. Berseberangan dengan SD Nusantara ada beberapa rumah penduduk. Tempat beribadah juga dapat ditemui di sekitar SD Nusantara.

Mata angin merupakan panduan yang digunakan untuk menentukan arah. Umum digunakan dalam navigasi, kompas dan peta. Pusat mata angin terdapat 8 arah dengan urutan berikut (mengikuti arah jarum jam). Berikut ini adalah gambar arah mata angin. Mata angin terdiri atas delapan arah.
Mata Angin
Keterangan
SikatanArtiSingkatanArti
UUtaraSSelatan
TLTimur LautBDBarat Daya
TTimurBBarat
TGTenggaraBLBarat Laut

Matahari terbit dari sebelah timur. Saat kamu menghadap matahari terbit, berarti kamu sedang menghadap ke timur. saat itu punggungmu menghadap ke arah barat. Tangan kananmu ke arah selatan. Tangan kirimu ke arah utara.

Pembelajaran 2
Mengenal pikiran pokok Membaca denah
Menjadi Petugas Penerima Tamu
Hari ini, SD Nusantara kedatangan tamu. Tamu yang datang tim juri penilai lomba kebersihan sekolah. Mereka ingin melihat kondisi SD Nusantara. Udin dan beberapa teman ditunjuk menjadi petugas penerima tamu. Mereka harus mendampingi tamu. Mereka juga bertugas memberikan penjelasan tentang SD Nusantara.

Udin dan teman-teman berbagi tugas menerima tamu. Pembagian tugas berdasarkan denah sekolah yang sudah disiapkan. Udin dan Lani bertugas menjelaskan bagian utara sekolah. Edo dan Dayu bertugas menjelaskan bagian selatan sekolah. Siti bertugas menjelaskan bagian timur sekolah. Beni menjelaskan bagian barat sekolah.

Udin dan teman-teman bertugas dengan baik. Mereka menjelaskan program sekolah dengan jelas dan santun. Mereka juga dapat menjawab pertanyaan dengan lancar dan jelas.

Para penerima tamu telah bertugas dengan baik. Para juri memberikan pujian kepada mereka. Kepala sekolah dan para guru juga memberikan pujian. Semua anak-anak senang dan bersemangat mengerjakan tugasnya.

erhatikan kembali bacaan tentang Menjadi Petugas Penerima Tamu! Bacaan tersebut memiliki 4 paragraf. Paragraf adalah susunan beberapa kalimat yang mengandung satu pikiran pokok. Penulisan
paragraf dimulai dengan garis baru. Pikiran pokok adalah ide utama dari sebuah paragraf.

Cobalah menemukan pikiran pokok dari bacaan
“Menjadi Petugas Penerima Tamu”
Tuliskan pada tabel berikut ini!
Pikiran pokok pada paragraf pertama adalah
SD Nusantara kedatangan tamu
Pikiran pokok pada paragraf kedua adalah
Udin dan teman-teman berbagi tugas.
Pikiran pokok pada paragraf ketiga adalah
Udin dan teman-teman bertugas dengan baik
Pikiran pokok pada paragraf keempat adalah
Para juri memberikan pujian
Cobalah menuliskan gabungan pikiran pokok dari semua paragraf secara berurut.
SD Nusantara kedatangan tamu. Udin dan teman-teman berbagi tugas. Udin dan teman-teman bertugas dengan baik. Para juri memberikan pujian.

Pembelajaran 3
Menulis cerita berdasarkan pikiran pokok yang ditetapkan
Pada umumnya dalam menyusun paragraf berdasarkan gambarnya menggunakan gambar gambar seri. Gambar seri ialah rangkaian dari beberapa gambar yang menggambarkan sebuah peristwa. Tiap tiap bagian dari gambar tersebut memiliki ceritanya masing masing.

Gambar-gambar inilah yang nantinya disusun secara urut hingga membentuk cerita yang runtut dan menarik. Langkah pertama dalam menyusun gambar seri ialah menentukan judul cerita dari gambar tersebut. Langkah selanjutnya ialah penentuan peristiwa pertama pada gambar. Peristiwa tersebut harus disusun dengan urut dan logis.

