Home » » Rangkuman Materi PJOK Kelas 3 Tema 8

Rangkuman Materi PJOK Kelas 3 Tema 8

Selamat datang di blog ini, semoga apa yang anda butuhkan ada di sini. Pada tulisan kali ini saya mencoba merangkum tema VIII Praja Muda Karana khususnya muatan pelajaran Bahasa Indonesia. Tema 8 terbagi menjadi empat subtema yaitu ema 8 terbagi menjadi empat subtema yaitu Subtema 1 Aku Anggota Pramuka, Subtema 2 Aku Anak Mandiri, Subtema 3 Aku Suka Bertualang, dan Subtema 4 Aku Suka Berkarya. Rangkuman atau resume ini ditulis dengan harapan semoga dapat membantu bapak ibu guru untuk lebih mudah memahami materi tematik tema 8 kurikulum 2013.

Rangkuman Muatan PJOK Tema 8
Kompetensi Dasar
3.4Memahami bergerak secara seimbang, lentur, lincah, dan berdaya tahan dalam rangka pengembangan kebugaran jasmani melalui permainan sederhana dan atau tradisional
4.4
Mempraktikkan bergerak secara seimbang, lentur, lincah, dan berdaya tahan dalam rangka pengembangan kebugaran jasmani melalui permainansederhana dan atau tradisional

Pembelajaran 2 Subtema 1
Bermain lompat dengan satu kaki
Kemampuan seseorang dalam mempertahankan diri dalam berbagai keadaan agar badan tetap seimbang disebut keseimbangan. Latihan keseimbangan dilakukan seperti berikut ini:
Lompat Kaki Satu
  1. Berdiri tegak.
  2. Angkat kaki kirimu.
  3. Berdirilah dengan satu kaki dan jagalah keseimbangan.
  4. Bertahanlah sampai hitungan kesepuluh.
  5. Angkat kaki kanan.
  6. Berdirilah dengan satu kaki dan jagalah keseimbangan.
  7. Bertahanlah sampai hitungan kesepuluh. Lalu, cobalah melompat dengan menggunakan satu kaki. Coba juga berlari menggunakan satu kaki dengan cara bergantian. Latihan keseimbangan dapat membuat badan menjadi sehat dan kuat.

Pembelajaran 4 Subtema 2
Berjalan merangkak maju dan mundur
Cobalah permainan berikut ! Sebelum melakukan permainan tersebut lakukan pemanasan terlebih dahulu. Lalu lakukan gerakan latihan sebagai berikut :
Pemanasan
  1. Duduk dan luruskan kakimu.
  2. Angkat kedua kakimu secara bersamaan, dapat dibantu dengan menggunakan tangan.
  3. Tahan posisi kaki terangkat sampai hitungan ketiga.
  4. Turunkan kembali kakimu.
  5. Ulangi kembali kegiatan dengan waktu lebih lama

Pembelajaran 2 Subtema 2
Berlatih kelentukkan badan
Mari, mencoba berlatih mengikuti gerakan membungkukkan badan! Gerakan membungkukkan badan sambil menyentuh kaki. Gerakan membungkukkan badan termasuk melatih kelentukan badan. Gerakan membungkukkan badan bertujuan melemaskan otot pinggang.

Lakukan tahapan gerakan seperti berikut ini!
Kelentukkan
  1. Berdiri tegap dengan kedua kaki terbuka selebar bahu.
  2. Bungkukkan badan ke depan bawah sampai kedua tangan menyentuh lantai. Pandangan ke arah lutut. Pertahankan sampai hitungan kelima.
  3. Kembali ke posisi semula berdiri tegap. Buka kedua kaki selebar bahu.
  4. Bungkukkan badan ke sebelah kiri. Kedua tangan menyentuh kaki kiri. Pertahankan sampai hitungan kelima.
  5. Kembali ke posisi semula berdiri tegap. Buka kedua kaki selebar bahu.
  6. Bungkukkan badan ke sebelah kanan. Kedua tangan menyentuh kaki kanan. Pertahankan sampai hitungan kelima.
  7. Selama melakukan gerakan ini, lutut tidak ditekuk.
  8. Lakukan gerakan secara berulang.

