Home » » Hubungan Manusia dengan Lingkungan Alam dan Dampaknya

Hubungan Manusia dengan Lingkungan Alam dan Dampaknya

Pada Pembelajaran Kelas V Tema 6 Panas dan Perpindahannya Subtema 1 Suhu dan Kalorterdapat muatan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Kompetensi yang dibahas pada subtema tersebut adalah KD 3.2 Menganalisis bentuk bentuk interaksi manusia dengan lingkungan dan pengaruhnya terhadap pembangunan sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat Indonesia. KD 4.2 Menyajikan hasil analisis tentang interaksi manusia dengan lingkungan dan pengaruhnya terhadap pembangunan sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat Indonesia.

Interaksi adalah suatu kegiatan yang terjadi antara dua objek yang saling memengaruhi satu sama lain. Manusia melakukan interaksi dengan lingkungan alam secara alami. Interaksi manusia dengan lingkungan alam dapat dikelompokan menjadi dua yaitu interaksi manusia yang menyesuaiakan dan memanfaatkan alam.

A. Interaksi Manusia dengan Lingkungan Alam
Semua makhluk hidup yang ada di bumi, melakukan hubungan dengan sesama makhluk hidup maupun dengan lingkungannya. Lingkungan alam terdiri atas benda mati dan makhluk hidup. Lingkungan alam merupakan sumber penghidupan bagi makhluk hidup, karena alam menyediakan semua kebutuhan makhluk hidup.

Benda mati dan makhluk hidup saling memengaruhi antara satu dengan yang lainnya. Bahkan, antarkeduanya saling berkaitan. Salah satu bentuk hubungan antara benda mati dan makhluk hidup adalah jenis tanah, suhu, dan curah hujan di suatu tempat dapat memengaruhi jenis tanaman yang tumbuh dan hewan yang berkembang di daerah tersebut.

Makhluk hidup juga dapat memengaruhi benda mati. Contohnya daerah yang banyak tumbuhannya akan menyebabkan daerah tersebut menjadi lebih sejuk. Daerah yang masih banyak tumbuhannya cenderung memiliki air tanah yang baik dan berlimpah. Hal ini terjadi karena, tanaman membantu tanah untuk menahan air dan menyimpannya di dalam tanah dengan baik. Bagaimana dengan manusia?

Hubungan antara manusia dan lingkungan alam dapat dikelompokkan menjadi dua yaitu hubungan yang menyesuaikan dan memanfaatkan lingkungan alam.

1. Hubungan yang membuat manusia harus dapat menyesuaikan diri dengan alam. 
Manusia dapat menyesuaikan dengan alam agar dapat memperoleh hasil yang lebih baik. Beberapa contoh hubungan antara manusia dan lingkungan alam yang membuat manusia menyesuaikan diri dengan lingkungan alam adalah sebagai berikut :
  1. Nelayan memilih waktu melaut menyesuaikan keadaan cuaca agar terhindar dari bahaya dan mendapatkan ikan yang banyak.
  2. Petani menyesuaikan waktu tanam dengan musim penghujan agar tanamanya dapat tumbuh dengan baik.
  3. Manusia menghindari tinggal di daerah yang rawan bencana agar tetap bisa selamat.
  4. Pembuatan terasering dan tanaman hijau untuk mencegah tanah longsor.
  5. Membuat Penampungan Air Hujan (PAH) bagi kawasan-kawasan kekeringan atau susah air. 
  6. Membuat penghijauan atau sabuk hijau untuk mengurangi pendangkalan di sekitar waduk.

2. Hubungan yang membuat manusia dapat memanfaatkan alam sekitarnya.
Beberapa contoh hubungan antara manusia dengan lingkungan lam yang membuat manusia memanfaatkan alam adalah sebagai berikut
  1. Manusia mengolah sumber daya alam untuk memenuhi kebutuhannya.
  2. Manusia membangun bendungan untuk mengairi lahan pertaniannya.
  3. Manusia membuka hutan untuk lahan pertanian.
  4. Manusia membuat hujan buatan saat musim kemarau menggunakan pengetahuan dan teknologi

Salah satu cara manusia untuk menyesuaikan diri dengan alam, adalah dengan mempelajari peristiwa alam yang ada di lingkungannya. Para petani harus menyesuaikan waktu tanam dengan musim hujan agar tanamannya dapat tumbuh dengan baik. Para nelayan memilih waktu untuk berlayar menyesuaikan dengan keadaan cuaca agar terhindar dari bencana dan memperoleh tangkapan ikan yang banyak.
Manusia dan Lingkungan ALam
Manusia juga harus dapat memanfaatkan alam untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dengan menggunakan iImu pengetahuan dan teknologi. Contohnya, untuk menanggulangi akibat kemarau panjang yang menyebabkan menurunnya hasil pertanian, manusia mencoba membuat hujan buatan. Pembuatan hujan buatan ini, tentu dengan menggunakan pengetahuan dan teknologi.

