Home » » Pengaruh Modernisasi Terhadap Transportasi Darat Air Udara dan Laut

Pengaruh Modernisasi Terhadap Transportasi Darat Air Udara dan Laut

Pada Pembelajaran Kelas VI Tema 9 Menjelajah Ruang Angkasa Subtema 3 Tokoh Penjelajah Ruang Angkas terdapat muatan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Kompetensi yang dibahas pada subtema tersebut adalah KD 3.2 Menganalisis perubahan sosial budaya dalam rangka modernisasi bangsa Indonesia. KD 4.2 Menyajikan hasil analisis mengenai perubahan sosial budaya dalam rangka modernisasi bangsa Indonesia. Berikut ini penjelasan mengenai Pengaruh Modernisasi Terhadap Transportasi Darat, Laut dan Udara.

A. Modernisasi Teknologi Transportasi
Transportasi masa kini telah menunjukkan kemajuan yang pesat baik transportasi darat, air, dan udara. Sarana dan prasarana transportasi semakin lengkap dan baik. Sarana transportasi berupa alat angkutan, seperti sepeda motor, mobil, kereta api, kapal, dan pesawat terbang. Prasarana transportasi adalah penunjang kelancaran pengangkutan antara lain jalan, jembatan, terminal, stasiun, lapangan terbang, dan pelabuhan.

Transportasi atau angkutan pada masa lalu awalnya menggunakan tenaga manusia. Contohnya dengan cara dipikul, digendong atau didorong. Lalu berkembang menggunakan tenaga hewan, seperti kuda, keledai, dan gajah. Alat transportasinya sederhana, baik transportasi darat maupun transportasi air.

Alat transportasi darat semula menggunakan tenaga manusia, seperti sepeda, becak, dan gerobak dorong. Kemudian berkembang menggunakan tenaga hewan, seperti pedati ditarik sapi, delman ditarik kuda, dan sebagainya. Transportasi laut yang menggunakan tenaga alam atau angin, yaitu perahu layar. Transportasi laut yang menggunakan tenaga manusia, misalnya rakit dan perahu dayung.

B. Pengaruh Modernisasi terhadap Perkembangan Sistem Transportasi darat
Alat transportasi tradisional umumnya tidak bermesin. Contohnya, antara lain sepeda, becak, cikar dan gerobak. Sepeda, becak dan dokar dapat digunakan sebagai alat angkutan barang dan penumpang. Sedangkan gerobak digunakan untuk alat angkutan barang. Alat angkutan darat tradisional pada umumnya hanya melayani pengangkutan jarak dekat. Alat angkutan darat modern pada umumnya menggunakan mesin dengan kekuatan dan kemampuan yang berbeda-beda.

Alat transportasi modern terdiri atas kendaraan penumpang dan kendaraan angkutan barang. Kendaraan penumpang seperti sepeda motor, bemo, mobil, bus, dan kereta api. Sedangkan kendaraan angkutan barang, antara lain, truk, truk tangki, kereta api barang, dan mobil boks. Alat angkutan darat modern dapat melayani pengangkutan jarak dekat maupun jarak jauh, seperti antarkota dan antarprovinsi. Perusahaan negara yang melayani angkutan darat yaitu PT DAMRI (Djawatan Angkutan Motor Republik Indonesia) dan PT KAI (Kereta Api Indonesia) Persero.

Ayo Berlatih
Bersama dengan teman sekelompokmu lakukanlah beberapa kegiatan berikut ini. Dengan menggunakan berbagai sumber informasi, lakukanlah perbandingkan alat transportasi darat dulu dan sekarang. Gunakakanlah tabel berikut untuk mencatatnya.
AspekTransportasi Darat Sebelum ModernisasiTransportasi Darat Setelah Modernisasi
Tenaga PenggerakManusia dan HewanMesin
FungsiAlat angkut manusia dan barangAlat angkut penumpang dan barang
Contoh Gambar
Angkutan Tradisional
Bus dan truck

Modernisasi memang memberikan dampak baik langsung maupun tidak langsung. Demikian juga dengan dampaknya terhadap sistem transportasi darat saat ini. Beberapa dampak negatif dan positif perkembangan transportasi darat terhadap masyarakat antara lain sebagai berikut

Dampak positif terhadap kehidupan masyarakat
  1. Memudahkan pekerjaan masyarakat.
  2. Membantu masyarakat mengangkut banyak barang.
  3. Memudahkan masyarakat untuk bepergian jarak jauh.
  4. Mempersingkat waktu kunjungan ke daerah yang jauh.
  5. Menciptakan lapangan pekerjaan baru.

Dampak negatif terhadap kehidupan masyarakat
  1. Masyarakat menjadi bergantung terhadap transportasi dan kehilangan sikap mandiri.
  2. Menyebabkan kemacetan.
  3. Meningkatkan polusi suara yang dapat mengganggu aktivitas masyarakat.
  4. Meningkatkan risiko kecelakaan lalu lintas.
  5. Meningkatkan pola hidup konsumtif.