Pembelajaran 4 Subtema 2
Bermain menirukan gerak pohon kelapa
Pohon kelapa dapat dimanfaatkan sebagai tempat berteduh. Batang pohon kelapa tinggi dan daunnya lebar. Daunnya melambai-lambai ditiup angin. Mari, kita mencoba menirukan gerak pohon kelapa!

Kelentukan atau fleksibilitas adalah kemampuan seseorang untuk melakukan gerak dalam ruang, dengan gerak sendi secara maksimal tanpa hambatan yang berarti. Otot-otot yang dilatih kelentukan, meliputi leher, bahu, pergelangan tangan, pinggang, lutut, dan pergelangan kaki. Latihan kelentukan ini baik dilakukan sebelum berolah raga yang disebut pemanasan ( warming up)

Lakukan gerakan berikut ini!
Gerakan Jinjit
1. Berdiri dengan tegak.
2. Angkat kedua tangan ke atas, lalu genggam.
3. Jinjitkan kaki setinggi yang kamu bisa.
4. Tahan gerakan sampai hitungan lima.

Lakukan juga gerakan berikut!
Gerakan
1. Berdiri tegak.
2. Angkat kedua tangan ke atas, lalu genggam.
3. Jinjitkan kaki setinggi yang kamu bisa.
4. Miringkan badan ke kiri.
5. Tahan gerakan sampai hitungan kelima.
6. Miringkan badan ke kanan.
7. Tahan gerakan sampai hitungan kelima.
8. Kembali ke posisi berdiri tegak.

Menirukan gerak pohon kelapa termasuk melatih kelentukan badan. Menirukan gerak pohon kelapa bertujuan melemaskan otot pinggang. Tunas pohon kelapa merupakan lambang pramuka. Mari mengenal lambang pramuka. Kita dapat mencontoh sikap yang sesuai dengan lambang pramuka.

Pembelajaran 2 Subtema 3
Bermain Galasin
Galah asin atau galasin atau sering disebut juga gobak sodor adalah permainan tradisional asli Indonesia. Permainan ini biasanya dimainkan di halaman rumah yang luas maupun lapangan dengan betuk segi empat berpetak-petak. Galasin dimainkan oleh dua kelompok. Masing-masing kelompok terdiri dari tiga sampai lima orang. Lapangan yang digunakan dibagi menjadi enam bagian. Setiap bagian pada zaman dahulu dibatasi dengan kayu namun demi keamanan dapat mengunakan kapur tulis.

Cobalah bermain galasin bersama teman-temanmu! Cobalah berlatih melewati penjaga sampai
berhasil! Ikuti petunjuk berikut ini!
  1. Buatlah garis-garis penjagaan menggunakan kapur tulis. Garis membentuk lapangan segi empat. Lapangan tersebut dibagi menjadi 6 bagian.
  2. Buatlah garis di tengah lapangan. Garis ini sebagai tempat atau jalan kapten (sodor).
  3. Buatlah dua tim. Masing-masing tim terdiri atas 3 sampai 5 pemain. 4. Satu tim akan menjadi tim “jaga” dan tim lainnya akan menjadi tim “lawan”. Penentuan tim dapat dilakukan dengan pengundian.
  4. Anggota tim yang mendapat giliran “jaga” akan menjaga lapangan. Tempat yang dijaga adalah garis horisontal. Kapten tim akan menjaga garis batas vertikal.
  5. Penjaga garis horisontal berusaha untuk menghalangi lawan. Penjaga garis horisontal dapat bergerak ke kanan dan ke kiri.
  6. Tugas penjaga garis vertikal bertugas menjaga keseluruhan garis batas vertikal. Garis vertikal merupakan garis yang terletak di tengah lapangan. penjaga garis vertikal bergerak dari depan ke belakang atau sebalikya 
  7. Tim pemain harus berusaha melewati seluruh garis batas horisontal. Dari batas horisontal paling depan hingga baris paling belakang. Mereka juga harus kembali ke tempat semula. Mereka harus dapat melewati penjaga tanpa tersentuh.
Permainan Galasin
Permainan ini sangat mengasyikkan untuk dimainkan. Perlu kelincahan agar dapat melewati para penjaga. Untuk memenangkan permainan ini sangatlah sulit. Perlu kerja sama yang baik antarpemain. Kerja sama yang baik akan membantu keberhasilan dalam memenangkan permainan. Saling memberi pendapat dalam permainan merupakan bagian dari kerja sama. Saling menghargai dalam permainan juga bagian dari kerja sama

