Peserta didik dapat belajar numerasi dengan cara yang menyenangkan dan mengasyikkan melalui permainan kaya numerasi berbasis non digital. Dalam video ini diberikan beberapa contoh permainan yang dapat digunakan seperti engklek, ular tangga, lempar karet, lempar bola, dan timbangan. Aturan permainannya dapat dibuat sendiri dan disesuaikan dengan kebutuhan pembelajaran numerasi.
1. Latihan Pemahaman
A. Permainan Berbasis Digital Kaya Numerasi
Permainan berbasis digital yang menggunakan komputer atau ponsel pintar cukup efektif dalam meningkatkan kemampuan numerasi apabila digunakan dengan tepat. Pernyataan di atas adalah...
Jawaban : Benar
B. Permainan Berbasis Non Digital Kaya Numerasi
Permainan tradisional engklek termasuk permainan nondigital yang dapat menjadi sarana pembelajaran numerasi yang mengasyikkan serta bisa dilakukan berulang kali dan kapan saja. Pernyataan di atas adalah...
Jawaban : Benar
2. Cerita Reflektif
A. Permainan Berbasis Digital Kaya Numerasi
Mungkinkah permainan digital kaya numerasi ini diterapkan di sekolah Ibu dan Bapak? JIka memungkinkan apa rencana Ibu dan Bapak?
Rencananya adalah saya sesuaikan terlebih dahulu antara Tujuan Pembelajaran dengan penggunaan permainan digital kaya numerasi tersebut sebelum digunakan pada kegiatan belajar mengajar.
2. Permainan Berbasis Non Digital Kaya Numerasi
Apa permainan-permainan kaya numerasi yang bisa Ibu dan Bapak dapat terapkan di kelas ?
Permainan ular tangga matematika, cara mainnya peserta didik harus menjawab pernyataan matematika untuk maju pada papan permainan ular tangga.
3. Post test
1. | Pendidik berperan menjadi fasilitator yang mengawasi dan mengendalikan permainan nondigital yang memiliki nilai numerasi. Pernyataan di atas adalah… | |
A. | Benar | |
B. | Salah | |
Pembahasan : Jawaban : A | ||
2. | Berikut ini permainan tradisional yang sarat akan nilai numerasi yaitu… | |
A. | Permainan lompat tali | |
B. | Permainan congklak | |
C. | Permainan galah asin | |
D. | Permainan kucing-kucingan | |
Pembahasan : Jawaban : B | ||
3. | Jenis permainan berbasis digital untuk pembelajaran numerasi harus disesuaikan dengan kemampuan peserta didik. Pernyataan di atas adalah | |
A. | Benar | |
B. | Salah | |
Pembahasan : Jawaban : A | ||
4. | Hal yang menjadi tantangan bagi para pendidik untuk memanfaatkan permainan berbasis digital sebagai media pembelajaran numerasi adalah, kecuali,... | |
A. | Pendidik harus mempelajari terlebih dahulu permainannya sebelum diajarkan kepada peserta didik | |
B. | Tidak semua sekolah memiliki fasilitas laboratorium komputer | |
C. | Memainkan permainan berbasis digital sangat tidak efisien digunakan untuk pembelajaran numerasi | |
D. | Sulit bagi pendidik untuk mengawasi peserta didik yang jumlahnya banyak | |
Pembahasan : Jawaban : A | ||
5. | Di bawah ini yang menjadi alasan mengapa pendidik harus mengadakan pembelajaran numerasi dengan permainan, kecuali… | |
A. | Pembelajaran jadi lebih menyenangkan | |
B. | Menumbuhkan kepercayaan diri peserta didik | |
C. | Meningkatkan kemampuan sosial peserta didik | |
D. | Dapat langsung mempraktikkan teori dan konsep yang dipelajari di kelas | |
Pembahasan : Jawaban : D | ||
6. | Permainan non digital berbasis numerasi hanya bisa diterapkan di sekolah dan tidak dapat diterapkan di luar sekolah. Pernyataan di atas adalah… | |
A. | Benar | |
B. | Salah | |
Pembahasan : Jawaban : B | ||
7. | Permainan berikut termasuk permainan non-digital yang kaya numerasi, kecuali… | |
A. | Permainan engklek | |
B. | Permainan lempar dadu | |
C. | Permainan lomba lari | |
D. | Permainan ular tangga | |
Pembahasan : Jawaban : B | ||
8. | Alat matematika berbasis non-elektronik tidak harus dibeli atau dibuat dari bahan yang harganya mahal, akan tetapi dapat dibuat sendiri oleh pendidik. Pernyataan di atas adalah… | |
A. | Benar | |
B. | Salah | |
Pembahasan : Jawaban : A | ||
9. | Pendidik berperan menjadi fasilitator yang mengawasi dan mengendalikan permainan nondigital yang memiliki nilai numerasi. Pernyataan di atas adalah… | |
A. | Benar | |
B. | Salah | |
Pembahasan : Jawaban : A | ||
10. | Peran pendidik dan orang tua tidak dibutuhkan untuk mendampingi peserta didik dalam menggunakan ponsel pintar atau komputer. Pernyataan di atas adalah… | |
A. | Benar | |
B. | Salah | |
Pembahasan : Jawaban : B | ||
11. | Berikut ini yang termasuk hal-hal yang harus diperhatikan sebelum melakukan pembelajaran numerasi dengan media permainan berbasis digital adalah… | |
A. | Mengetahui apakah peserta didik memiliki perangkat sendiri atau tidak | |
B. | Memberikan kebebasan pada peserta didik untuk memilih permainan yang akan dimainkannya | |
C. | Memastikan apakah peserta didik dapat menggunakan perangkat | |
D. | Memastikan tujuan dan konsep pembelajaran sebelum melakukan kegiatan permainan berbasis digital | |
Pembahasan : Jawaban : D | ||
12. | Permainan engklek kaya nilai numerasi, karena selain dapat mengenalkan angka dan operasi perhitungan, permainan ini juga dapat mengenalkan geometri kepada peserta didik. Pernyataan di atas adalah… | |
A. | Benar | |
B. | Salah | |
Pembahasan : Jawaban : A | ||
13. | Salah satu permainan berbasis digital yang memiliki nilai numerasi yang disebutkan dalam video adalah… | |
A. | Matific | |
B. | Chrome | |
C. | Canva | |
D. | Stumble Guys | |
Pembahasan : Jawaban : D |
Demikian pembahasan mengenai Modul 3 Permainan Kaya Numerasi platform Merdeka Mengajar. Semoga bermanfaat.
0 komentar:
Post a Comment
Mohon tidak memasukan link aktif.