Jawablah pertanyaan berikut ini berdasarkan bacaan di atas!
  1. Apa yang dimaksud dengan lingkungan alam? Lingkungan alam terdiri atas benda mati dan makhluk hidup yang saling berinteraksi.
  2. Apa saja interaksi yang terjadi dalam lingkungan alam? Interaksi antara benda mati dengan makhluk hidup, interaksi antara makhluk hidup dengan makhluk hidup lainnya.
  3. Jelaskanlah salah satu contoh bentuk interaksi antara lingkungan yang terdiri atas lingkungan benda hidup dan benda mati! Daerah yang banyak tumbuhannya akan membuat suhu udara menjadi lebih sejuk.
  4. Jelaskanlah interaksi apa saja yang terjadi antara manusia dengan lingkungan alamnya! Interaksi antara manusia dan lingkungan alam, dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu interaksi yang menyesuaikan diri dengan alam dan interaksi yang memanfaatkan alam.
  5. Berikanlah contoh bentuk interaksi antara manusia dengan lingkungan alam yang kamu ketahui! Para petani harus menyesuaikan waktu tanam dengan musim penghujan agar tanamannya dapat tumbuh dengan baik. Para nelayan memilih waktu untuk berlayar menyesuaikan dengan keadaan cuaca agar terhindar dari bencana dan memperoleh tangkapan ikan yang banyak.

1. Bentuk Interaksi Manusia dengan Lingkungan Pegunungan
Berikut ini beberapa bentuk interaksi manusia dengan lingkungan alam pegunungan
Bentuk Interaksi Manusia dengan Lingkungan AlamHasil Interaksi dengan Lingkungan Alam
Bercocok tanam teh, kopi, sayuran, dan buah-buahanMudah mendapatkan hasil perkebunan
Melakukan penghijauanTersedianya sumber air bersih dan terhindar dari tanah longsor
Memelihara hewan ternak seperti kambing dan sapiTersedianya bahan pangan daging dan susu
Melakukan penambangan belerang dan pasirMudah mendapatkan barang tambang seperti belerang dan pasir
Mengelola kawasan pegunungan menjadi objek wisataMeningkatkan pendapatan masyarakat pegunungan

2. Bentuk Interaksi Manusia dengan Lingkungan Dataran Rendah
Berikut ini beberapa bentuk interaksi manusia dengan lingkungan alam dataran rendah
Bentuk Interaksi Manusia dengan Lingkungan AlamHasil Interaksi dengan Lingkungan Alam
Bercocok tanam padi, palawija, dan tebuMudah mendapatkan hasil pertanian
Melakukan penambangan tembaga dan minyak bumiMudah mendapatkan bahan tambang tembaga dan minyak bumi
Memelihara hewan ternak seperti ayam dan kambingTersedianya bahan pangan daging, telur. dan susu
Melakukan penghijauanTersedianya sumber air bersih dan terhindar dari tanah longsor
Mengelola kawasan industri berwawasan lingkunganLingkungan sekitar kawasan industri terjaga kelestraiannya

3. Bentuk Interaksi Manusia dengan Lingkungan Pantai
Berikut ini beberapa bentuk interaksi manusia dengan lingkungan alam pantai
Bentuk Interaksi Manusia dengan Lingkungan AlamHasil Interaksi dengan Lingkungan Alam
Menjadi nelayanMudah mendapatkan ikan
Melakukan budidaya udangMudah mendapatkan sumber daya laut
Melakukan penanaman pohon kelapaMudah mendapatkan kelapa
Melakukan penanaman pohon bakauMencegah abrasi pantai
Mengelola kawasan pantai menjadi objek wisataMeningkatkan pendapatan masyarakat pantai

Ayo Mencoba
Perhatikanlah lingkungan sekitar tempat tinggalmu. Berdasarkan keterangan pada bacaan di atas tentang interaksi manusia dengan lingkungannya, cobalah lakukan pengamatan terhadap lingkungan di sekitarmu. Gunakan pertanyaan berikut ini sebagai panduanmu.

1. Bagaimanakah kondisi geografis lingkungan di daerah tempat tinggalmu? Apakah termasuk daerah pantai, pegunungan, atau dataran?
Daerah saya termasuk daerah pegunungan

2. Apa pekerjaan utama orang-orang di sekitarmu?
Daerah Tempat TinggalPekerjaan Utama Penduduk
PegununganPetani
Dataran TinggiPetani
Dataran RendahPetani
PantaiNelayan

3. Apa saja bentuk interaksi masyarakat sekitarmu dengan lingkungan alamnya? Lengkapilah tabel berikut, perhatikan contoh!
Bentuk Interaksi Masyarakat dengan AlamHasil Interaksi dengan Lingkungan Alam
Bercocok tanamMudah mendapatkan sayuran dan buah-buahan
Menjadi nelayanMendapatkan berbagai jenis ikan
Memelihara hewan ternak sapiMudah mendapatkan susu dan daging
Melakukan penghijauanTersedianya sumber air bersih

4. Apa kesimpulan yang kamu dapatkan dari kegiatan ini?
Daerah yang berbeda memiliki sumber daya alam yang berbeda sehingga manusia harus mampu menyesuaikan diri.