Paragraf adalah susunan beberapa kalimat yang mengandung satu pikiran pokok. Penulisan paragraf dimulai dengan garis baru. Pikiran pokok adalah ide utama dari sebuah paragraf.
Gambar Seri
Tuliskan karangan sebanyak 4 paragraf! Tuliskan karangan berdasarkan pikiran pokok yang diberikan! Perhatikan gambar untuk membantumu! Berikut ini adalah pikiran pokok dari setiap paragraf.
  1. Hari Minggu Udin melakukan perjalanan di lingkungan sekitar.
  2. Sebelum melakukan perjalanan, Udin mempelajari denah lokasi terlebih dahulu.
  3. Selama perjalanan, Udin dan teman-teman selalu bekerja sama.
  4. Udin dan teman-teman merasa senang melakukan kegiatan perjalanan.

Pembelajaran 4
Membuat denah lokasi
Denah lokasi perkemahan menunjukkan posisi setiap tempat dengan baik. Meja makan ada di sebelah timur tenda pembina. Kamar kecil ada di sebelah barat tenda utama. Pusat air minum ada di sebelah utara meja makan. Sementara tungku ada di sebelah selatan tenda anggota pramuka.
Lokasi Kemah
Seorang anggota pramuka akan menuju tenda pembina. Tentukan arah yang harus dilewati anggota tersebut!
Dari tenda anggota pramuka akan berjalan ke arah barat sampai menuju tungku. Dari tungku anggota pramuka akan berjalan ke arah selatan menuju meja makan. Dari meja makan anggota pramuka berjalan ke arah barat menuju tenda pembina.

Pembelajaran 5
Membuat Denah
iti dan teman-teman berlatih membuat denah untuk lokasi kegiatan amal. Mereka berencana melaksanakan kegiatan di lapangan upacara.

Ada tiga meja untuk menjual mainan bekas. Semua meja penjualan mainan bekas menghadap ke arah
barat.

Ada tiga meja untuk penjualan sepatu bekas. Semua meja penjualan sepatu bekas menghadap ke arah timur.

Ada empat meja untuk penjualan buku bekas. Semua meja penjualan buku bekas menghadap ke arah selatan.

Ada lima meja untuk penjualan baju bekas. Semua meja penjualan buku bekas menghadap ke arah utara.

Buatlah denah berdasarkan informasi tersebut!
Pakaian Bekas
Andaikan kegiatan tersebut dilakukan di sekolahmu. Jelaskan beberapa hal berikut! Di mana kegiatan akan dilakukan? (Kegiatan dilakukan di halaman sekolah) Jelaskan arah perjalanan dari gerbang sekolah menuju tempat kegiatan amal! (Dari gerbang sekolah berjalan ke arah barat )

Pembelajaran 6
Membaca denah dalam bentuk gambar
Perhatikan denah taman bermain berikut ini! Pelajari cara membaca denah tersebut! Lalu, tentukan area penghijauan yang paling tepat pada gambar denah tersebut!
Denah Penghijauan
Posisi seluncuran ada di A1.
Posisi ayunan ada di A2.
Posisi tempat duduk ada di A3.

Ayo Berlatih
Isilah titik-titik sesuai gambar taman bermain!
Tentukan posisi sesuai contoh!
  1. Posisi pedagang ada di B2
  2. Posisi jembatan ada di B3
  3. Posisi air mancur ada di C2
  4. Posisi tempat sampah ada di C1
  5. Misalkan akan ditanam pohon. Lokasi yang bisa di gunakan B1 dan C3

Sekarang perhatikan gambar denah berikut ini !
Lengkapi denah dengan gambar sesuai keterangan!
Denah Lengkap
Keterangan
Posisi A1 terdapat tempat duduk anak-anak saat beristirahat.
Posisi B2 terdapat kolam ikan.
Posisi A3, B3, dan C3 terdapat area penghijauan.
Posisi C1 terdapat tempat sampah

Demikian pembahasan mengenai Rangkuman Muatan Bahasa Indonesia Kelas 3 Tema 8 Subtema 4. Semoga Tulisan ini bermanfaat.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 11:18 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.