B. Pengaruh Modernisasi terhadap Perkembangan Sistem Transportasi Air dan Udara
Perkembangan teknologi terus mengalami inovasi dan perkembangan dalam berbagai bidang kehidupan. Perkembangan teknologi ini dimaksud untuk mempermudah aktifitas manusia dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, pergi ke sekolah menggunakan bus tentunya lebih mudah dibandingkan dulu ke sekolah dengan berjalan kaki. Manusia pada saat ini memang tidak bisa terlepas dengan yang namanya teknologi. Di zaman modern dan era globalisasi ini kita dituntut untuk dapat menggunakan teknologi yang ada. Tujuannya adalah supaya kita dapat terus menjalani kehidupan dengan lebih mudah.
Alat Transportasi
Masyarakat pada masa lalu menggunakan alat transportasi air sepertiperahu dayung, rakit, dan perahu layar. Perahu dayung dan rakit digerakkan oleh kekuatan tenaga manusia. Sedangkan perahu layar digerakkan oleh tenaga angin dan tenaga manusia. Seiring dengan ditemukannya mesin bermotor, masyarakat kini menggunakan perahu bermotor dan kapal sebagai alat transportasi air. Kapal-kapal modern dapat mengangkut barang berton-ton serta dapat menempuh jarak yang sangat jauh. Bahkan kini sebuah kapal besar dapat digunakan sebagai landasan untuk pesawat tempur. Kapal ini adalah kapal militer yang disebut kapal induk.

Masyarakat pada zaman dulu tidak memiliki transportasi udara. Mungkin zaman dulu transportasi udara yang paling canggih adalah balon udara. Perjalanan dengan menggunakan pesawat terbang lebih cepat dibandingkan dengan angkutan darat atau angkutan laut. Sekarang terdapat berbagai jenis alat angkutan udara antara lain helikopter, pesawat tempur serta pesawat penumpang. Bahkan kini manusia dapat menjelajah angkasa luar dengan menggunakan pesawat angkasa luar.

Perlu ditekankan lagi bahwa perkembangan teknologi tidak hanya terjadi pada transportasi saja melainkan pada seluruh bidang kehidupan. Seperti di militer, kesehatan, dan komunikasi. Namun, perkembangan teknologi ini lambat laun memiliki dampak negatif seperti polusi udara akibat semakin banyaknya kendaraan bermotor. Kita harus bersikap bijak dalam menghadapi perkembangan teknologi ini agar dampak yang ditimbulkan dapat diatasi dan dimanfaatkan sisi-sisi positifnya.

Ayo Berdiskusi
Bersama dengan teman sekelompokmu lakukanlah beberapa kegiatan berikut ini. Pilihlah sistem transportasi udara dan air yang akan dibahas oleh kelompokmu Dengan menggunakan berbagai sumber informasi, lakukanlah perbandingkan alat transportasi air dan udara baik dulu maupun sekarang. Gunakakan tabel berikut untuk mencatatnya.
AspekTransportasi Air Sebelum ModernisasiTransportasi Air Setelah ModernisasiTransportasi Udara Sebelum ModernisasiTransportasi Udara Setelah Modernisasi
Tenaga PenggerakManusia dan AnginMesinUdara panasMesin
FungsiAlat transportasiAlat transportasiAlat transportasiAlat transportasi
Contoh Gambar
Perahu Dayung
Kapal Laut
Balon Udara
Pesawat Udara

Kesimpulan :
Manusia tidak bisa terlepas dengan teknologi sehingga di era globalisasi ini manusia dituntut untuk dapat menggunakan teknologi. Namun, perkembangan teknologi memiliki dampak negatif sehingga kita harus bersikap bijak dalam menggunakan teknologi.

Perkembangan alat transportasi telah memberikan banyak kemudahan kepada masyarakat penggunanya. Berbagai alat transportasi telah silih berganti seiring dengan perkembangan teknologi. Alat transportasi bermesin kini menjadi pilihan utama untuk digunakan. Perkembangan teknologi transportasi memiliki dampak negatif dan juga dampak positif.

Beberapa dampak positif perkembangan teknologi transportasi air dan udara adalah sebagai berikut :
  1. Biaya transportasi lebih murah.
  2. Bisa mengangkut manusia, barang, dan hewan lebih banyak.
  3. Lebih cepat sampai ke tujuan.
  4. Sistem pembelian tiket lebih mudah dan cepat.
  5. Pelayanan pada konsumen diutamakan.
  6. Meningkatkan perekonomian.

Selain memiliki dampak positif perkembangan teknologi transportasi air juga memiliki dampak negatif. Beberapa dampak negatif perkembangan teknologi transportasi air antara lain sebagai berikut.
  1. Pencemaran air.
  2. Rusaknya terumbu karang.
  3. Meningkatkan jumlah sampah yang dibuang ke dalam air dari transportasi air. 
  4. Meningkatnya pencemaran udara.
  5. Meningkatnya pencemaran suara.
  6. Berkurangnya lahan hijau karena untuk membangun landasan pesawat terbang

Demikian. pembahasan mengenai Pengaruh Modernisasi Terhadap Transportasi Darat Air Udara dan Laut. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Sumber : Buku Kelas VI Tema 9, Kemendikbud
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 11:20 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.