Pembelajaran 4 Subtema 3
Bermain Jala Ikan
Permainan menjala ikan ini ialah sebuah permainan berkelompok yang terdiri berasal kurang lebih 4 anak,. Permainan ini bisa kerja sama, kelincahan, jiwa sportifitas, kecepatan, saling berinteraksi satu sama lain dan kemampuan buat merancang seni manajemen agar bisa menjala ikan sebesar-banyaknya menggunakan cepat. Cara bermain.
Menjaring Ikan
  1. Tentukan batasan untuk bermain. Berilah tanda dengan kapur. Semua harus selalu berada dalam batas garis yang sudah ditentukan.
  2. Tentukan empat orang pemain untuk bertugas sebagai jala. Sisa pemain akan bertugas menjadi ikan.
  3. Empat orang yang menjadi jala harus terus bergandengan tangan.
  4. Semua peserta dapat bergerak bebas dalam batas wilayah.
  5. Setelah diberikan aba-aba, jaring dapat bergerak menangkap ikan. Sebaliknya ikan bergerak menghindar dari tangkapan jala.
  6. Empat ikan yang tertangkap dapat dibentuk menjadi satu jaring tambahan. Dengan demikian, maka kini jaring menjadi dua buah.
  7. Dua jaring ini terus bergerak menangkap ikan. Setelah mendapat 4 ikan lagi, dibuat 1 jaring tambahan lagi. Begitu seterusnya sampai ikan-ikan di kolam habis.
  8. Ikan dalam jaring tidak boleh bergerak keluar. Ikan harus mengikuti gerakan jaring menangkap ikan lainnya.

Pembelajaran 2 Subtema 4
Bermain Lompat Tali
Nama permainan berikut ini lompat tali. Permainan ini harus dilakukan secara berkelompok. Ada yang bertugas memegang tali. Ada juga yang bertugas menjadi pemain.

Alat yang digunakan adalah tali. Tali tersebut dipegang kedua ujungnya. Kedua tangan berada di samping setinggi bahu. Putar tali ke atas dan bawah. Pada saat tali berada di bawah, tali segera dilompati. Lompat tali dapat memakai dua kaki atau satu kaki. Ikuti tahapan permainan berikut ini!
Bermain Lompat Tali
  1. Tentukan dua pemain untuk memegang tali.
  2. Pemain berdiri di dekat tali.
  3. Ayunlah tali sambil diputar melewati badan pemain.
  4. Pemain mengangkat kedua kaki secara bersamaan saat posisi tali berada di bawah.
  5. Meloncatlah dengan benar dan upayakan tali tidak mengenai kaki.
  6. Tali mengenai kaki pemain berarti tiba saatnya berganti peran. Pemain lompat tali akan berganti tugas menjadi pemegang tali. Petugas pemegang tali akan berganti menjadi pemain lompat tali.

Pembelajaran 4 Subtema 4
Berlatih daya tahan kaki
Bermain lompat tali membutuhkan keterampilan. Bermain lompat tali juga membutuhkan daya tahan kaki yang baik. Cobalah lakukan kegiatan berikut ini! Kegiatan ini untuk melatih daya tahan kaki.

Lakukan tahapan kegiatan berikut.
Gerakan Jongkok
  1. Berdiri tegak dan buka kaki selebar bahu.
  2. Letakkan kedua tangan dibelakang kepala.
  3. Lakukan gerakan jongkok.
  4. Angkat kedua kaki bersama-sama. Meloncatlah setinggi yang kamu mampu.
  5. Saat posisi badan mendarat lakukan secara perlahan. Kembali pada posisi jongkok.
  6. Ulang kegiatan beberapa kali.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 10:30 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.