Kita bersyukur tinggal di daerah yang memiliki hasil pertanian yang melimpah. Di daerah Papua, mereka biasa memakan umbi-umbian. Hal itu terjadi karena di sana mereka tidak menanam padi seperti masyarakat di Pulau Jawa. Umbi-umbian merupakan tanaman yang paling mudah tumbuh dan mudah dirawat di sana! Jika daerahnya berbeda, tanaman yang dihasilkan pun bisa berbedasehingga masyarakat yang tinggal di sana juga harus menyesuaikannya.

B. Pengaruh Negatif Interaksi Manusia dengan Lingkungan Alamnya
Manusia tidak dapat hidup tanpa mengandalkan lingkungan alamnya. Dari alam manusia memperoleh banyak manfaat untuk memenuhi kebutuhannya. Pertanian, perkebunan, perikanan, peternakan, merupakan bentuk-bentuk interaksi manusia dengan lingkungan alamnya untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Manusia memelihara alam sedemikian rupa, agar dapat dimanfaatkan dengan baik untuk memenuhi kebutuhan manusia dan mahluk hidup lainnya.

Tetapi, tidak semua interaksi manusia dengan alam berdampak baik bagi alam. Perilaku masyarakat yang suka membuang sampah sembarangan misalnya, dapat merusak lingkungan alam di sekitarnya. Membuang sampah di sungai dan di laut, dapat merusak makhluk hidup lain yang ada di dalamnya. Tidak hanya itu, kerusakan lingkungan yang ditimbulkannya dapat membahayakan manusia sendiri.

Interaksi manusia dengan lingkungan yang kurang baik, juga dapat menyebabkan beberapa bencana yang merugikan manusia dan lingkungannya. Contohnya, terjadi banjir karena saluran air yang terganggu oleh sampah dari kegiatan manusia merupakan salah satu contohnya. Demikian juga dengan bencana tanah longsor, disebabkan karena manusia sering menebang pohon di tanah yang landai. Kebakaran hutan karena kecerobohan manusia pun, menyebabkan kerusakan dan kerugian yang sangat besar.

Berdasarkan bacaan di atas, jawablah beberapa pertanyaan berikut!
1. Dapatkah manusia hidup tanpa mengandalkan lingkungan alamnya? Mengapa?
Manusia tidak dapat hidup tanpa lingkungan alam karena manusia mendapatkan kebutuhan hidupnya dari alam.

2. Jelaskanlah dua atau tiga contoh interaksi manusia dengan lingkungan alamnya yang terjadi di sekitarmu!
Beberapa contoh contoh interaksi manusia dengan lingkungan alamnya yang terjadi di sekitar yaitu Petani yang mengolah ladangnya, nelayan menangkap ikan di laut, dan orang-orang yang menebangi hutan,

3. Sebutkan dan jelaskanlah contoh interaksi manusia dengan lingkungan alamnya yang merugikan manusia dan lingkungannya!
Beberapa interaksi manusia dengan lingkungannya yang merugikan antara lain membuang sampah sembarangan menyebabkan banjir, menebang pohon sembarangan menyebabkan tanah longsor dan banjir.

4. Apa saja akibat interaksi negatif manusia terhadap lingkungan alamnya? Jelaskan!
Akibat negatif interaksi manusia terhadap lingkungannya adalah banjir karena saluran air yang terganggu oleh sampah, tanah longsor yang terjadi karena manusia sering menebang pohon di tanah yang landai, kebakaran hutan karena kecerobohan manusia.

Ayo Mengamati
Perhatikanlah masyakarat di sekitar tempat tinggalmu! Lakukanlah kegiatan berikut untuk mengamati interaksi masyarakat di sekitarmu terhadap lingkungan alam dan pengaruh negatifnya. Gunakan tabel berikut untuk membantumu!
Bentuk Kegiatan
Interaksi
Pengaruh Negatif yang
Terjadi
Usaha untuk
Memperbaiki
PertanianPenggunaan pupuk buatan berlebihan merusak tanahMenggunakan pupuk alam dari kotoran hewan
PerkebunanPenggunaan pestisida menyebabkan pencemaran lingkunganPenggunaan musuh alami hama tanaman
PeternakanPembuangan limbah peternakan ke sungai menyebabkan bau tidak enak yang menyengat.Limbah ternak dapat dimanfaatkan untuk bahan makanan ternak, pupuk organik, energi dan media pelbagai tujuan
PerikananLimbah sisa pengolahan ikan menimbulkan pencemaran lingkunganTepung dan silase ikan, dari limbah daging, tulang, insang dapat digunakan sebagai bahan pembuatan pupuk dan pakan ternak/ikan. 

Demikian pembahasan mengenai Hubungan Manusia dengan Lingkungan Alam dan Dampaknya. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Sumber : Buku Kelas V Tema 6, Kemendikbud
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 8:00 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.